Keindahan Wisata Tangkahan Langkat di Hutan Sumatera

Wisata Tangkahan Langkat

Wisata Tangkahan Langkat biasa disebut dengan The Hidden Paradise in Sumatera. Sebutan dibuat karena Tangkahan Langkat letaknya tersembunyi dan menawarkan keindahan memukau. Tempat wisata terletak di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat.

Lokasi wisata dekat dan berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser. Wisata Tangkahan memiliki luas area kurang lebih 17.000 hektar. Wisata Tangkahan Langkat adalah salah satu destinasi wisata paling favorite di Sumatera.

Bila berkunjung ke Sumatera, pasti tempat wisata andalan yang dikunjungi yaitu Bukit Lawang, Berastagi dan Danau Toba. Coba ubah destinasi wisata Anda, selain mengunjungi ketiga tempat tersebut Anda bisa menikmati keindahan wisata Tangkahan Langkat. Pemandangan di kawasan wisata ini tidak kalah indah dengan wisata lainnya.

Wisata Tangkahan Langkat sudah terkenal di dunia international. Wisatawan yang berkunjung ke sana tidak hanya dari Indonesia tetapi banyak juga wisatawan manca negara. Wisatawan yang berkunjung ke wisata tangkahan tangkat kebanyakan dari negara di Australia dan Eropa. Tujuan mereka liburan disana yaitu untuk menikmati seluruh keindahan alam wisata tangkahan yang tidak ada duanya.

Sejarah Tentang Wisata Tangkahan Langkat

Awal mulanya Tangkahan Langkat bukanlah sebuah tempat wisata. Tangkahan Langkat merupakan tempat pembalakan liar kayu hutan Taman Nasional Gunung Leuser. Pembalakan secara besar-besaran terjadi di tahun 1980 hingga 1990 an. Sampai akhirnya Lembaga non pemerintah flora fauna international memiliki inisiatif untuk menghentikan pembalakan liar tersebut. Langkah awalnya yaitu melakukan patroli secara aktif agar tidak terjadi pembalakan.

Proses patrol dilengkapi dengan Gajah berasal dari Aceh. Gajah digunakan sebagai kendaraan patroli menyusuri hutan belantara. Patroli berjalan lancar hingga akhirnya beberapa petugas melihat adanya potensi wisata di Tangkahan Langkat.

Baca Juga : Menengok Sejarah dan Budaya Kampung Keling Medan

Potensi wisata alam ini kemudian dimusyawarakan dengan warga setempat. Tahun 2001 masyarakat mulai sepakat mencegah pembalakan liar dan mengubah Tangkahan Langkat sebagai tempat wisata.

Pengembangan wisata dimulai dari mengelola ekowisata. Pembangunan penginapan, menyiapkan tour guide wisata, tempat makan dan lainnya. Tempat wisata Tangkahan Langkat memiliki icon khusus yaitu gajah Sumatera. Awalnya gajah digunakan sebagai patrol kini beralih fungsi untuk menarik perhatian wisatawan. Anda bisa melihat gajah secara langsung jika datang ke tempat wisata tersebut.

Fasilitas Penginapan di Wisata Tangkahan Langkat

Pihak pengelola tempat wisata Tangkahan Langkat telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Salah satu fasilitasnya yaitu tempat penginapan wisatawan. Ada beberapa tempat penginapan yang direkomendasikan kepada wisatawan.

Diantaranya yaitu Green Lodge, Mega Inn, Jungle Lodge, Linea dan Bambu River. Lokasi penginapan dekat dengan tempat wisata. Tarifnya penginapan bervariasi mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000.

Berencana menginap di tempat penginapan dekat dengan Tangkahan Langkat merupakan ide bagus. Anda bisa melihat tempat penginapan yang dikelilingi oleh sungai. Suara aliran sungai terdengar sampai penginapan yang membuat suasana makin tenang. Disetiap penginapan disediakan tempat santai, biasanya tempat santai digunakan wisatawan untuk menikmati keindahan pemandangan alam sekitar.

Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan di Wisata Tangkahan Langkat

Anda tidak akan menyesal liburan di tangkahan tangkat, karena banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan. Seluruh kegiatannya dilakukan di alam, sehingga menyenangkan sekali. Berikut merupakan kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika liburan di tangkahan tangkat.

1.Bermain bersama gajah

Wisatawan dapat menikmati keseruan bermain dengan gajah. Pertama, wisatawan diperlihatkan berbagai atraksi gajah. Setelah puas melihat atraksi, wisatawan dapat menaiki gajah selama berjam-jam. Saat menaiki gajah, wisatawan tidak dibiarkan sendiri karena ditemani pawang gajah yang siap siaga dibagian bawah.

Perjalanan naik gajah dilakukan dengan menyusuri hutan lebat dan sungai. Selanjutnya wisatawan diperbolehkan ikut memandikan gajah di sungai. Kesempatan ini jangan dilewatkan begitu saja, sempatkan mengambil foto ketika bersama hewan besar tersebut.

2. Jelajah hutan

Kegiatan kedua yaitu jelajah hutan. Wisatawan dapat menjelajahi hutan dengan tour guide. Jelajah hutan tidak boleh sendirian tanpa tour guide, karena khawatir selama perjalanan jelajah Anda bisa tersesat di hutan.

Menjelajah hutan adalah kegiatan yang seru, karena wisatawan dapat melihat secara langsung tentang keanekaragaman flora dan fauna. Bila Anda memiliki hobi fotografi, siapkan kamera Anda untuk mengambil gambar terbaik selama jelajah hutan. Beruntung sekali jika Anda dapat menemui spesies unik untuk di abadikan.

3. Arung jeram

Berikutnya Anda bisa melakukan kegiatan arung jeram. Wisata Tangkahan Langkat menawarkan permainan arung jeram yang agak berbeda dari biasanya. Pasalnya arung jeramnya hanya menggunakan ban besar. Menyusuri sungai dengan arung jeram ban tubin sangat menyenangkan. Akhir perjalanan arung jeram disambut keindahan air terjun tangkahan yang berada di sungai salak.

Air terjun tingginya menjacapay 4 meter dan lebarnya 5 meter. Dibawah air terjun terdapat kolam yang dapat dimanfaatkan untuk mandi. Anda bisa menikmati kesegaran air sambil bermain di air terjun pada kolam tersebut.

4. Menenangkan diri

Kawasan wisata Tangkahan Langkat didominasi lingkungan alam. Suasananya tenang, cocok sekali bagi Anda yang ingin menenangkan diri. Pada malam hari tidak ada lampu menyala, karena lampu menyala terbatas hanya sampai pukul 22.00. Setelah itu lampu mati dan penerangan hanya menggunakan lampu petromaks. Inilah kesempatan yang bagus untuk menenangkan diri,

Sungguh kegiatan wisata yang menarik, rasanya tidak sabar liburan seru ke wisata Tangkahan Langkat. Percayalah bahwa liburan disana sangat asyik, karena selama liburan sama sekali tidak terasa. Berbagai kegiatan menyenangkan membuat Anda lupa waktu dan tentunya ingin berada di wisata tangkahan tangkat terus menerus.

Cara Menuju ke Wisata Tangkahan Tangkat

Perjalanan menuju ke Tangkahan Langkat bisa dari kota Medan. Anda dapat menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan bus umum. Waktu yang dibutuhkan perjalanan dari kota Medan sampai ke tangkahan sekitar 3 sampai 5 jam.

Biasanya menggunakan kendaraan pribadi memakan waktu 3 jam, sedangkan naik bus membutuhkan waktu 5 jam. Hal ini dikarenakan selama perjalanan menggunakan bus disertai dengan menaikkan dan menurunkan penumpang sehingga agak lama.

Dari kota Medan menuju Stabat dan dilanjutkan ke Simpang Tanjung Beringin. Kemudian menuju ke lokasi tempat wisata. Total jarak perjalanan yang ditempuh yaitu 110 km. Perjalanan agak terganggu karena sebagian jalannya kurang baik. Bila musim penghujan beberapa spot jalan ada yang rawan banjir. Meski begitu tetap dapat dilewati oleh wisatawan dengan catatan harus berhati-hati.

Ingin ke wisata Tangkahan Langkat menggunakan bus bisa dilakukan dari Terminal Pinang Baris. Perlu diketahui bus yang beroperasi hanya ada 2 dengan waktu keberangkatan bus 1 pukul 10.00 dan bus 2 pukul 01.00. Selain pukul tersebut, tidak ada bus lagi. Oleh karena itu datanglah ke terminal tepat waktu. Biaya naik bus hanya Rp. 15.000 per penumpang. Bila Anda naik bus dari Medan, jam keberangkatannya agak berbeda yaitu pukul 07.30 dan 02.30.

Penutup

Selesai sudah pembahan kita tentang Wisata Alam Tangkahan Langkat yang berada di Sumatera Utara, semoga bisa menjadi referensi untuk liburan kalian. Kurang lebihnya kami mohon maaf, Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

Leave a Comment

Scroll back to top