tempat wisata di papua

38 Destinasi Wisata Di Papua Terbaru

Wisata di papua – Banyak tempat wisata yang bagus dan indah di tanah air indonesia ini, salah satunya ada di papua.

Tempat wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi disana, yuk kita cari tahu.

1. Raja Ampat

wisata Raja ampat di papua

Sebagain banyak orang sudah tahu wisata Raja Ampat namun ternyata lokasinya di papua. Salah satu tempat wisata terindah bagi turis mancanegara dan lokal. Terdapat 4 pulau besar di kawasan Raja Ampat ini yaitu Misool, Waigeo, Batanta dan Salawati.

Keindahan Raja Ampat ini disaat kamu menyelam, karena terdapat banyak spesies laut di perairan ini. Kamu bisa menyelam ditemani ribuan jenis ikan, ada juga penyu laut.

Setiap tahun banyak sekali pengunjung menyempatkan diri berwisata ke Raja Ampat, namun waktu terbaik hanya di bulan Oktober dan November karena cuacanya bagus, airnya jernih.

Jika kamu pemburu suvenir di Raja Ampat tempatny, kamu bisa berburu buah tangan seperti patung suku Asmat, alat musik dan kain tradisional disini kamu akan merasa puas membelinya.

2. Air Terjun Bihewa

air terjun bihewa di papua

Sama seperti di kota kota besar di Indonesia, di papua juga terdapat Air terjun yang tidak kalah indahnya yaitu Air Terjun Bihewa.

Air Terjun Bihewa bisa kamu datangi melalui Dandara Douw aturure hanya butuh waktu dua sampai 3 jam sampai perbatasan Nabire. Untuk mencapai area ini kamu harus kerja keras untuk berjalan kaki atau trekking dengan ketinggian 40 meter.

Perjalanan menuju kelokasi air terjun memang sangat terjal dan licin, namun suasana hati kamu akan terhibur dengan melihat pepohonan yang besar apalagi ketika sampai di air terjun kamu pasti akan langsung menceburkan diri ke air yang jernih, bersih dan dingin tentunya.

3. Air Terjun Karmon

air terjun karmon

Sebuah air terjun yang unik dimana airnya keluar dari dinding batu yang berundak – undak tidak keluar deras dari ketinggian seperti Air terjun biasanya, kamu bisa menjumpainya di air terjun Karmon.

Lokasi air terjun ini cukup jauh dari Kota biak, kamumbisa mencainya dengan berjalan kaki dengan jarak 100 meter. Waktu terbaik untuk datang kesini saat pagi hari selain udaranya sejuk cocok untuk trekking santai.

Beneran gak mau sempetin berkunjung ke air terjun Karmon? Nanti menyesal loh.

4. Bukit Jokowi

bukit jokowi di papua

Awal mula terciptanya nama Bukit Jokowi, dahulu bukit ini bernama Skyline namun dirubah pada tahun 2014 disaat Bapak Jokowi berkunjung untuk memantau pembangunan infrastruktur dikawasan ini dari tempat yang tinggi, agar rombongan Pak Jokowi bisa sampai ke bukit yang tinggi pemerintah setempat membuat akses jalan maka terciptalah nama baru sekaligus destinasi wisata baru di jayapura.

Bukit Jokowi ini cocok untuk kamu yang mau berfoto untuk di upload di instagram, facebook dan lainnya, selain untuk foto disini kamu bisa melihat perkembangan tanah papua seperti proyek jembatan Holtekamp dimana jembatan ini merupakan sebagai penghubung ke perbatasan yaitu perbatasan papua dan papua nugini.

5. Danau Sentani

danau sentani di papua

Punya hobby menyantap ikan laut? Disini kamu bisa menikmati pemandangan sekaligus kegiatan lainnya seperti memancing, berenang, berburu kuliner bahkan jika kamu ingin berkeliling pulau bisa menyewa perahu.

Terdapat rumah warga disekitar pulau ini mungkin kamu ingin menyapa mereka sekaligus melihat lihat rumah panggung yang indah dengan jaring ikan dimana mana.

Ada sebuah Festival di pulau ini yang akan membuat pulau ini dipenuhi oleh wisatawan, ini merupakan acara tahunan Festival Danau Sentani. Diselenggarakan pada pertengahan Juni festival ini mempertunjukkan seni dan budaya, terdapat juga kuliner khas papua yang bisa membuat lidah bergoyang dan perut terasa kenyang.

 6. Danau Paniai

Danau paniai di papua

Kamu ingin melihat pemandangan terindah di atas tebing, melihat burung burung beterbangan diatas ketinggian bahkan kamu bisa melihat banyak perahu nelayan merapat pulang yang terlihat sangat indah melalui danau paniai ini.

Danau Paniai merupakan danau penghasil ikan air tawar terbesar di papua, kamu bisa memanacing ikan mas, nila bahkan mujair ditemani oleh wanita suku Mee dan Moni biasa dipanggil Mama.

Ingin lebih lama di pulau ini? Kamu bisa bermalam di rumah warga, selagi kamu berada disini puas puasin melihat keindahan danau paniai, tidak perlu kesulitan mencari makanan karena disini banyak terdapat warung makan.

7. Danau Love

Danau Love di papua

Sebuah danau yang terlihat seperti hati yang diberi nama Danau Love (danau imfote), danau ini terletak tidak jauh dari Sentani Lake. 

Artikel selain Wisata Di Papua : Sejarah Tugu Nol Kilometer Sabang

Danau Love sangat cocok untuk kamu yang senang berfoto ria di tempat ini karena pemandangannya sangat indah serta terdapat padang rumput berwarna kecoklatan.

Kamu bisa melihat pemandangan yang indah di danau ini melalui atas bukit karena danau tersebut terbentuk secara alami makanya danau love terlihat menyerupai hati.

8. Danau Habema

Danau Habema

Danau Habema atau Yuginopa yang berada di wamena ibu kota kabupaten Jayawijaya patut untuk kamu kunjungi, meskipun jaraknya cukup jauh 48 km dari wamena tapi lelah kamu sudah pasti terbayar.

Ada fenomena menarik saat kamu tiba di Danau Habema kamu akan disambut oleh burung-burung eksentrik. Di danau ini terdapat banyak tanaman perdu dan diselimuti kabut yang akan membuat suasana di danau ini menjadi sangat indah apalagi disambut oleh panorama Gunung Trikora bikin betah liburan deh.

9. Danau Idenberg

Danau Idenberg di papua

Ingin mendaki namun bukan pegunungan melainkan danau? Kamu bisa pergi ke Danau Idenberg hanya membutuhkan waktu 2 jam perjalanan untuk tiba di danau. Semua lelah kamu akan hilang bila sudah sampai di danau Idenberg ini.

Dalam perjalanan ke danau Idenberg kamu akan menjumpai sedikit keunikan kamu akan melihat tebing – tebing vertikal bebatuan berwarna putih keabu abuan dan juga di danau ini airnya terkadang banyak kadang mendadak kering itu sedikit misterius ya.

10. Danau Uter

danau uter di papua

Kamu meninggalkan Papua dari Sorong? Sempatkan untuk menengok danau ‘cermin’ di Papua, Danau Uter. Ya, pada waktu-waktu tertentu, kamu bisa bercermin di permukaan danau karena airnya sangat jernih. Pada waktu-waktu lain, air di sini ‘tembus pandang’ sehingga kamu bisa melihat kehidupan di dalam danau. Cantik!

Belum banyak wisatawan mengetahui tempat ini, dan warga setempat belum mengelolanya secara resmi. Dari tempat parkir, kamu harus menyusuri jalan setapak yang disemen sekadarnya. Karena masih lumayan sepi, rasanya tidak berlebihan jika kamu menutup trip Papua-mu dengan berenang di sini. Serasa milik pribadi! 

11. Puncak Jaya

puncak jaya di papua

Bila kamu datang ke papua dengan tujuan mendaki, ada baiknya mampir ke Puncak Jaya (Gunung Carstentsz). Bagi mereka yang bisa menaklukkan puncak jaya ini pasti menjadi tantangan terbesar dan paling memuaskan.

Di Puncak Jaya terdapat Gletser es yaitu Gletser Cartensz, dilewati oleh garis khatulistiwa gletser ini merupakan gletser pertama dan satu satunya di negara tropis.

Dahulu di Puncak jaya ini menjadi pemandangan yang sangat indah karena saat mendaki kamu bisa melihat pemandangan hutan rimbun yang asri dan juga padang es, tetapi sekarang karena pemanasan global semua itu telah menghilang.

Bukan hanya cuaca ekstrem yang harus kamu tundukkan saat mendaki Pegunungan Jayawijaya. Konon, biaya mendaki gunung ini sangat mahal karena perlengkapannya tidak main-main. Belum lagi, ongkos portir dan transportasi ke sini. Para pendaki harus mengeluarkan biaya puluhan juta untuk memuaskan hasrat petualangan dan harus menempuh perjalanan selama minimal tujuh hari. Akan tetapi, hal ini tidak akan membuatmu gentar untuk menabung dan merencanakan penaklukan Gunung Carstensz, kan?

12. Gunung Botak

gunung botak papua

Papua memang surganya wisata alam. Seperti di Kabupaten Manokwari Selatan, terdapat gunung yang menempel langsung dengan laut lepas. Disebut Gunung Botak karena tidak ada pepohonan tinggi yang meliputi dataran tinggi ini. Sejauh mata memandang hanya ada rerumputan dan bebatuan, yang justru sangat menarik untuk para pengunjung.

Memandangi panorama Samudera Pasifik dari ketinggian pasti menciptakan perasaan yang susah diungkapkan dengan kata-kata. Dari Kabupaten Manokwari ke Gunung Botak, perjalanan akan ditempuh dalam kurun waktu 3,5 jam. Cukup singkat untuk sebuah keindahan yang memukau, kan?

13. Kepulauan Padaido

kepulauan padaido

Daerah pusat rehabilitasi terumbu karang berada di kepupauan Padaido yang terdiri dari dua puluh an pulau delapan diantaranya tidak berpenghuni. Aktifitas nelayan disini sekarang dibatasi begitu juga budidaya karang, bagi anda pecinta diving ini surga bagi anda karena banyak spesies koral yang bisa anda jumpai disini dan sangat terjaga.

Beberapa pulau besar bisa kamu jumpai seperti pulau Pai, Pulau Auki Pulau owi dan Pulau Pasi. Di daerah ini kamu bisa bermalam di rumah penduduk sekaligus meminta penduduk setempat memasak hasil tangkapan nelayan kakap merah, baronang, kerapu, kepiting, cakalang, tuna dan lainnya.

Ada aktifitas lumba – lumba pada pagi hari jadi pastikan kamu harus bangun di pagi hari agar tidak terlewakan menyaksikan pertunjukkan lumba lumba yang sedang  beraktifitas.

14. Kebun Raya Wamena

kebun raya wamena di papua

Kebun Raya Wamena merupakan tempat konversi alam berbagai jenis flora dan fauna, disini terdapat beberapa koleksi tanaman dan pohon. Keberadaan kebun raya wamena masih jarang pengunjung yang tahu padahal tempat ini sangat bagus untuk dikunjungi.

15. Lembah Baliem

Lembah baliem di papua

Tempat paling sejuk cocok untuk liburan kamu selama di papua sempatkan datang ke Lembah Baliem dimana pada malam hari suhu di lembah ini rata – rata sepuluh sampai lima belas derajat celcius dan juga lembah ini di kelilingi pegunungan dengan ketinggian seribu enam ratus mdpl membuat area ini terasa sejuk.

lembah baliem memiliki ketinggian sekitar seribu enam ratus meter dan suhu disana bisa mencapai 10 sampai 15 derajat celcius terjadi pada saat malam hari, suku asli disini sangat ramah untuk pakaian keseharian masih memakai rumbai (wanita) dan koteka untuk prianya.

Bagi kamu yang ingin ke lembah baliem sebaiknya datang di bulan agustus, ada sebuah festival yang menjadi pusat perhatian bagi pengunjung wisatawan maupun mancanegara, karena festival lembah baliem ini selain festival yang diselenggarakan pada setiap tahun dan diselenggarakan 3 hari, festival ini dulunya diadakan untuk menghapuskan perang antar suku oleh pemerintah setempat dijadikanlah festival ini untuk menampilkan kreatifitas seni dan budaya dengan tujuan menarik wisatawan untuk berkunjung. 

Beberapa suku asli papua seperti suku Lani, Suku Dani dan suku Yali bertempat tinggal disini, pada bulan agustus di lembah Baliem ini diadakan sebuah Festival budaya yang bertujuan untuk memperkenalkan wisata jayawijaya, dimana pada festival ini menampilkan sebuah pertunjukkan kolosal perang antar suku.

Di lembah Baliem ini kamu juga bisa melihat pertunjukkan alat musik tradisional yaitu Pikon dan Witawo, ada juga permainan anak yaitu Puradan & Sikoko, Atraksi memasak bakar batu dan ada beberapa pertunjukkan lainnya yang sangat menarik. Yakin gak mau kesini?

16. Museum Cendrawasih

museum cendrawasih

Ingin mengunjungi sebuah tempat wisata murah meriah dan mudah untuk mencarinya, kamu bisa berkunjung ke museum Cendrawasih yang terdapat di kabupaten Biak. 

Museum ini terlihat seperti rumah panggung dengan banyak tiang penyangga, ini yang membedakan dengan museum yang terdapat di kota – kota besar di Indonesia.

17. Museum Negeri Provinsi Papua 

museum negeri provinsi papua

Apabila kamu ke tempat wisata di papua dengan tujuan menambah wawasan kamu, sebaiknya berkunjunglah ke Museum Negeri Provinsi Papua, disini kamu akan menemukan beberapa benda jaman prasejarah, penjajahan dan banyak lagi.

Ada banyak koleksi benda – benda bersejarah di musim ini lebih dari 3.500 koleksi berbagai jenis, koleksi benda bersejarah yang ada di museum ini diantaranya profil manusia, fisiologi, numismatik, diorama, etnografi, peta, geologi, arkeologi, keramik, seni rupa, sejarah dan biologi.

18. Puncak Trikora

Puncak Trikora

Kamu suka mendaki? Pemandangan yang bagus bisa di dapatkan ketika mendaki di puncak Trikora yang masih berada di provinsi papua.

Puncak Trikora adalah salah satu gunung tertinggi di indonesia, kamu terkadang sulit melihat gunung ini karena sangat tinggi sehingga gunung tersebut tertutupi padang es dan gletser bersalju.

Ingin mencoba mendaki Puncak Trikora? Wisata ini sangat menarik untuk kamu coba, selain puncaknya menantang untuk ditaklukkan disana kamu bisa melihat bermacam satwa dan ekosistem tumbuhan tumbuh sangat subur.

19. Pegunungan Foja

Pegunungan Foja

Ada sebuah pegunungan di provinsi papua dimana airnya sangat jernih dan dimanfaatkan penduduk sekitar untuk kebutuhan sehari hari, air yang jernih dan bersih ini terdapat pada aliran sungai Mamberamo yaitu berada di pegunungan Foja.

Pegunungan Foja ini merupakan area pendakian terbaik dan cukup menantang bagi pengunjung di area ini kamu bisa berkemah, tidak perlu kesulitan mencari air bersih dan kamu bisa menjumpai beberapa binatang satwa yang dilindungi, di pegunungan ini kamu harus hati – hati karena sering turun hujan dan areanya licin.

20. Pasar Sentral Timika

Pasar sentral timika

Ada sebuah pasar di papua yang lengkap dengan souvenir menarik untuk dibeli dan wisata kulinernya yang sangat untuk dilewati ketika kamu berkunjung ke papua.

Mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang datanglah ke Pasar Sentral Timika meskipun tempatnya masih kumuh, becek namun pasar ini selalu ramai dikunjungi karena barang-barang yang dijual lengkap dan harga jualnya merakyat (ekonomis).

Selain mencari souvener untuk dibawa pulang, kamu juga bisa membeli bahan pangan pokok dan ikan, karena dipasar ini lebih banyak menjual kebutuhan sehari hari.

21. Pantai Bosnik

pantai bosnik wisata di papua

Sesuai namanya pantai bosnik merupakan pantai yang memperlihatkan keindahan di sekitar pantainya, terdapat hamparan pasir yang cukup luas, air pantai yang masih jernih terlihat dari warna kebiru biruan pada airnya, disekitar pantai banyak terdapat pohon kelapa sayang bila kamu tidak sempat mengambil foto bila berkunjung ke pantai bosnik ini.

Untuk menikmati indahnya pantai kamu mungkin akan merogoh kocek sekitar 20rb sampai 30rb, namun di pantai bosnik cukup dengan uang 10rb kamu sudah bisa melihat pemandangan sekitar pantai. Untuk memanfaatkan waktu berlibur kamu bisa bermain sky air, selancar, volly pantai bahkan bermain sepak bola dengan gawang kecil.

Bagi yang suka berteduh sambil memandangi keindahan laut dan pepohonan sekitar pantai, kamu bisa sewa saung (tempat untuk beristirahat) terdapat banyak kuliner yang bisa memanjakan lidah dan perut kamu.

22. Pantai Amai

pantai amai – tempat wisata di papua

Pantai yang tenang dengan ombak yang bersahabat yaitu pantai Amai, diujung pantai ini terdapat muara sungai tempat bertemunya air asin dan air tawar menjadi satu. Apabila selesai berenang di pantai biasanya wisatawan membilas dengan air tawar tersebut.

Aktifitas yang bisa kamu lakukan selain berenang di pantai Amai biasanya kamu bisa melakukan snorkeling, menyelam, volly ball atau cukup bersantai di Gazebo atau saung, terdapat juga penginapan bergaya rumah panggung.

23. Pantai Tablanusu

pantai tablanusu

Desa kecil dekat pesisir pantai dimana terdapat sebuah pantai yang sangat indah dan alami, pantai ini bernama pantai Tablanusu.

Pantai Tablanusu memiliki keindahan pada pesisir pantainya, terdapat batu kerikil berukuran kecil – kecil, terlihat pasir yang sangat luas dari jangkauan mata, meskipun keberadaannya sangat terpencil dan sederhana.

Kamu bisa merasakan keasrian dari Pantai Tablanusu ini melalui kesejukkan udara disekitar pantai, air laut yang jernih berwarna biru disertai banyaknya pepohonan kelapa dipesisir pantai akan membuat pemandangan terlihat begitu indah.

24. Pantai Batu Pica

pantai batu picah

Batu karang yang unik dan tumbuh di bibir pantai yaitu Batu Pica Beach terdapat di provinsi Biak yang merupakan salah satu provinsi di papua dimana itu merupakan surga wisata alam yang sangat luar biasa.

Bila kamu ingin melihat fenomena menarik seperti adanya ombak besar ketika menghantam karang terdengar bunyi gemuruh yang besar, terdapat juga batu karang (patu gamping) yang menyerupai potongan meja kayu terlihat berbeda, unik dan menarik.

25. Pantai Pasir Putih

pantai pasir putih

Ingin melihat pantai dengan 3 warna berbeda? Kamu bisa mampur ke kota manokwari disana terdapat pasir putih dengan pantai dan air lautnya memiliki 3 warna.

Warna Putih, warna pertama yang bisa kamu lihat di pantai ini. Tempat ini cocok untuk bersantai, snorkling, diving karena airnya jern8h dipandang mata.

Baca Juga : Wisata Aceh Tamiang

Warna biru kehijauan, bila kamu ingin melihat warna lain di pantai ini kamu bisa menjauh dari area pantai warna air lautnya seperti crystal biru kehijauan atau permata.

Warna ketiga yaitu biru tua, kamu akan menemukannya ketika kamu sedikit lebih jauh dari pantai, pemandangan yang bisa memanjakan mata dan bisa bikin kamu males pulang.

26. Pantai Gedo

pantai gedo : wisata di papua

Meskipun sepi Pantai Gedo merupakan salah satu pantai yang sangat indah, pantai ini berada di desa Nabire. Desa yang berada di pesisir pantai, pantai gedo memiliki air laut dengan warna biru kehijauan layak untuk kamu kunjungi.

Bagi kamu yang membawa keluarga kecil bahagia di pantai ini terdapat taman bermain anak dan rekreasi keluarga, tempat makan dan pemandian yang bisa kamu manfaatkan selama berkunjung ke pantai ini.

27. Pantai Dok II

pantai dok ll

Bila kamu ke papua ada sebuah destinasi yang berada di depan gedung Gubernur provinsi papua namanya Pantai Dok II.

Pantai Dok II atau Pantai Kupang (kursi panjang) disebut seperti ini karena pinggiran pantai Dok II yang sudah disemen dan dibuat seperti kursi tangga menjorok kebawah sehingga wisatawan bisa duduk dan menikmati pemandangan disekitar.

Ingin melihat matahari terbenam? Disini tempatnya yang pas, di pantai Dok II ini setiap sore banyak pengunjung berkumpul sekedar menikmati indahnya alam atau ada juga yang memanfaatkan waktu untuk berselancar, snorkling ataupun berenang.

28. Pantai Base G

pantai dok G

Ada sebuah pantai yang menghadap langsung ke samudera hindia yaitu pantai Base G lokasinya masih di daerah Papua, pantai ini bagai magnet yang menarik para pengunjung untuk datang ke pantai tersebut.

Pengunjung yang datang ke pantai Base G ini akan betah berlama lama karena banyaknya pepohonan disekitar pantai, terdapat penyewaan perahu bagi kamu yang ingin berkeliling di lautan sekitar pantai.

Waktu yang cocok untuk berkunjung ke pulau Base G ini, ada baiknya kamu datang di siang hari hingga menjelang sore hari (waktu matahari terbenam), kamu bisa melihat keindahan pantai dan pemandangan sekitar saat sore hari dengan duduk – duduk di bangku dan meja dipinggiran pantai.

29. Pantai Samber 

pantai samber di papua

Pantai samber terletak di bagian Barat kepulauan Biak, disebelah timurnya ada Pantai Bosnik keduanya dikelilingi pantai yang indah dengan banyak spesies terumbu karang. 

Jarak dari pantai samber ke pantai Bosnik hanya 45 km jadi kamu bisa mengunjungi sekaligus 2 pantai dalam 1 perjalanan, selama perjalanan akan banyak dijumpai pantai-pantai lainnya yang tak kalah indah.

30. Pulau Rumberpon

pulau rumberpon

Untuk menuju ke pulau Rumberpon kamu bisa menggunakan kapal dari Monokwari karena pulau ini berada di Teluk Wondama, keindahan yang diperlihatkan oleh pulau ini tidak lain adalah lautnya kamu bisa mencoba memancing, berenang, menyelam, bisa juga melihat burung dan rusa secara langsung yang ada di padang alang-alang dan hutan bakau yang terdapat di pesisir pulau.

31. Pulau Mansinam

pantau mansinam di papua

Buat kamu yang ingin berlibur sekaligus berwisata religi di pulau Mansiman aja, di pulau ini setiap bulan Februari akan ada perayaan untuk memperingati datangnya agama Kristen protestan di tanah papua, perayaan ini meruapakan salah satu daya tarik wisatawan dan juga ada patung Yesus Kristus berukuran besar.

32. Taman Nasional Cenderawasih

taman nasional cendrawasih

Salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke papua, kamu perlu datang ke taman nasional teluk cenderawasih. Sekilas jika kamu baca taman nasional terbesit dipikiran bahwa ini tempat wisata yang dipenuhi rerumputan dan pepohonan, namun nyatanya teluk cenderawasih ini merupakan perairan dan banyak hidup binatang laut seperti lumba-lumba, penyu, kura-kura dan hiu. 

Selain perairannya yang sangat luas Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini merupakan kawasan konservasi laut terluas dan terbesar di Indonesia loh.

Apabila kamu berkunjung kesini, kamu juga bisa melihat-lihat pulau lainnya dalam satu kawasan ini seperti pulau mioswaar, pulau yoop, pulau numfor dan pulau Nusrowi.

Perlu kamu ketahui bahwa pulau Mioswaar ini memiliki gua dengan sumber air panas yang mengandung belerang.

So, kamu harus sempetin ya berendam air panas di pulau Mioswaar yang berada di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

33. Taman Wisata Alam Sorong

taman wisata alam sorong

Taman Wisata Alam Sorong merupakan hutan lindung dan ekosistem yang sesuai untuk dikunjungi pecinta alam, taman ini juga merupakan pintu gerbang menuju ke sebuah kawasan dipulau yang terdapat di Raja Ampat.

Banyak spesies hewan dan tumbuhan di taman ini, ada juga penangkaran buaya bila kamu ingin melihatnya. Bagi pecinta alam kamu bisa bercamping sekaligus melakukan kegiatan outbound disini.

34. Taman Nasional Lorentz

taman nasional lorentz

Banyak Taman Nasional di papua ini dimana hewan dan tumbuhan jenisnya masih langka, salah satu Taman yang ada di papua adalah Taman Nasional Lorentz.

Taman Nasional Lorentz menjadi satu satunya taman konvervasi alam, terdapat banyak hutan seperti hutan lumut, hutan hujan, hutan rawa dan hutan kerangas.

Karena letaknya yang tinggi mendekati pegunungan jayawijaya maka tidak heran taman ini memiliki barisan gletser es dan padang es.

35. Taman Nasional Wasur

taman nasional wasur

Salah satu daerah di papua yang yaitu tepatnya berada di merauke terdapat Taman Nasional Wasur, di taman ini banyak terdapat hewan dan tumbuhan yang langka seperti burung-burung yang secara tidak langsung bermigrasi dari australia ke papua.

Kamu bisa melihat fenomena langka di Taman Nasional Wasur ini, ada sebuah keunikan berupa rumah rayap dari kotoran yang sering disebut musamus oleh masyarakat setempat dan ada sebuah lumpur yang terbentuk secara alami yang katanya lumpur tersebut dibangun oleh sekumpulan rayap, tingginya bisa mencapai 5 meter.

36. Taman Gizi Nabire

taman gizi nabire

Sebuah taman yang indah dan banyak dikunjungi yaitu Taman Gizi yang terletak di kabupaten Nabire, taman ini berada di tengah kota dekat dengan pantai kamu bisa melihat laut dari kejauhan.

Ada sebuah event yang bisa dijumpai di Taman Gizi ini bila kamu beruntung kamu bisa melihat kegiatan kesenian, budaya khas papua serta ajang kuliner makanan khas papua.

37. Teluk Triton

teluk triton di papua

Masih di papua terdapat keindahan alam yang katanya bisa bersaing dengan Raja Ampat tepatnya berada di kabupaten Kaimana yaitu Teluk Triton.

Teluk Triton memiliki keindahan alam yang sangat mempesona seperti pulau karang yang tumbuh dan subur dengan pohon – pohon rimbun, terdapat gugusan karang menjulang tinggi, air laut yang berwarna hijau kebiruan yang membuat tempat tersebut terlihat makin mempesona serta adanya perairan yang dangkal cocok untuk kegiatan driving dan snorkeling.

38. Teluk Youtefa

Teluk Youtefa

Salah satu destinasi wisata di papua yang luar biasa indahnya yaitu Teluk Youtefa, pantai dengan pemandangan menabjubkan dan kamu akan menjumpai sarang penyu disekitar pasir putih yang terasa halus.

Teluk Youtefa merupakan tempat yang cocok untuk mengabadikan momen liburan anda dengan berfoto, di pantai ini kamu akan menjumpai sebuah lapangan pasir dan sering muncul dan tenggelam karena faktor pasang surut air laut.

Keberadaan Teluk ini terdapat di dalam teluk Yos Sudarso, pantai ini terapit oleh 2 tanjung yaitu tanjung Saweri dan Tanjung Pie.

Penutup

Itulah tempat wisata di papua yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke daerah sana, semoga artikel tentang wisata di papua ini bisa bermanfaat bagi pembaca blog ini.

Leave a Comment