Asyiknya Liburan Menjelajahi Pesona Indah Wisata Gunung Sibayak, Sumatera Utara

Wisata Gunung Sibayak, Sumatera Utara

Danau Toba, Gunung Sinabung, Air Terjun Dua Warna, Pulau Samosir adalah deretan pesona alam yang sangat indah dan telah berhasil menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk singgah di Sumatera Utara. Selain beberapa nama tempat wisata populer tersebut, ternyata Sumatera Utara juga memiliki spot menarik seperti wisata Gunung Sibayak yang sangat menakjubkan dengan keindahan alamnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Keindahan yang demikian ini bisa Anda dapatkan dengan menyusuri trek pendakian yang bisa tidaklah terlalu sulit bagi pendaki pemula. Sesampainya di puncak wisata Gunung Sibayak ini, Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang sangat mengagumkan dengan pesona kota Berastagi yang lokasinya diapit oleh Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Tidak mengherankan jika kini tempat wisata tersebut menjadi referensi wisata akhir pekan di Sumatera Utara.

Disebutkan bahwa di kawah wisata Gunung Sibayak yang memiliki luas 40,000m ini terdapat sebuah batu cadas yang selalu mengeluarkan uap panas, sedangkan pada bagian yang landai di bawah kawah tersebut bisa dijadikan spot untuk berkemah. Dalam sejarahnya, tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Gunung Raja mengingat pada zaman dahulu wilayah ini dikuasi oleh 4 raja yaitu Raja Kutabuluh, Raja Sibayak Lingga, Raja Sarinembah dan Raja Suka Barusjahe.

Lokasi wisata Gunung Sibayak

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati pemandangan alam wisata Gunung Sibayak yang sangat menakjubkan ini, Anda bisa segera meluncur ke dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dengan ketinggian yang mencapai 2.094mdpl, tempat wisata yang sangat mempesona ini termasuk bagian dari Taman Hutan Raya Bukit Barisan.

Akses Wisata Gunung Sibayak

Sedangkan untuk menjangkau wisata Gunung Sibayak ini, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Medan dengan jarak sepanjang 60km. Untuk rutenya, Anda bisa menuju kota Berastagi yang kemudian dilanjutkan dengan mengambil jalan Jamin Ginting atau juga bisa Jalan Raya Sidikalang-Medan. Setibanya di Berastagi, perjalanan dilanjutkan dengan menempuh jarak 3km hingga akhirnya tiba di lokasi pendakian.

Jika Anda datang ke wisata Gunung Sibayak ini dengan menggunakan kendaraan umum, maka perjalanan yang dimulai dari Simpang Pos Medan ataupun Jalan Jamin Ginting ini bisa ditempuh dengan menaiki kendaraan Bus Borneo, Bus Sinabung Jaya, Bus Sutra atau Bus Murni. Untuk menaiki bus ini dikenakan biaya sebesar Rp 10,000. Dari kota Berastagi, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki angkot kama dan Anda bisa turun di lokasi dekat jalur pendakian.

Baca juga : Keindahan Wisata Tangkahan Langkat di Hutan Sumatera

Disebutkan bahwa setidaknya ada 3 pintu masuk yang bisa dipilih oleh wisatawan yang berkunjung ke wisata Gunung Sibayak. Salah satunya adalah dengan melewati Desa Raja Berneh  atau Semangat Gunung yang nantinya akan mengajak Anda menyusuri hutan hujan tropis dengan tebing yang curam. Selanjutnya, diikuti dengan menelusuri Jalur 54 yang dilanjutkan ke penatapan jagung rebus dan juga Jaranguda yang bisa ditempuh dengan jarak 500 meter dari Brastagi.

Harga tiket pendakian dan parkir

Untuk menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan di tempat wisata Gunung Sibayak, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 2,000 per orang. Sangat terjangkau bukan? Jadi, pastikan Anda selalu menyiapkan uang pas sebelum memulai pendakian di puncak Gunung Sibayak ini bersama rombongan. Sedangkan untuk parkir kendaraan sepeda motor dikenakan biaya Rp 15,000-Rp20,000 dan mobil Rp 20,000-Rp 30,000.

Pesona Indah Dari wisata Gunung Sibayak

Ada berbagai keindahan alam yang pastinya bisa Anda nikmati sesampainya di puncak wisata Gunung Sibayak. Disebutkan, beberapa spot berikut ini akan membuat Anda takjub dengan pesona alam yang begitu mengesankan. Berikut ini beberapa spot menarik yang telah berhasil memikat perhatian para wisatawan yang melakukan pendakian di Gunung Sibayak.

1. Menikmati panorama alam di Takal Kuda

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa di tempat wisata Gunung Sibayak ini memiliki sebuah puncak yang dikenal dengan   sebutan Takal Kuda yang secara bahasa berarti kepala kuda. Untuk mencapai puncak tersebut, Anda hanya perlu mendaki selama 3 jam. Dari ketinggian 2,094mdpl, Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan kota Berastagi sekaligus Gunung Sinabung.

2. Pesona indah kawah aktif

Keindahan akan tempat wisata Gunung Sibayak ini juga bisa Anda saksikan dengan melihat eksotisme dari kawah aktif yang memiliki luas 40,000 meter. Hampir setiap harinya, kawah tersebut menyemburkan hawa panas yang mengandung solfatara. Pemandangan yang demikian ini nampaknya menjadi daya tarik wisatawan yang mendaki gunung Sibayak.

3. Mengulik legenda suara neraka

Terdengar sangat mengerikan bukan? Namun selama di wisata Gunung Sibayak ini, Anda akan disuguhkan dengan suara gemuruh yang konon berasal dari tangisan anak yang dulu kala meninggal karena sakit. Terlepas dari anggapan itu, ilmuwan Jepang berpendapat jika suara tersebut berasal dari suara angin yang memiliki frekuensi rendah dengan kandungan elektromagnetik.

4. Menikmati segarnya pemandian Lau Sidebuk-debuk

Bagi Anda yang ingin melepas penat sembari berendam di pemandian air belerang, Anda yang berkunjung ke tempat wisata Gunung Sibayak ini bisa berkunjung ke pemandian Lau Sidebuk-debuk yang konon bisa membantu membuat badan lebih segar, terhindar dari sakit pinggang sekaligus penyakit kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan belerang yang terdapat pada aliran air tersebut.

5. Menikmati keindahan matahari terbit

Selama di Takal Kuda, Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan keindahan matahari terbit jika Anda memulai pendakian pada pukul 02.00 dini hari. Dengan menapaki jalan yang berbatu di tempat wisata Gunung Sibayak ini, Anda akan bisa mendapatkan pesona indah atas matahari pagi yang sangat mengagumkan dan wajib untuk diabadikan di perjalanan Anda kali ini.

6. Berkemah di lokasi kawah bergemuruh

Sekalipun memiliki kesan yang cukup menyeramkan, namun kegiatan di tempat wisata Gunung Sibayak yang berupa berkemah menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa pendaki sering menjadikan lokasi kawah bergemuruh sebagai spot menantang menghabiskan malam bersama sembari bersenda gurau yang tetap ada batasannya. Tentu saja yang demikian ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pandaki.

7. Melakukan upacara kemerdekaan

Bisa dikatakan sangat unik, sebab untuk kali ini, Anda akan diajak melakukan upacara kemerdekaan di lokasi wisata Gunung Sibayak. Seperti upacara pada umumnya, Anda akan mengibarkan bendera merah putih yang pastinya akan membuat nuansa upacara menjadi lebih syahdu. Jadi, cobalah untuk berkunjung pada tanggal 17 Agustus dan siapa tahu Anda akan mendapatkan pemandangan upacara yang dilakukan oleh pendaki.

Keindahan dari tempat wisata Gunung Sibayak ini tidak perlu diragukan lagi mengingat pesona alamnya yang sangat menakjubkan dari ketinggian tertentu. Untuk mendapatkan momen terbaik, Anda bisa berkunjung pada waktu dini hari demi mendapatkan pemandangan matahari terbit yang sangat menakjubkan. Dengan ragam pesona yang ditawarkannya, tidak mengherankan jika kini banyak orang yang menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata yang sangat direkomendasi.

Leave a Comment

Scroll back to top