Spot Wisata Menarik di Lembah Harau Payakumbuh

Spot Wisata Menarik di Lembah Harau Payakumbuh

Seperti namanya lembah Harau Payakumbuh, adalah sebuah lembah subur yang ada di kecamatan Harau, kab Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Tepatnya sekitar 138 km dari Padang dan 47 km dari kawasan Bukittinggi. Di lembah ini, Anda akan disuguhkan oleh banyak sekali pemandangan alam atau spot wisata menarik yang dapat dikunjungi, antara lain ;

Objek wisata alam

Lembah Harau sendiri adalah salah satu spot wisata alam Sumatra Barat yang cukup terkenal. Diapit oleh 2 bukit cadas nan terjal, dengan ketinggian sekitar 150 m, dan juga terdapat batuan pasir yang berwarna-warni. Lembah Harau ini, didaulat menjadi lokasi cagar alam dengan luas sekitar 669 ha, tanahnya yang subur membuat lokasi di sekitar lembah jadi tempat yang pas untuk area persawahan, lengkap dengan pepohonan serta sungai yang mengalir jernih.

Air terjun

Selain memiliki panorama yang indah, lembah Harau Payakumbuh juga mempunyai beberapa air terjun menarik yang dapat dikunjungi. Air terjun dalam bahasa setempat disebut dengan Sarasah, dan Sarasah yang akan Anda temukan di tempat ini antara lain Sarasah Aie Luluih, Sarasah Bunta, Sarasah Murai dan juga Sarasah Aka Barayun. Masing-masing air terjun / Sarasah mempunyai keunikan yang berbeda-beda.

Resort

Tidak lengkap rasanya jika sebuah objek wisata, tidak dilengkapi dengan resort. Lokasi wisata yang satu ini juga mempunyai beberapa resort menarik plus pemandangan yang juga menarik. Resort yang dimaksud antara lain Resort Sarasah Bunta, Resort Aka Barayu, dan resort Rimbo Piobang.

Kampung Sarosah

Ini adalah salah satu wahana baru yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Pihak pengelola membuat berbagai macam wahana menarik yang tentunya memperlihatkan keindahan alam yang ada di kawasan tersebut. Adapun aneka wahana yang ada di Kampung Sarosah atau Harau Dream Park ini, antara lain sampan kecil untuk berkeliling lokasi, Zip Line bike /sepeda terbang, dan beberapa wahana menarik lainnya. yang unik adalah di kawasan wisata tersebut, terdapat spot wisata yang desainnya seperti Eropa dan juga Korea Selatan. Bahkan untuk bergaya ala Kowboy atau ala wanita Korea tidak sulit, karena tempat ini menyedaikan pakaian tersebut.

Aktivitas

Karena keindahan alam yang ada, membuat ada beberapa kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di tempat ini, terutama Anda yang senang dengan petualangan yang memicu adrenalin. Aktivitas yang dimaksud antara lain mendaki dan panjat tebing. Untuk melakukan aktivitas tersebut Anda dapat meminta bantuan dari pihak warga lokal, atau pengelola resort. Untuk mengunjungi lembah Harau Payakumbuh ini tidak sulit, karena lokasinya cukup mudah dijangka. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan mobil sewaan.

Leave a Comment