Wisata Air Terjun Mursala Island di Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah provinsi yang kaya akan wisata alam yang menakjubkan. Jadi tak ada salahnya jika anda menjadikan daerah ini sebagai tujuan wisata anda selanjutnya.

Untuk membuat liburan anda di provinsi ini semakin tak terlupakan, anda harus mengunjungi semua objek wisata ikonik provinsi ini. Salah satunya adalah Air Terjun Mursala Island.

Air terjun ini termasuk kedalam Daftar Wisata Air Terjun Sumatera Utara Terbaik loh.

Daya Tarik Air Terjun Mursala Island

Air Terjun Mursala Island adalah objek wisata unik dan sangat menarik. Tempat ini sebenarnya belum banyak dijamah oleh tangan-tangan wisatawan. Meski belum begitu populer, namun potensi wisata dari air terjun ini sangat besar. Pulau ini juga pernah menjadi lokasi syuting film. Oleh karenanya, saat anda berlibur ke Sumatera Utara, sebaiknya anda menyempatkan diri untuk datang kemari.

Daya tarik utama dari wisata air terjun ini adalah aliran jeramnya yang mengalir ke laut. Jika biasanya air terjun mengucur turun ke sebuah kolam penampungan air tawar atau sungai, tidak demikian dengan air terjun di Pulau Mursala. Di Indonesia, hanya ada beberapa air terjun yang mengucur ke laut. Jadi, anda tidak boleh melewatkan wisata alam unik ini saat berada di provinsi ini.

Tinggi Air Terjun Pulau Mursala tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya sekitar 35 meter. Tebing granitnya tidak tegak lurus namun cenderung landai. Warna tebing ini cokelat kemerahan dengan bagian atas sempit dan melebar di bagian bawah. Di kanan dan kiri air terjun ini tumbuh pepohonan lebat yang menambah keindahan wisata air terjun ini.

Sumber air di air terjun ini berasal dari sungai di puncak Pulau Mursala. Meski bukan berasal dari sungai besar, debit air di air terjun ini tidak pernah kering. Pada musim kemarau, debit airnya agak berkurang sedikit namun tetap ada. Jeram Air Terjun Mursala memiliki arus yang cukup deras. Sehingga, perlu energi ekstra untuk melawan arus jeram dan gelombang laut saat berenang di bawah air terjun tersebut. Air ini terasa dingin namun menyegarkan.

Pulau Mursala tempat air terjun ini berada adalah sebuah pulau kecil dengan jumlah penduduk yang sangat sedikit. Jadi, tak heran jika pengelolaan wisata air terjun ini belum maksimal. Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk menemukan penginapan atau restauran di pulau ini.

Ada beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di tempat wisata ini. Selain berenang menikmati pertemuan air laut dan air tawar di bawah Air terjun Mursala, anda juga dapat melakukan snorkeling. Ada ikan-ikan dan terumbu karang yang dapat anda amati saat melakukan snorkeling di bawah air terjun ini. Selain itu, anda tentu harus berfoto di depan air terjun tersebut.

Lokasi Air Terjun Mursala dan Cara Mengaksesnya

Air Terjun Mursala terletak di Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Lokasi tersebut cukup jauh dari Medan. Meski demikian, perjalanan ini sepadan dengan pengalaman wisata yang akan anda dapatkan di Air Terjun Mursala Island.

Untuk mencapai tempat wisata ini, pertama-tama anda harus tiba di Sibolga terlebih dahulu. Dari Medan, anda dapat pergi ke Sibolga melalui perjalanan udara maupun darat. Namun, perjalanan darat sangat memakan waktu karena dibutuhkan sekitar 10 jam perjalanan untuk tiba di kota ini. Jika menggunakan perjalanan udara dari Medan atau kota tempat tinggal anda, anda akan turun di Bandara Pinangsori, Sibolga.

Dari Sibolga, anda harus pergi ke Pantai Kalangan atau Pantai Pandan. Dari sini, anda dapat menuju ke Air Terjun Mursala dengan menyewa speed boat. Kapal ini dapat menampung 20 orang. Harga sewa speed boat ini cukup mahal. Namun, jika anda membayarnya dengan cara patungan dengan teman-teman anda, biayanya akan terasa lebih murah. Perjalanan dengan speed boat ini membutuhkan waktu sekitar dua jam jika cuaca mendukung.

Legenda dan Kepercayaan Warga Sekitar tentang Air Terjun Mursala

Ada beberapa legenda dan kepercayaan yang kental menyelimuti Air Terjun Pulau Mursala. Meski demikian, kebenaran dari legenda dan kepercayaan tersebut tidak diketahui kebenarannya. Berikut beberapa diantaranya.

1. Dipercaya sebagai pulau angker oleh masyarakat Sibolga

Masyarakat Sibolga meyakini bahwa Pulau Mursala beserta air terjunnya adalah sebuah tempat yang angker. Jadi, tak heran jika tidak banyak orang Sibolga yang berkunjung ke air terjun ini. Tidak diketahui pasti apa akar ketakutan mereka untuk mengunjungi pulau ini.

2. Legenda Putri Runduk

Air Terjun Pulau Mursala juga dikaitkan dengan legenda Putri Runduk oleh masyarakat setempat. Putri Runduk adalah seorang permaisuri yang sangat cantik dari Kerajaan Barus Raya yang berlokasi di Sumatera Utara. Pada suatu hari, kerajaanya porak poranda karena diserang oleh Raja Sanjaya. Ia  kemudian bersembunyi di Pulau Mursala karena akan dipaksa menikahi raja Mataram tersebut

Saat berada di pulau ini, ia menjadikan Air Terjun Mursala sebagai tempat bermainnya. Di pulau ini, ia ditemukan oleh Raja Janggi yang berasal dari Sudan. Raja ini telah merebut kerajaan sang putri dari Sanjaya. Ia juga memiliki niat yang sama yaitu ingin menikahi Putri Runduk. Setelah menemukan sang putri di pulau ini, Raja Janggi memaksanya untuk menikahinya. Akan tetapi, Putri Runduk tidak mau dan memilih untuk melarikan diri dengan cara meloncat ke laut. Jasad putri cantik ini tidak pernah ditemukan.

3. Air Terjun Mursala mendapatkan airnya dari Danau Toba

Masyarakat setempat percaya bahwa Air Terjun Mursala mendapatkan airnya dari Danau Toba. Jika air danau ini surut, maka air terjun ini juga akan surut. Entah bagaimana keyakinan ini dapat muncul. Mitos ini agak sulit diterima oleh akal.

4. Asal mula nama Mursala

Pulau Mursala dikenal dengan beberapa nama. Beberapa orang mengenalnya dengan nama Mansalaar Island. Beberapa orang lainnya mengenalnya dengan nama Mursala. Menurut cerita, nama ini diambil dari kata Mur dan Salat.

Kata orang, saudagar dari bangsa Mur akan selalu berhenti di pulau ini untuk melakukan salat atau sujud syukur di Air Terjun Pulau Mursala. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan ke Barus. Oleh karenanya, pulau ini dinamai Mursala atau tempat saudagar Mur melaksanakan salat.

Pesona di Sekitar Air Terjun Pulau Mursala

Saat anda berlibur di Air terjun Pulau Mursala, tidak ada salahnya jika anda juga mengunjungi beberapa pulau dan tempat-tempat menarik di sekitar air terjun ini. Tempat-tempat tersebut menawarkan beragam aktivitas liburan yang menyenangkan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Snorkeling dan diving di Pulau Jambe dan Teluk Labuah Hunik

Kedua tempat ini adalah spot-spot diving yang sudah terkenal. Di Pulau Jambe dan Teluk Labuah Hunik, anda dapat mengamati kehidupan laut dengan lebih dekat, melihat ikan-ikan yang berwarna-warni dalam berbagai ukuran. Perairan di kedua tempat tersebut jernih dan tergolong dangkal, sehingga diving serta snorkeling dapat dilakukan dengan mudah.

2. Menikmati indahnya pemandangan pertemuan dua pulau

Pulau Kalimatung Na Menek dan Pulau Silabu-Labu Na Godang adalah dua pulau yang disatukan oleh sebuah laguna. Laguna ini dihiasi dengan pasir putih dan memiliki pemandangan yang sangat cantik. Pemandangan tak biasa ini pasti akan membuat liburan anda di Air Terjun Pulau Mursala semakin tak terlupakan.

3. Melihat uniknya Batu Garuda

Batu Garuda ini adalah sebuah batu yang berbentuk seperti burung. Bentuk burung ini bukanlah buatan manusia melainkan terbentuk secara alami.

4. Berpiknik di Pulau Putri

Jika Air Terjun Pulau Mursala minim fasilitas, tidak demikian dengan Pulau Putri. Pulau yang terletak tidak jauh dari Pulau Mursala ini memiliki fasilitas menginap sederhana dan gazebo untuk berteduh. Jadi tak heran jika wisatawan yang berkunjung di sekitar perairan ini biasanya hanya menghabiskan waktu sebentar untuk berfoto di depan Air Terjun Mursala lalu melanjutkan perjalanan ke Pulau Putri.

Pantai di pulau ini terlihat sangat menawan. Air lautnya jernih dan berwarna biru kehijauan. Sesuatu yang tak biasa ditemukan di pantai-pantai Sumatera Utara di sisi barat. Pantai di pulau ini adalah tempat yang tepat untuk berpiknik sambil menikmati makanan bersama teman dan keluarga.

Tips Berlibur ke Air Terjun Mursala

Berlibur ke Air Terjun Mursala membutuhkan persiapan khusus. Jika anda tidak mempersiapkan semuanya dengan teliti, liburan anda ke tempat wisata ini pasti akan mengecewakan. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda ikuti sebelum berangkat ke Air Terjun Pulau Mursala.

1. Persiapkan uang yang cukup

Tarif biaya sewa speedboat untuk sehari cukup mahal. Jadi, anda harus membawa uang yang cukup untuk membayarnya. Meski demikian, anda tidak perlu membayar tiket masuk ke Air Terjun Mursala dan tidak perlu belanja suvenir di sini.

2. Mulai perjalanan pada pagi hari

Sebaiknya anda berangkat dari Pantai Pandan atau Pantai Kalangan pada pagi hari. Dengan demikian, anda dapat kembali ke pantai tersebut pada sore hari dan tidak perlu menginap. Anda akan kesulitan menemukan penginapan di Pulau Mursala dan penginapan di Pulau Putri juga sangat sederhana, bahkan pengelolaannya perlu diperbaiki. Jika anda ingin menginap, sebaiknya anda membawa tenda dan peralatan berkemah dari rumah.

3. Bawa bekal yang cukup

Menemukan resatauran di Air Terjun Pulau Mursala juga merupakan hal yang sulit. Oleh sebab itu, anda harus membawa bekal makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup. Jika anda kehabisan bekal minuman, anda dapat membeli air kelapa muda di Pulau Putri.

4. Bawa baju ganti yang cukup

Karena anda akan sering bermain air, anda harus membawa bekal yang cukup ketika berwisata di Air Terjun Mursala dan area di sekitarnya. Anda juga mungkin membutuhkan alat snorkeling jika ingin melakukan aktivitas ini di Pulau Mursala.

5. Jaga sopan santun dan tutur kata

Mengingat bahwa masyarakat Sibolga menganggap air terjun ini angker dan mengingat  banyaknya mitos yang menyelimutinya, sebaiknya anda menjaga sopan santun dan tutur kata ketika berada di sini.

Berwisata ke Air Terjun Mursala Island adalah sesuatu yang tak boleh dilewatkan saat anda berada di Sumatera Utara, terutama saat berada di Sibolga. Pemandangannya yang unik pasti akan membuat liburan anda semakin berkesan.

Terlepas dari kepercayaan yang agak tak masuk akal dan legenda yang erat dihubungkan dengannya, anda tetap harus menghormati keyakinan masyarakat setempat. Selamat berlibur.

Leave a Comment

Scroll back to top