Wisata Sumatera Utara

Indonesia merupakan negara dengan berjuta-juta keindahan alamnya. Tidak perlu anda ragukan, tentunya keindahan alam Indonesia tersebar luas di seluruh jagat negara Indonesia.

Salah satunya terdapat di kawasan Sumatera Utara. Salah satu pulau terbesar di Indonesia yang menyimpan beragam budaya. Anda tidak dapat mengexplore semua wisata Sumatera Utara hanya dalam sehari. 

Seperti yang anda ketahui bahwa pariwisata merupakan hal yang paling penting bagi Indonesia untuk mempromosikan budaya kepada turis asing maupun turis lokal.

Oleh sebab itu sudah banyak kepala dinas pariwisata di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera Utara, untuk terus mengembangkan potensi pariwisata di setiap daerahnya. Untuk informasi selengkapnya, berikut adalah beberapa wisata disana.

Bermacam-macam Wisata Sumatera Utara      

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang keindahannya sangat melimpah. Salah satu wilayah yang banyak menarik perhatian turis adalah wilayah Sumatera Utara.

Mungkin anda sangat penasaran sebenarnya ada wisata apa sajakah disana sehingga banyak sekali para turis asing dan turis local yang sangat berkeinginan untuk mengunjunginya. 

1. Danau Toba

Gambar danau Toba di Sumatera Utara

Tentu saja tempat wisata yang satu ini sangat familiar di hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Saking terkenalnya, Danau Toba dijadikan ikon pulau Sumatera Utara.

Danau ini sangatlah unik, oleh sebab itu banyak sekali yang ingin berkunjung. Salah satu hal yang menarik daya tarik turis local maupun asing adalah karena ditengahnya terdapat Pulau Samosir. 

Di Pulau Samosir sendiri banyak sekali tempat wisata yang anda dapat nikmati bersama keluarga, kerabat, ataupun teman.

Cara agar anda bisa menginjakkan Pulau Samosir adalah dengan menggunakan ferry atau speed boat. Keduanya dapat mengantar anda ke Pulau Samosir melewati Danau Toba. 

Selain Pulau Samosir, hal lain yang menarik perhatian para wisatawan adalah pemandangan yang ada di sekitar Danau Toba. Danau Toba dikelilingi oleh bukit yang menjulang sangat tinggi.

Ukuran danau ini adalah lebar 30 KM dan panjangnya sekitar 100 KM. Tak heran bahwa wisata ini dijadikan ikon Sumatara Utara. Anda dapat menemukan banyak penginapan di sekitarnya. 

2. Pulau Samosir

Gambar Pulau Samosir di Sumatera Utara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ditengah-tengah Danau Toba terdapat pulau kecil yang dinamakan Samosir. Pulau ini merupakan rute anda selanjutnya setelah anda puas mengelilingi Danau Toba yang tidak ada habisnya keindahannya.

Di Pulau Samosir ada banyak sekali para penjual yang menjual oleh-oleh khas, pernak-pernik, dan juga aneka baju kesukaan. 

Saat anda mengexplore pulau ini anda akan menemukan banyak sekali rumah masyarakat asli Samosir zaman dahulu.

Saat anda sampai pun anda akan diajak menari bergembira oleh para masyarakat sekitar, yang merupakan aksi untuk tetap melestarikan budaya Samosir. Di dalamnya juga anda dapat berfoto-foto dengan patung-patung khas Pulau Samosir. 

3. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Gambar Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit di Sumatera Utara

Wisata ini, masih termasuk wisata alam yaitu air terjun. Keunikan yang dimiliki oleh tempat wisata ini adalah karena airnya yang memiliki dua warna yang berbeda.

Warna yang dimiliki oleh air terjun ini adalah abu-abu dan biru muda. Hal ini dikarenakan kandungan fosfor dan belerang. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit ini mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 100 meter. 

4. Air Terjun Sigura-Gura

Gambar Air Terjun Sigura-Gura di Sumatera Utara

Wisata Sumatera Utara lainnya adalah Air Terjun Sigura-gura. Ketinggian air terjun ini mencapai 250 meter.  Anda bisa bayangkan setinggi apa air terjun tersebut.

Tentunya disekelilingnya terdapat tumbuhan hijau dan bebatuan yang memberikan kesan alam yang begitu kental dan tentu saja sangat menakjubkan. 

Dengan ketinggiannya yang mencapai 250 meter, air terjun ini dinobatkan sebagai air terjun tertinggi se Indonesia. Lokasi ini sangat dekat dengan Danau Toba.

Oleh sebab itu banyak sekali wisatawan luar maupun dalam negeri yang ingin melihat langsung keindahan air terjun setelah puas melihat-lihat dan berkeliling Danau Toba. 

5. Pantai Lagundri dan Sorake

Gambar Pantai Lagundri di Sumatera Utara

Jika anda juga menginginkan wisata pantai di Sumatera Utara, anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan di Sumatera Utara terdapat pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai lain di Indonesia.

Terlebih apabila anda merupakan orang yang gemar berselancar, maka Pantai Lagundri dan Sorake merupakan pantai yang sangat cocok untuk menjalani hobi anda tersebut. 

Kedua pantai ini, Lagundri dan Sorake masih berada dalam satu garis pantai yang sama. Lebih tepatnya terletak pada Kecamatan Teluk Dalam, Nias Utara, Sumatera Utara.

Pantai Lagundri dan Sorake sangat terkenal, terutama bagi orang-orang yang menyukasi berselancar. Hal ini dikarenakan kedua ombak yang ada di pantai tersebut terbilang cukup besar dan asik untuk surf. 

Mengenai penginapan, anda tidak perlu khawatir. Tentu saja disana sudah banyak penginapan dan mess yang dapat dengan mudah anda temui.

Anda dapat memesannya secara langsung dengan mendatangi tempatnya atau bisa juga melalui pemesanan online. Oleh sebab itu anda tidak perlu lagi memusingkan penginapan, karena disana sudah tersedia banyak sekali.

Jika kalian tertarik dengan Pantai Lagundri, kalian bisa simak ulasan kami tentang Menikmati Eksotisme Pantai Lagundri Yang Menjadi Surga Para Surfer yang tentunya lebih lengkap dan rinci.

6. Danau Siombak

Gambar Danau Siombak di Sumatera Utara

Sumatera Utara juga memiliki danau lain selain Danau Toba. Danau tersebut bernama Danau Siombak. Tempat wisata ini sangatlah cocok bagi anda yang mempunyai kegemaran memancing.

Danau Siombak akan memberikan kesan yang berbeda yang dapat anda rasakan sendiri. Luasnya mencapai 40 hektar dan berlokasi di Kelurahan Paya Pasir, Medan. 

Bagi kebanyakan masyarakat Medan, tempat ini merupakan tempat yang paling cocok untuk bersantai di akhir pekan. Anda dapat mengajak keluarga, kerabat, atau teman anda untuk sekedar bersantai, piknik, sembari memancing di Danau Siombak.

Di dalamnya terdapat kawasan bermain anak mulai dari permainan air. Intinya, sangat cocok untuk akhir pekan.

7. Bukit Gundaling

Gambar Bukit Gundaling di Sumatera Utara

Lokasi tempat wisata ini adalah di wilayah 60 KM dari kota Medan. Lebih spesifiknya adalah terletak di pinggir kota Berastagi. Tempat wisata Sumatera Utara ini berada di ketinggian sekitar 1500 meter dari permukaan laut.

Tempat ini sekilas hamper serupa dengan wisata Puncak Bogor. Tempat wisata ini sangatlah indah karena menyajikan pemandangan yang sangat menawan di lihat mata.

Apabila anda sudah berhasil sampai diatas puncak Bukit Gundaling, maka anda dapat dua gunung berapi dari puncak tersebut.

Tentu saja inilah yang merupakan salah satu faktor yang meningkatkan daya tarik wisatawan asing maupun wisatawan dari luar kota yang tertarik untuk melihat dan menyaksikan langsung keindahan Bukit Gundaling. 

8. Menara Air Tirtanadi

Gambar Menara Air Tirtanadi di Sumatera Utara

Apabila anda sudah mengetahui banyak mengenai wisata alam, kini anda perlu mengetahui informasi mengenai wisata selain alam. Salah satunya adalah Menara Air Tirtanadi.

Menara ini merupakan menara air yang fungsinya sangat vital bagi masyarakat sekitar khususnya masyarakat kota Medan. Menara ini didirikan pada tahun 1908 oleh pemerintah Belanda. 

Sampai saat ini, menara air tersebut masih berfungsi sebagai penampung air. Masyarakat dan pemerintah mengelola menara air tersebut menjadi lebih baik dan lebih enak dilihat.

Mungkin apabila anda penggemar wisata alam, maka tempat wisata yang satu ini bukanlah untuk anda. Pasalnya ia berada di tengah kota dan juga bukan termasuk wisata alam. 

9. Rumah Tjong A Fie

Gambar Rumah Tjong A Fie di Sumatera Utara

Tempat wisata yang satu ini menyimpan begitu banyak cerita dari sosok Tjong A Fie. Beliau merupakan orang terkaya di Medan pada masanya.

Pada tahun 1926 beliau meninggal diakibatkan oleh pendarahan otak. Ia mewariskan rumah beserta museum yang ia miliki. Sampai sekarang rumah ini masih berdiri kokoh dan terawat. 

10. Bukit Lawang

Gambar Bukit Lawang di Sumatera Utara

Tempat wisata yang satu ini termasuk wilayah kawasan Taman Nasional Gunung Lauser. Terletak cukup jauh dari pusat perkotaan Medan, yaitu 80 KM.

Wisata ini lokasinya cukup tinggi dan ditumbuhi banyak tanaman rindang. Oleh sebab itu apabila anda mengunjungi tempat ini maka anda akan merasa bahwa keindahan alam dari Bukit Lawang sangatlah menarik. 

Banyak sekali kegiatan yang anda dapat lakukan di tempat wisata ini. Diantara kegiatan tersebut antara lain adalah melakukan trekking, melihat orang utan, dan tubing.

Apabila anda ingin stay di tempat ini lebih lama maka anda tidak perlu khawatir. Hal ini karena di kawasan tersebut sudah cukup banyak penginapan dan hotel yang dapat anda book kapan saja anda mau. 

11. Kampung Madras Medan

Gambar Kampung Madras Medan di Sumatera Utara

Kampung ini memiliki nama lain yaitu Kampung Keling. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat yang tinggal di kampong tersebut merupakan orang India atau orang Keling.

Tak heran apabila anda mengunjunginya maka anda akan langsung merasakan budaya India yang sangat kental. Mayoritas agama yang ada pada kampong ini adalah Hindu. 

Di dalam kampungnya terdapat beberapa bangunan yang diantaranya merupakan bangunan yang dibangun oleh orang Belanda.

Apabila anda mendatangi kampong ini, anda tidak hanya akan wisata budaya menikmati keindahan Kampung Madras, akan tetapi anda juga dapat melakukan wisata sejarah dengan pergi ke bangunann yang dulunya dibangun oleh Belanda. 

12. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Gambar Rahmat International Wildlife Museum & Gallery di Sumatera Utara

Museum yang satu ini berisikan hewan-hewan yang sudah diawetkan. Tempat wisata ini lokasinya adalah pas di Kota Medan. Info menariknya adalah, museum ini merupakan satu-satunya tempat  yang memerkan banyak hewan dan yang terlengkap adalah di Museum ini. Apabila anda ingin mengunjunginya alamatnya adalah Jl. S Parman. 

Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan harga masuk 25 ribu rupiah. Safari malam anda harus membayar 10 ribu rupiah, dan apabila anda ingin difoto anda diwajibkan membayar sebesar 20 ribu rupiah.

Namun, anda perlu mengingat bahwa museum ini akan tutup dan selesai beroperasi pada pukul 17.00 waktu setempat. 

13.  Gunung Sibayak

Gambar Gunung Sibayak di Sumatera Utara

Kawasan ini merupakan tempat wisata yang terletak di Sumatera Utara. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka mendaki dan berpetualang. Pada tahun 1600 gunung ini pernah meletus.

Keindahan alam yang disajikan oleh gunung ini memikat banyak sekali para pendaki dari seluruh Indonesia dan dunia. Dari puncak ada bisa melihat seluruh keindahan Kota Medan yang luas. 

Kebanyakan pendaki memulai pendakiannya pada pukul 2 pagi. Hal ini karena mereka sangat ingin menikmati sunrise dari atas puncak Gunung Sibayak.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dari atas puncak anda juga dapat menikmati seluruh kota Medan. Tentu saja kedua hal ini yang membuat pengunjung Gunung Sibayak semakin ramai setiap tahunnya.

Baca lebih rinci artikel mengenai Gunung Sibayak.

14. Cagar Alam Sibolangit

Gambar Cagar Alam Sibolangit di Sumatera Utara

Tempat wisata ini merupakan sebuah kawasan cagar alam yang mempunyai luas kurang lebih sekitar 24 hektar. Lokasi dari salah satu wisata Sumatera Utara ini adalah berada pada Kabupaten Deli Serdang.

Tempat ini memiliki struktur dan bentuk tanah yang berbukit. Berada pada ketinggian 500 meter diatas laut. Pemandangan yang ada disini sangatlah indah. 

15. Danau Lau Kawar

Gambar Danau Lau Kawar di Sumatera Utara

Danau yang sangat indah ini terletak dibawah kaki gunung Sinabung, Sumatera Utara. Luasnya adalah sekitar 200 hektar, lebih kecil daripada Danau Toba.

Hanya saja air yang ada pada Danau Lau Kawar sangatlah bening dan berwarna biru. Meskipun lebih kecil daripada Danau Toba, suasana yang dimiliki danau ini sangatlah bersih dan asri. Sangat cocok untuk bersantai. 

Danau ini akan anda lewati ketika anda sedang mendaki Gunung Sinabung. Apabila anda hendak beristirahat, anda mungkin akan beristirahat disini.

Tak heran jika anda mampir ke Danau Lau Kawar akan ada banyak sekali orang yang berkemah. Selain berkemah tak sedikit pula orang yang memancing di sekitar danau. Ini lah yang menyebabkan kunjungan semakin naik. 

16. Taman Nasional Gunung Leuser

Gambar Taman Nasional Gunung Leuser di Sumatera Utara

Apabila anda mengunjungi tempat ini, hal itu akan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan oleh anda. Kawasan wisata ini merupakan sebuah area pelestarian alam yang terletak pada dua provinsi yang berbeda, yaitu Sumatera Utara dan Aceh.

Tempat ini juga merupakan wisata alam yang dapat anda jadikan pilihan karena keberagaman flora dan fauna yang terdapat di dalamnya. 

Apabila anda merupakan orang yang tinggal di kota besar dan lelah akan sibuknya kota tersebut, maka tempat ini dapat anda jadikan pilihan untuk mencari ketenangan. 

Sebab seperti yang anda tau bahwa tempat ini sangat menyejukkan. Disekitarnya tertanam pohon-pohon hijau yang rindang. Serta suara alam yang merdu mampu untuk merilekskan hati dan pikiran yang lelah.

Kalian pasti tertarik : Taman Nasional Gunung Leuser : Ulasan Lengkap

17. Tangkahan

Gambar Tangkahan di Sumatera Utara

Tempat wisata ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Ada banyak sekali hal yang dapat anda lakukan di tempat ini. Mulai dari berenang, tracking, jelajah goa kelelawar, bermain air terjun, rafting, dan masih banyak lagi. 

Tentunya ini dapat anda jadikan pilihan liburan bersama keluarga atau teman anda. Karena semakin ramai tentu semakin seru.

Artikel mengenai wisata tangkahan bisa kalian baca secara lebih lengkap dan rinci disini : Keindahan Wisata Tangkahan Langkat di Hutan Sumatera

18. Hillpark Sibolangit atau Green City

Gambar Hillpark Sibolangit di Sumatera Utara

Apabila anda sedang berlibur ke medan maka anda wajib untuk mencoba bermain di Hillpark Sibolangit. Letaknya adalah di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang.

Hillpark Sibolangit merupakan sebuah taman bermain rekreasi yang memiliki berbagai jenis macam permainan seru. Semua permaianan ini sangat beragam, semua umur dapat memainkan permainan ini. 

Sama halnya dengan Dufan yang berlokasi di Jakarta, Hillpark Sibolangit merupakan taman rekreasi yang terbesar di Sumatera. Luas taman rekreasi ini adalah sekitar 200 hektar.

Tentu saja ini sangat luas. Taman bermain ini berada pada ketinggian 550 meter diatas permukaan laut. Sehingga ketika anda mengunjunginya anda akan merasakan sejuk.

19. Aek Sijorni

Gambar Aek Sijorni di Sumatera Utara

Tempat wisata ini merupakan sebuah wisata Sumatra Utara. Sayangnya, pemerintah setempat kurang memperhatikan kawasan ini dengan baik. Sehingga tempatnya menjadi kurang elok untuk dilihat.

Oleh sebab itu mungkin banyak dari anda yang tidak pernah mendengar nama tempat ini. Akan tetapi tempat ini tetap dapat anda jadikan kunjungan wisata yang seru. 

Aek Sijorni merupakan bahasa batak yang berarti air bersih. Lokasi tempat ini adalah di Desa Aek Libung. Air terjun ini terdiri dari dua bagian yang merupakan air terjun berukuran kecil yang melewati tebing yang miring dengan kandungan kapur. Anda dapat mengunjungi tempat ini di Simpang Tolang, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera. 

20. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Gambar Salju Panas Dolok Tinggi Raja di Sumatera Utara

Lokasi tempat wisata ini adalah di Desa Dolok, Sumateara Utara.  Tempat ini tidak benar-benar memiliki salju. Yang sebenarnya terjadi adalah kawasan ini merupakan sekumpulan bukit bebatuan yang mengandung kapur. 

Hal ini membuat kesan bahwa seolah-olah bukit tersebut ditutupi oleh salju. Oleh sebab itu masyarakat menyebutnya Salju Panas Dolok Tinggi Raja.

Diantara perbukitan tersebut terdapat sebuah danau yang cantik. Danau itu bewarna biru kehijauan dan airnya panas. Tempat wisata yang satu ini belum begitu dikenal oleh masyarakat luas.

Jika anda ingin kesana maka anda harus mempersiapakan uang lebih, karena di sepanjang jalan menuju tempat ini sebagian besar masyarakat akan memintai anda uang untuk masuk. 

21. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Gambar Penangkaran Buaya Asam Kumbang di Sumatera Utara

Bagi anda yang jarang sekali bertemu buaya, maka tempat ini akan sangat cocok untuk anda. Sesuai dengan namanya, di tempat ini anda bisa menemukan banyak sekali buaya.

Penangkaran ini termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia. Hal ini dikarenakan jumlah buaya yang begitu banyak sampai memasuki angka 2,400 reptil.

Penangakaran Buaya Asam Kumbang sudah lama sekali dibangun. Berdiri pada tahun 1959, penangkaran ini memiliki berbagai macam jenis buaya. Ada yang umurnya masih muda bahkan ada yang sudah tua hingga puluhan tahun. 

Buaya ini ditaruh di kolam yang  sudah dipagari agar aman. Apabila anda ingin mengunjungi tempat ini maka anda harus membayar lima ribu.

22. Masjid Raya Medan

Gambar Masjid Raya Medan di Sumatera Utara

Sesuai dengan namanya lokasi tempat ini adalah di Kota Medan. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1906 dengan perpaduan desain Timur Tengah, India, dan Spanyol.

Tentu saja dari ketiganya telah menciptakan kombinasi sempurna nan cantik. Masjid yang berlokasi di Jalan Sisingamangaraja ini merupakan salah satu wisata Sumatera Utara yang mudah ditemui. 

Bagi anda yang kebetulan sedang berada di Medan, anda boleh mampir dan melihat secara langsung kemegahan masjid tersebut. Entah itu untuk sholat atau sekedar duduk-duduk menikmati suasana masjid yang tentunya sejuk.

Anda juga bisa berfoto di masjid, yang penting jangan sampai anda mengganggu ibadah umat Muslim yang sedang menjalankan sholat.

Lebih detail tentang Masjid Raya Medan bisa kalian baca disini : Mengulik Wisata Sejarah Masjid Raya Al Mashun Medan dan Seluk Beluk di Dalamnya

23. Air Terjun Sipiso-piso

Gambar Air Terjun Sipiso-piso di Sumatera Utara

Sumatera Utara memiliki banyak sekali dataran tinggi. Oleh sebab itu banyak pula muncul air terjun. Salah satu air terjun yang indah yang berada di Sumatera Utara adalah Air Terjun Sipiso-piso.

Air terjun yang satu ini terletak di Desa Tongging, Sumatera Utara. Pihak yang mengelola tempat wisata ini adalah pemerintah setempat. Lebih tepatnya pemerintah Kabupaten Karo.

24. Istana Maimun

Gambar Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara

Taukah anda bahwa ikon Kota Medan adalah Istana Maimun? Bagi anda yang belum pernah sama sekali mendengar Istana Maimun, maka anda harus mendengar penjelasannya. Istana ini merupakan peninggalan Kerajaan Deli pada tahun 1946, setahun setelah kemerdekaan Indonesia. 

Istana ini dulunya di huni oleh para ahli waris kesultanan. Memiliki luas kurang lebih sekitar 2,700 meter dan juga terdapat 30 ruangan.

Setiap ruangan dilengkapi dengan desin interior yang memadukan budaya Itali, Islam, Spanyol, dan Melayu. Anda sudah pasti bisa membayangkan betapa indahnya perpaduan dari keempat buday tersebut. 

Saat anda mengunjungi wisata Sumatera Utara ini, anda dapat berfoto-foto. Mengingat bahwa gedung Istana Maimun sangatlah megah dan cantik.

Artikel lain tentang Istana Maimun : Menjelajah Warisan Kesultanan Deli di Istana Maimun

Namun, tidak hanya itu saja, anda juga dapat melihat secara langsung beberapa koleksi benda peninggalan Belanda pada zaman dulu. Benda yang dimaksud seperti foto dan senjata. 

Apabila anda ingin mengunjungi tempat ini maka anda harus menuju Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Medan. Disitulah Istana tersebut berada.

Untuk biaya masuknya anda hanya perlu membayar sekitar 5,000 rupiah saja perorangnya. Dengan harga 5,000 anda sudah bisa melihat secara langsung bangunan peninggalan Kerajaan Deli ini. 

25. Danau Linting

Gambar Danau Linting di Sumatera Utara

Wilayah Sumatera Utara sangat terkenal dengan Danau Toba nya. Akan tetapi di wilayah ini tetap masih menyimpan beberapa danau lain yang tak kalah indah. Salah satu danau yang indah itu adalah Danau Linting.

Danau ini terbentuk akibat adanya letusan vulkanik. Ukuran danau ini kurang lebih sekitar satu hektar. Didalamnya mengandung belerang, makanya warna air hijau. 

Apabila anda ingin berenang di danau ini, sebaiknya anda berfikir dua kali. Danau ini sangatlah dalam. Kedalaman nya mencapai 100 meter.

Akan tetapi apabila anda hanya ingin bersantai di tepi danau sembari menikmati pemandangan, maka hal itu tetap aman. Jika anda ingin masuk ke dalam area danau maka anda harus membayar tiket masuk seharga 5,000 rupiah saja. 

Ulsana Lengkap Danau Linting : Menikmati Pesona Mistis nan Eksotis Danau Linting Medan

26. Maha Vihara Adhi Maitreya

Gambar Maha Vihara Adhi Maitreya di Sumatera Utara

Wisata ini merupakan sebuah tempat ibadah untuk orang yang beragama Buddha. Vihara ini mempunyai kawasan tempat yang sangat sejuk dan asri. 

Selain itu tempatnya juga tertata rapi sehingga sangat nikmat dipandang di depan mata. Ditambah lagi dengan kebersihan tempatnya yang selalu terjaga. Inilah yang membuat banyak wisatawan datang untuk melihat.

Luas lahan vihara ini adalah sekitar 4,5 hektar. Tempat ibadah ini mempunyai desain gedung yang mempunyai karakter ajaran Buddha Maitreya. Didalamnya terdapat tiga patung suci yaitu patung Sang Buddha, Dewi Kwan Im, dan Hakim Bao.

Kebanyakan wisata yang hadir menikmati keasrian tempatnya dengan cara berjalan sambil berfoto. Akan tetapi wisatawan juga dapat beribadah di tempat ini.

Beribadah hanya dikhususkan untuk masyakarat yang memang berkehendak untuk berdoa di Maha Vihara Adhi Maitreya. 

27. Pulau Nias

Gambar Pulau Nias di Sumatera Utara

Kehebatan pulau ini sudah dikenal oleh seluruh dunia. Dunia mengenal Pulau Nias sebagai tempat yang cocok untuk lompat batu dan kegiatan selancar lainnya.

Para pemuda sekitar mampu melompati batu yang tingginya hampir dua meter dengan mudahnya. Hal ini merupakan salah satu tradisi Nias yang cukup terkenal. Anda dapat menemukannya di Desa Bawomatauo. 

Tradisi melompati batu muncul setelah kebiasaan berperang antardesa di masyarakat Pulau Nias. Selain lompat batu ada pula pertunjukkan tari perang tradisional.

Tarian ini penari akan menggunakan kostum tradisional dan menghubungkan buku burung yang cerah yang dikaitkan dengan kepala penari. 

Salah satu tempat berselancar terbaik di dunia adalah di Pulau Nias. Ombak yang sangat besar dapat membantu para peselancar untuk mendapatkan pengalaman berselancar yang lebih baik dari yang lain. 

Sehingga, jika anda ingin berselancar anda tidak perlu jauh-jauh ke Hawaiii. Di Indonesia pun sudah ada.

Penutup

Sekian sudah ulasan Tementravel.id tentang 25+ Tempat Wisata di Sumatera Utara Paling Indah 2019. Semoga bisa menjadi referensi kalian semua bagi yang ingin berniat liburan di salah satu tempat wisata diatas.

Kurang lebihnya mohon maaf, Selamat liburan teman!

Leave a Comment

Scroll back to top