Yang Menarik dari Danau Singkarak Sumatra Barat

Yang Menarik dari Danau Singkarak Sumatra Barat

Mengunjungi sebuah danau, pasti tidak lepas dari keindahan alam yang dimilikinya. Seperti danau Singkarak Sumatra Barat ini misalnya. Namun dibandingkan danau lainnya, danau yang satu ini mempunyai beberapa hal menarik, yang membuatnya berbeda dengan danau lainnya.

Danau terbesar di Sumatra Barat

Danau Singkarak Sumatra Barat ini didaulat sebagai danau terbesar, namun di seantero Sumatra, danau ini menjadi danau kedua terbesar, setelah danau Toba di Sumatra Utara. Letaknya ada di 2 kabupaten, yaitu kab Solok dan kab Tanah Datar. Berada di ketinggian 363,5 mdpl, dengan luas sekitar 1.000 ha, dan dalamnya sekitar 270 m. Ini yang membuat udara di sekitar danau menjadi terasa semakin sejuk. Berdasarkan penelitian, awalnya panjang danau hanya 3 km saja, namun adanya aktivitas pergeseran lempeng bumi, membuat panjang danau ini kini mencapai sekitar 23 km.

Sejarah danau Singkarak

Hal menarik lainnya dari danau yang satu ini adalah orang pertama yang memperkenalkan keindahan danau tersebut. Adalah Ernst Haeckel, adalah seorang ahli biologis asal Jerman yang melakukan penelitian di tahun 1905. Penelitian yang dilakukan adalah mengenai habitat endemik yang ada di danau tersebut. Tidak hanya itu, dirinya juga menuangkan keindahan alam yang ada dalam sebuah lukisan, yang membuat kepopuleran danau ini semakin naik.

Ikan Bilih

Wisata alam Sumatra Barat ini juga sangat unik, ikan yang terdapat di kawasan tersebut tidak terlalu banyak, hanya ada sekitar 19 jenis ikan air tawar. Keunikan disini adalah terdapat sebuah ikan endemik, atau ikan yang hanya hidup di 1 tempat saja. Ikan tersebut termasuk jenis Mystacoleucus padangensis, atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan ikan Bilih. Seperti namanya, ikan tersebut hanya dapat hidup di danau Singkarak, dan jika diambil dan diletakkan di sebuah aquarium, ikan tetap tidak dapat bertahan hidup.

Tour de Singkarak

Terdapat suatu even bertaraf Internasional yang sering diselenggarakan di kawasan tersebut, bernama Tour de Singkarak. Ini adalah perlombaan balap sepeda, yang mulai diadakan sejak tahun 2009 silam, oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Kegiatan tersebut termasuk kegiatan tahunan yang masih diadakan secara rutin hingga kini.

Sumber tenaga PLTA

Walaupun hampir semua danau digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik, namun ada yang berbeda dengan air danau yang satu ini. Air dari danau Singkarak tersebut, akan dialirkan melalui sebuah terowongan yang menembus kawasan Bukit Barisan, hingga kemudian mampu menggerakkan turbin yang letaknya di Jorong Asam Pulai, Buluk Alung, Padang Pariaman.

Menikmati danau Singkarak dari 9 lokasi

Tahukah Anda, bahwa saat ini terdapat sekitar 9 lokasi menarik yang dapat digunakan untuk menikmati indahnya danau Singarak. Adapun lokasi yang dimaksud antara lain Puncah Thailand, puncak Aua Sarumpun, Puncak Payo Rapuih, Puncak Gobah, Bukit Chinangkiek, Puncak Akasia, puncak Macan Duo, Puncak Gagoan dan Panorama Angin Berembus. Untuk mengunjungi kawasan danau Singkarak Sumatra Barat tersebut, dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor, rental kendaraan atau bahkan menggunakan kendaraan umum.

Leave a Comment