Wisata Tersembunyi Pulau Banyak Aceh Singkil

Wisata Pulau Banyak Aceh Singkil

Hallo para sahabat tementravel.id kali ini masih di daerah Aceh ya. Kali ini admin tementravel.id akan mengulas mengenai Wisata Pulau Banyak yang berada di Aceh Singkil. Apakah anda sering mendengar tempat wisata tersebut? Indonesia ini memang banyak sekali Tempat wisata yang memiliki pesona indah.

Tidak hanya itu, di Indonesia pula banyak sekali daerah – daerah yang menyajikan keindahan alam yang tiada taranya dan mampu membawa indonesia ke dalam negara utama untuk tujuan wisata.

Dari sekian banyak wilayah di Indonesia yang menawarkan keindahan, kami akan mengulas mengenai tempat wisata dari Aceh dikarenakan Aceh adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki pemandangan yang sangat eksotis sekali. Pulau Banyak adalah salah satunya yang ada di Aceh.

Setelah kemarin kita sudah bahas mengenai 14 Tempat Wisata di Aceh Tamiang, sekarang kita mau bahas yang lain lagi nih.

Pulau Banyak ini adalah Pulau yang ada di Aceh Singkil. Menyimpan banyak sekali pesona alam yang dapat menggiurkan anda jika ke sana. Pulau Banyak di Aceh Singkil memiliki salah satu pesona yaitu laut yang luas dengan ukuran pantai yang memanjang.

Tak hanya itu, Pulau Banyak di Aceh Singkil telah menyajikan hamparan sebuah pasir putih yang memukau sekali. Di sekitar pantai juga terdapat pohon – pohon kelapa untuk menambah nilai dari keindahan yang dimiliki oleh destinasi wisata ini.

Fasilitas di Pulau Banyak Aceh Singkil

Tidak di ragukan lagi untuk pemandangan alam yang telah disajikan oleh Objek wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil ini. Keindahan yang telah diberikan oleh Pulau Banyak mampu memberikan nuansa tenang bagi para wisatawan yang datang ke sana. Saya yakin jika kalian ke sana pasti tertegun dengan adanya pemandangan sunset yang ada di Pulau Banyak tersebut.

Tak jarang sekali para wisatawan yang datang ke sana tidak berburu – buru pulang, karena para wisatawan tersebut ingin menghabiskan waktu sorenya hanya sekedar untuk melihat pemandangan sunset bersama para kekasihnya. Tak hanya itu di Pulau Banyak Aceh Singkil tersebut juga menyediakan beberapa fasilitas yang mendukung anda untuk berwisata.

Berikut ini adalah contoh fasilitas yang bisa anda dapatkan di Pulau Banyak dari Aceh Singkil :

1.Snorkeling

Yang pertama ini adalah Snorkeling, di Pulau Banyak Aceh Singkil selain anda dapat menggunakan perahu yang dilengkapi dengan berbagai kaca tembus pandang di bagian alas kapal, anda juga bisa menikmati berbagai keindahan terumbu karang dengan melakukan snorkeling.

2.Surfing

Pada saat anda datang ke sana, jika anda memperhatikan dengan benar, Pulau Banyak ini sebenarnya menyediakan 12 titik surfing yang tersebar secara merata di wilayah pulau Bangkaru, Pulau Tuangku dan Pulau Silingar. Salah satu daya yang mengikat di Pulau Banyak dari Aceh Singkil adalah memiliki ombak dengan ketinggian hingga mencapai 6 Meter.

3.Wisata Jelajah

Yang ketiga ini adalah Wisata Jelajah. Para wisatawan tidak hanya dapat bermain air saja lohh, ketika para wisatawan di dalam Pulau Banyak Aceh Singkil dapat melakukan kegiatan wisata Jelajah di Pulau Tuangku bagi yang gemar melakukan wisata jelajah.

Sejarah Pulau Banyak

Berikutnya kami akan sedikit mengulas mengenai sejarah Pulau Banyak.

Pulau banyak berlokasi di Kabupaten Aceh Singkil. Pulau ini memiliki luas sekitar 27 Ribu hektar dan memiliki populasi penduduk sekitar 10 ribu jiwa. Mengapa pulau ini sering disebut kepulauan banyak? Ya memang wilayah ini sering di sebut sebagai kepulauan banyak karena wilayah ini terdiri dari gugusan 30 hingga 40 pulau. Penduduk setempat sering mengatakan bahwa jumlahnya sekarang ini mencapai 99 Pulau.

Di dalam Pulau Banyak ini memiliki 2 Desa yang sangat utama sekali, desa apakah itu? 2 desa tersebut bernama Desa Pulau Balai. Desa terebut membetuk satu kesatuan dengan Desa Pulau Baguk. Untuk desa lainnya adalah Teluk Nibung, Haloban, Asantols, Ujung Sialit, dan suka Makmur. Untuk Transportasi, pendudukan sana menggunakan perahu mesin untuk pindah dari desa satu ke desa lainnya.

Tahukan anda bahwa pulau banyak ini juga dikenal sebagai Banyak Island, yang baru dikenal publik beberapa tahun lalu. Dikenal sebagai Banyak Island semenjak dilakukannya kegiatan pelestarian penyu di sana guys, itulah yang membantu dan merintis serta mampu mengembangkan wisata ini menjadi sangat terkenal di kawasan mancanegara. Pada saat dahulu tempat ini dikenal oleh orang asing dibandingan wisatawan domestik sejak 5 tahun lalu. Terutama mereka yang dulunya berdomisili di Medan, Banda Aceh, atau jakarta.

Akses Menuju ke Pulau Banyak

Bagi anda yang ingin berkunjung Ke Pulau Banyak ini, anda dapat menggunakan Transprtasi laut. Dan untuk menujunya, kota paling dekat dengan Aceh Singkil adalah kota Medan. Dan untuk perjalanan dari Medan ke Aceh Singkil, anda jangan khawatir. Anda bisa menggunakan jasa travel yang perlu anda bayar sekitar Rp.110.000.

Setelah anda tiba di Aceh Singkil, anda harus menuju ke Pulau Balai. Untuk ke Pulau Balai anda bisa menggunakan Transportasi Air. Disana tersedia kapal tradisional, tepatnya di Pelabuhan jembatan tinggi. Untuk naik kapal tersebut anda perlu membayar sekitar Rp.25.000.

Tak hanya itu, di sana juga tersedia kapal Feri yang mampu melayani anda dari rute Aceh Singkil ke Pulau Balai setiap senin pukul 9 pagi. Untuk ongkos tiket ferinya hanya perlu R.16.000 saja. Dan jika anda yang ingin berkeliling di Pulau Banyak Seharian anda dapat menyewa kapal milik nelayan dan harganya bervarian mulai dari Rp.300.000 per hari, Tergatung negoisasi anda .

Jika anda sudah di sana, anda harus memperlihatkan sikap yang layak dan menghargai tradisi setempat. Karena di sana, masyarakat Pulau Banyak masih memegang nilai tradisional yang erat. Tapi bukan berarti tidak ramah pada wisatawan loh yaa..

Anda harus berpakaian sopan untuk menghargai tradisi masyarakat di sana. Memang kepulauan Banyak ini menawarkan keindahan alam bawah laut dan lokasi aktivitas wisata air. Tapi kami harap jika anda datang ke sana usahakan jangan menggunakan pakaian minim ya guys, karena di sana akan mengganggu tradisi masyarakat setempat.

Anda bisa menemukan ketenangan yang nyaman karena disana jauh dari keramaian, tempat ini cederung sepi.

Mungkin itu semua ulasan mengenai Pulau Banyak yang berada di Aceh Singkil, semoga bisa dijadikan referensi buat anda jika mau pergi ke sana. Dengan adanya ulasan atau artikel ini anda bisa mempertimbangkan untuk pergi atau tidaknya berwisata ke Pulau Banyak di Aceh Singkil.

Selain itu anda juga bisa menyewa pemandu wisata jika anda memerlukannya. Memang tempat ini sungguh – sungguh menyimpan keindahan alam yang mengagumkan sekali. Dan bahkan menjadi andalan wisata alam nasional sekarang ini.

Sekian Artikel ini semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Leave a Comment

Scroll back to top