Mampir Sini Ke Wisata Pantan Terong Di Takengon

Mampir Sini Ke Wisata Pantan Terong Di Takengon – Saat anda berkunjung ke Aceh anda akan menjumpai salah satu destinasi obyek wisata alam yang terletak dipuncak bukit Dataran Tinggi Gayo Takengon, Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Bukit yang berada pada ketinggian lebih dari 1.850 meter di atas permukaan laut. Tempat ini dinamakan Patan Terong yang akan menyajikan pemandangan Ibu Kota Takengon dan Danau Laut Tawar secara keseluruhan, lapangan Pacuan Kuda di Kecamatan Pegasing, bandara udara Rembele, yang diapit serta dikelilingi punggung gunung bukit barisan nan elok.

Wilayah Kabupaten Aceh Tengah memiliki luas wilayah sekitar 4.318,39 km yang sudah terbagi menjadi 14 kecamatan. Kabupaten ini pun berbatasan dengan Kabupaten Bener Meriah dan juga Kabupaten Bireun di bagian utara, Kabupaten Gayo Lues di sebelah selatan, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Pidie dan Kabupaten Nagan Raya di sebelah barat serta Kabupaten Aceh Timur di sebelah Timur.

Penduduk kota Takengon terdiri dari beragam suku dan etnis yaitu suku Aceh yang merupakan suku terbesar paling dominan. Datang dari kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, selain itu juga terdapat suku Tionghoa, Minangkabau, Gayo, dan Jawa.

Takengon berasal dari bahasa aceh yaitu “Tikungan” memiliki arti kelokan atau belokan. Saat menuju ke kota ini anda harus melewati rute tanjakan, perbukitan dan menelusuri lereng gunung dengan jalan berkelok-kelok yang curam dan terjal.

Dengan jurang disebelah kanan atau kiri jalan serta banyaknya pepohonan lebat disepanjang rute perjalanan. Kota Takengon sangat terkenal dalam berbagai macam hal baik itu objek wisata, kuliner, pemandangan alam, bersepeda, dll. Sehingga tempat ini sering dijadikan destinasi yang sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang merasa jenuh dengan banyaknya pekerjaan karena tempat ini sangatlah direkomendasikan.

Anda akan melewati kaki Gunung Geureundong dengan jalan yang berliku dan akan membuat kepala anda sedikit pusing. Namun setelah itu, pemandangan di mata anda akan terbalaskan dengan suasana pemandangan alam yang sangat indah.

Jika anda berada di Kota Takengon, anda akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang luar biasa di kota atas awan ini. Anda dapat melihat Danau Laut Tawar yang begitu luas, dan hampir seluruh permukaannya tampak oleh mata.

Serta dikelilingi oleh bukit-bukit yang menjadikan view anda seperti berada disebuah cawan berisikan air. Bangunan-bangunan rumah disekitar danau pun tidak kalah menakjubkan untuk sekedar dipandang karena terlihat seperti sebuah dermaga yang sangat luas.

Untuk menuju tempat wisata alam Pantan Terong terbilang tidak cukup sulit. Anda tidak perlu khawatir karena jalanan menuju tempat wisata telah terpelihara dengan baik. Namun wisatawan hanya dapat mencapai puncak bukit dengan menggunakan kendaraan sendiri.

Selain itu, kondisi kendaraan yang digunakan sebaiknya benar-benar pas untuk medan yang cukup banyak terdapat tanjakan terjal dan curam. Dan jika mungkin anda mengalami kerusakan kendaraan ditengah jalan, telah banyak disediakan bengkel-bengkel kecil disepanjang rute perjalanan yang siap membantu anda.

Disepanjang jalan menuju Pantan Terong pun wisatawan akan disambut dengan udara khas puncak yang sangat sejuk dan dingin. Dalam perjalanan anda nanti tidak akan bosan karena akan di suguhkan pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan yang akan memajakan mata kita.

Sebuah perbukitan dan panorama alam yang begitu indah akan menemani perjalanan anda. Wisatawan juga bisa melihat hutan pinus, perkebunan, serta lembah yang mempesona saat menuju ke puncak. Anda bisa saja beristirahat di berbagai warung di pinggir jalan sambil menikmati segelas kopi hangat yang bisa membuat anda fresh kembali.

Biaya masuk untuk menikmati pemandangan dari atas kota Banda Aceh terbilang cukup murah dan terjangkau sehingga anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan dikeluarkan.

baca juga mengenai : 14 Tempat Wisata di Aceh Tamiang

Ketika tiba dilokasi, anda bisa dengan leluasa menikmati keindahan alam yang terpampang jelas dari puncak bukit tersebut. Pantan Terong yang terletak diketinggian 1.830 meter diatas permukaan laut membuat seluruh Kota Takengon bisa terlihat dari tempat wisata ini.

Ditempat ini telah dibangun dua buah bangunan yang berbentuk seperti balkon raksasa untuk wisatawan yang ingin lebih dekat merasakan keindahan alam. Balkon disini terbuat dari beton dan dilengkapi dengan pagar pembatas sehingga cukup aman untuk para wisatawan.

Masing-masing balkon berada ditempat yang berbeda, balkon utama berada didekat pintu masuk sedangkan untuk balkon yang kedua anda harus jalan menuruni anak tangga yang berada disebelah kiri balkon utama.

Pengunjung dapat memilih balkon mana yang akan digunakan untuk menikmati indahnya panorama Kota Takengon. Ketika berada dibalkon, anda akan disuguhkan keindahan alam. Berupa perbukitan yang nampak segar dan hijau, deretan pegunungan yang menjulang tinggi, serta Danau Laut Tawar yang tampak dari tempat ini.

Suasana dingin juga sangat terasa ketika hembusan angin mulai terkena pori-pori tubuh maka ada baiknya apabila berkunjung hendaknya mengenakan pakaian yang tertutup. Tak jarang jika pengunjung dapat melihat pesawat yang lepas landas, dan mendarat di Bandara Rembele.

Selain sebagai tempat destinasi wisata, Pantan Terong juga dapat digunakan sebagai tempat untuk bermain paralayang atau gantole.

Pemandangan yang sangat indah serta suasana yang menyatu dengan alam menjadi keunikan tersendiri bagi Pantan Terong. Namun, pengelolaan tempat wisata yang minim masih menjadi penghalang.

Bagi anda yang senang dengan spot-spot ketinggian yang menantang, maka Pantan Terong bisa menjadi alternatif pilihan.

Jika anda sedang merencanakan liburan di Aceh Tengah, maka tak ada salahnya memasukkan Pantan Terong kedalam list destinasi wisata. Terlebih jika anda merupakan  pecinta wisata alam, maka tempat ini sangat layak untuk  dikunjungi.

Disana anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah berupa perbukitan hijau, pegunungan serta Danau Laut Tawar yang telah menjadi rekomendasi wisata alam di Aceh.

Ditempat ini pula anda juga dapat menikmati sejuknya udara khas dataran tinggi yang belum tentu anda jumpai keunikannya. Ketika anda berkunjung jangan lupa untuk membawa pakaian tebal atau jaket, karena ditempat ini udaranya dingin dan terkadang sampai menusuk hingga ketulang.

Tempat ini memang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga ataupun pasangan, serta anda juga bisa menemukan ketenangan untuk menyegarkan pikiran setelah melewati hari-hari yang melelahkan. Salah satu daya tarik dari Patan Terong yaitu anda dapat melihat sunset dan sunrise.

Jika anda ingin melihat sunrise tentunya anda harus tiba dilokasi pada pagi-pagi buta. Saat yang paling dinantikan yaitu ketika matahari mulai menampakan sinarnya, kemudian dinginnya udara perlahan-lahan mulai menghilang lalu berganti kehangatan dari pancaran sinar matahari.

Serta fenomena sunset yang tak kalah indahnya untuk anda nikmati ditempat wisata ini, ketika matahari secara perlahan menghilang akan tercipta sebuah siluet indah berpadu dengan gradasi warna nan cantik. Seketika akan tercipta suasana romantis ketika anda menikmatinya bersama orang tercinta.

Leave a Comment

Scroll back to top