Wisata Pulau Tailana Nan Indah Mempesona

Wisata Pulau Tailana Nan Indah Mempesona – Pulau Tailana adalah sebuah tempat wisata yang sangat indah mempesona, layaknya sebuah surga yang tersembunyi di sebuah pulau terpencil. Letaknya berada pada Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil.

Pulau Tailana memiliki keindahan yang mampu menghipnotis seluruh wisatawan. Bagaimana tidak? Posisi pulau ini dikelilingi oleh pantai, tak diragukan lagi kalau pemandangan dan suasana tempat liburan disana mampu mengoyak hati sang wisatawan.

Pulau ini termasuk kedalam 9 Tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Aceh Singkil lohh. Jangan lupa baca ulasannya disini ya : 9 Tempat Wisata yang Tak Terlupakan di Aceh Singkil

Pemandangan yang dimiliki oleh Pulau Tailana bukanlah hanya sebuah fiktif belaka namun, keindahannya begitu nyata. Sayangnya pada tahun 2004 yang lalu Pulau Tailana dihantam oleh gelombang tsunami yang sangat amat dahsyat, sehingga menyebabkan pulau ini mengalami kehancuran total.

Pada akhirnya pulau nan indah tersebut menjadi tak menarik lagi. Para wisatawan juga takut datang kesana, hal ini mengakibatkan sejak tahun 2005 kunjungan wisatawan semakin menurun.

Namun itu tak berjalan lama, awal tahun 2010 Pulau Tailana sudah mulai berbenah. Pemerintah setempat sudah memperbaiki hampir seluruh tempat wisata disana. Selesai perbaikan tempat wisata, pemerintah setempat melakukan promosi pada Pulau Tailana kembali. Tak berapa lama kemudian wisatawan, berdatangan menikmati keindahan pulau nan mempesona tersebut.

Kegiatan Seru yang Menyenangkan Hati di Pulau Tailana

Keindahan wisata Tailana seakan seperti magnet yang mampu menarik seluruh wisatawan untuk hadir ke pulau. Liburan ke Pulau Tailana sangat menyenangkan, wisatawan dapat melakukan kegiatan seru dan menarik disini. Berbagai macam kegiatan yang ditawarkan sengaja disediakan untuk memanjakan semua wisatawan yang berkunjung. Berbagai macam kegiatan seru di Tailana antara lain adalah:

Snorkeling

Pulau Tailana dikelilingi oleh pantai yang amat luas. Biasanya pantai yang berada di sekitar pulau dimanfaatkan oleh pihak wisatawan sebagai area snorkeling. Pantas saja, ternyata pantainya memiliki keindahan bawah laut yang tersembunyi. Berbagai macam terumbu karang, hewan laut dan tumbuhan yang menari-nari di dalam air membuat keindahan bawah laut semakin bagus dan megah seperti keindahan kerajaan bawah laut.

Memutuskan melakukan snorkeling namun, tidak membawa perlengkapan snorkeling pasti membuat Anda sedih. Tenang saja, Anda tidak boleh sedih karena ada beberapa penyewaan perlengkapan snorkeling yang berada disini. Anda tinggal menyewa perlengkapan dengan harga yang cukup terjangkau.

Surfing

Surfing merupakan kegiatan selancar di atas gelombang air yang menggulung-gulung pada hamparan pantai, alangkah menyenangkan bisa bermain surfing. Lebih menyenangkan lagi kalau anda bisa menggapai spot terbaik untuk surfing di Pulau Tailana. Rasanya sangat senang sekali saat melakukan surfing di titik spot khusus, karena sang ombak dengan ketinggian 6 meter sepertinya sudah siap untuk mengawal anda bermain.

Para pecinta surfing harus mencoba serunya bermain disana. Tak perlu membawa perlengkapan surfing dari rumah, karena Anda bisa menyewanya disana. Setiap wisatawan yang akan melakukan surfing pasti tak akan merasa takut, karena di sekitar pantai sudah disediakan petugas keamanan yang siap siaga membantu wisatawan saat kesulitan melakukan surfing.

Bersantai di pinggir pulau

Menghilangkan segala penat yang berada didalam diri dengan bersantai di pinggir pantai Pulau Tailana nan indah adalah hal tepat. Sambil menikmati pemandangan yang tak biasa, seperti halnya ombak yang berlomba-lomba menuju ke bibir pantai, menikmati angin sepoi-sepoi yang tidak ingin kalah dengan ombak serta mencoba wisata kuliner. Keunggulan wisata kuliner disana yaitu rasa masakannya bak makanan yang disajikan oleh restoran bintang 5.

Hunting foto

Pemandangan Pulau Tailana sebuah surga yang tersembunyi ini tidak dapat dipungkiri lagi. Sudah terukir dengan jelas bahwa keindahan pulau ini layaknya kecantikkan gadis desa yang disukai oleh semua lelaki. Tak baik menyia-nyiakan pemandangan indah di Pulau Tailana, karena rasanya sangat mubazir. Sepertinya anda harus melakukan hunting foto dengan memanfaatkan background pemandangan tersebut.

Empat macam kegiatan seru nan menarik di atas dapat Anda lakukan selama di Pulau Tailana. Dalam melakukan semua kegiatan di atas tidak bisa selama satu hari saja, karena kalau dilakukan selama satu hari rasanya kurang puas. Minimal lakukan dua kegiatan seru selama satu hari, kemudian hari berikutnya lakukan lagi kegiatan seru lainnya. Lakukan semua kegiatan tanpa tertinggal satupun, agar liburan lebih maksimal.

Cara Menuju ke Pulau Tailana yang Indah

Apakah Anda berminat untuk liburan ke Pulau Tailana? Bila Anda berminat Anda harus siap melakukan perjalanan jauh. Anda harus menempuh perjalanan dari kota Anda menuju ke kota Medan. Dilanjutkan perjalanan dari Medan ke kota Aceh Singkil yang menghabiskan waktu selama 8 hingga 10 jam.

Perjalanan darat memang sangat lama membuat anda tak sabar untuk segera liburan di Tailana. Sampai di Aceh Singkil, selanjutnya melakukan perjalanan menyebrangi Pulau Balai menggunakan kapal feri. Perjalanan dengan kapal feri menerjang ombak lautan ini sungguh menyenangkan, karena sekaligus dapat menikmati pemandangan hamparan laut yang keindahannya tiada duanya.

Kapal feri ini memiliki jadwal keberangkatan tertentu, jadi tidak asal-asalan.  Artinya sebelum menaiki kapal feri, Anda harus mengetahui jadwal keberangkatannya secara betul agar tidak menunggu dalam waktu yang lama.

Perlu diketahui kapal feri ini tidak berangkat menyeberangi pulau setiap hari, jadi Anda wajib memperhatikan jadwal keberangkatan kapal supaya waktu Anda tidak terbuang percuma hanya untuk menunggu kapal saja.

Alternatif kendaraan lainnya selain menggunakan kapal feri yaitu menggunakan kapal kayu. Waktu tempuh menggunakan kapal kayu lebih lama daripada menggunakan kapal feri. Anda bisa menghabiskan waktu perjalanan selama 4 jam menggunakan kapal kayu. Biasanya kapal kayu mulai berangkat pada pukul 09.30 pagi sehingga Anda harus datang tepat waktu, supaya dapat mengikuti perjalanan dengan kapal kayu.

Selain menggunakan kapal feri dan kapal kayu, Anda juga dapat pergi ke Pulau Tailana dengan menyewa kapal pribadi. Sewa kapal ini biasanya dilakukan dengan rombongan lainnya, agar Anda bisa membayar biaya sewa dengan  murah.

Harga yang ditawarkan untuk menyewa sebuah kapal pribadi yaitu sekitar Rp. 1.500.000 hingga Rp. 3.000.000. Harganya lumayan mahal namun, biaya dapat dibayar dengan cara patungan rombongan agar lebih murah.

 

Fasilitas Lengkap Wisata Pulau Tailana

Pemandangan Pulau Tailana begitu sempurna, sama sekali tiada yang kurang dari keindahan yang ditawarkan sehingga ribuan wisatawan sangat tertarik untuk mendatangi pulau ini. Salah satu hal yang  juga membuat wisatawan menyukai Pulau Tailana yaitu fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Pihak tempat wisata telah mempersiapkan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Adapun fasilitas tempat wisata yang dapat dimanfaatkan yaitu penginapan cottage, toilet, air bersih, tempat makan, dan perlengkapan snorkeling, perlengkapan surving dan masih banyak lagi lainnya.

Ada satu fasilitas yang sangat menarik yaitu cottage. Sebuah bangunan penginapan yang tak biasa karena didirikan diantara pepohonan sekitar pantai, makin menarik perhatian wisatawan yang datang. Bangunan cottage merupakan penginapan yang menawarkan suasanan romantis dimalam hari.

Fasilitas Pulau Tailana bisa diakses oleh siapa saja. Saat memanfaatkan fasilitas tempat wisata, pihak pengelola wisata menghimbau agar wisatawan dapat menjaganya dengan baik supaya fasilitas tidak mengalami kerusakan.

Leave a Comment

Scroll back to top