Yuk Simak Keindahan Air Terjun Pria Laot Sabang

Yuk Simak Keindahan Air Terjun Pria Laot Sabang

Apakah anda suka untuk berpetualang? Apakah anda suka dengan keindahan alam? Kali ini tementravel.id akan mengulas kembali tempat wisata yang ada di Sabang lagi yaitu Air Terjun Pria Laot.

Bagi anda yang suka dengan keindahan air terjun, di sini kita mau membahas wisata tentang air terjun. jika anda ke Pulau weh sangat sayang sekali kalau anda tidak mampir ke tempat ini. Di Pulau Weh ini terdapat Objek wisata yang sangat menawan sekali berupa air terjun. kenapa bisa terjadi Air Terjun? Karena di pulau weh ini tanah nya memiliki struktur seperti perbukitan dan terdapat beberapa gunung berapi, dengan adanya struktur tersebut terbentuklah Air Terjun Pria Laot di Sabang ini.

selain Air Terjun, ada juga tempat wisata lain yang berlokasi di sabang seperti Pantai Iboih, dan Pulau Rubiah.

Pesona Air Terjun Pria Laot

Air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat indah sekali, dan juga akan menawarkan sebuah pesona alam yang benar – benar masih alami. Terdapat pepohonan yang sangat rindang mengelilingi lokasi Air Terjun tersebut. Dengan adanya pepohonan yang sangat hijau akan membuat udara di sekitar air terjun menjadi segar dan sangat sejuk.

Tak hanya udara yang sejuk dengan pepohonan yang hijau saja, di sana anda bisa mendengarkan suara kicauan burung – burung liar di sekitar air terjun. Tidak hanya burung juga, anda akan melihat beberapa satwa liar yang akan menyambut kedatangan anda di objek wisata air terjun tersebut.

Selain menawarkan keindahan, tempat ini juga memiliki ciri khas yang sangat unik guys, di tempat ini terdapat sebuah kolam yang berada tepat di bawah air terun. Tetapi kolam tersebut luasnya hanya sekitar 10 meteran saja guys, kolam tersebut memiliki kedalaman antara 1 m sampai 2 m.

Meskipun kolam tersebut tidak begitu luas, dengan berenang dan berendam di kolam tersebut akan membuat aktifitas anda sangat menyenangkan sekali.

Jika anda terlalu lama berendam di kolam bawah air terjun tersebut, anda akan merasakan sebuah sensasi nya sendiri seperti merasakan sekujur tubuh anda menggelitik karna di gigit ikan –ikan kecil. Di sana banyak sekali ikan – ikan kecilnya guys. Ikan – ikan tersebut biasa digunakan untuk terapi ikan dan menjadi salah satu fasilitas yang dapat anda gunakan di Air Terjun tersebut.

Untuk jenis ikannya, ikan tersebut bernama ikan Garra Rufa. Namun untuk masyarakat sekitar biasa menyebut ikan tersebut dengan sebutan ikan bulan.

Ikan yang berada di dalam kolam bawah air terjun tersebut sebenarnya memiliki banyak manfaat, meskipun ikan ini memiliki ukuran yang kecil, ikan yang bernama Garra Rufa ini dapat memakan sel – sel kulit yang sudah mati terutama pada bagian bawah kaki seperti telapak kaki.  Tak hanya itu, selain bisa memakan sel – sel kulit yang sudah mati, ikan tersebut akan mengeluarkan enzim dari mulutnya yang bisa membuat kulit kita menjadi lebut.

Selain membuat kulit menjadi lembut, enzim tersebut akan merangsang pertumbuhan kulit baru. Sehingga akan membuat kulit menjadi lebih halus dan elastis serta bisa mencegah pertumbuhan kulit yang tidak sehat.

Seperti yang saya singgung di atas, Terapi Ikan Garra Rufa ini juga dapat memperlancar peredaran darah serta menstimuasi titik- titik akupuntur. Hal tersebut akan membuat sistem syaraf menjadi lebih rileks dan dapat menghilangkan rasa pegal pada otot – otot anda.

Terapi ini sangat menyehatkan karena terapi ini tidak mengandung bahan kimia. Apa lagi setelah anda melakukan terapi tersebut, tidur malam anda akan lebih menjadi nyenyak dan setelah bangun dari tidur badan anda akan lebih terasa ringan dan lebih segar.

Air dari air Terjun ini berasal dari Gunung yang bernama Gunung Sarung Keris dan sebuah danau dengan nama Danau Aneuk Laot. Sebelum anda sampai ke tempat lokasi Air Terjun Pria Laot, air tersebut telah mengalir menelusuri sungai Pria Laot hingga akhirnya meluncur ke lokasi air terjun yang anda tuju.

Akan sayang sekali jika anda tidak menikmati kesegaran airnya, dan jangan heran jika banyak sekali terlihat para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke objek wisata ini.

Perjalanan Menuju Ke Air Terjun Pria Laot

Jika anda mau menuju ke lokasi Air Terjun Pria Laot, anda bisa menyewa sebuah mobil atau sepeda motor untuk perjalanan menuju ke lokasi air terjun. Tak hanya itu, anda juga bisa naik transportasi umum atau ojek dan angkot di sekitar daerah tersebut. Tetapi anda harus berhenti di ujung jembatan desa yaitu dekat sebuah menara pompa air minum di kota Sabang.

Apa pun kendaraan atau transportasi yang anda gunakan harus berhenti di situ, karena di sana sudah tersedia lahan untuk parkir kendaraan. Tak sampai di situ aja guys.. setelah anda memarkirkan kendaraan, anda harus berjalan kaki menempuh jarak kurang lebih 1 km. Anda harus melalui jalan berupa jalan setapak, namun jalan setapak tersebut lumayan lebar dan sudah di lapisi dengan semen.

Untuk menuju ke air terjun, anda harus melewati anak sungai pada saat di jembatan beton. Dengan adanya perjalanan tersebut pasti sangat menyenangkan dan akan menjadi momen petualangan yang tidak akan di lupakan.

Dengan rasa lelah anda tak perlu khawatir, Karena di setiap perjalanan, anda akan disuguhi sebuah panorama alam yang sangat indah sekali. Alam dengan udara yang sejuk dan segar, selain itu anda akan di hibur dengan kicauan burung – burung khas di pulau weh tersebut.

Dengan adanya hal tersebut perjalanan akan lebih cepat sampai dan tidak akan terlalu melelahkan.

Jika anda sudah sampai ke lokasi, anda akan melihat sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan sebuah air terjun yang telah menghantam bebatuan. Hal tersebut yang memberikan kesegaran bagi para pengunjung.

Untuk sementara, di lokasi wisata Air Terjun Pria Laot ini belum ada penginapan sama sekali. Jadi anda yang berniat mau menginap, bisa mencari penginapan di kota Sabang dengan harga yang bervariasi.

Di sana, anda juga bisa mencari beberapa souvenir khas kota Sabang yang berbahan baku kerang, batok kelapa, dan bahan baku kayu lainnya, dan juga tersedia banyak sekali kaos – kaos atau T-Shirt dengan motif khas kota Sabang,

Untuk makanan, anda bisa menikmati kuliner di sana, makanan laut adalah salah satu menu makanan yang terlezat yang bisa anda santap di sana, untuk ke Air Terjun bawalah makanan secukupnya saja untuk mengganjal perut sambil berwisata di sana.

Itulah sedikit gambaran mengenai Air Terjun Pria Laot yang berada di Sabang, dengan adanya artikel ini semoga akan menjadikan sebuah referensi jika anda mau ke lokasi tersebut. Jika anda benar – benar mau ke sana, saya sarankan untuk menyiapkan pakaian renang atau pakaian ganti untuk berendam di kolam bawah air terjun. Gunakan pakaian yang sopan,  jangan lupa membawa sebuah kamera untuk mengambil gambar moment indah anda.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya guys!

Leave a Comment

Scroll back to top