Review Lengkap Danau Toba dan Pulau Samosir

Review Lengkap Danau Toba dan Pulau Samosir

TemenTravel.id – Siapa sih yang tidak kenal dengan Danau Toba dan Pulau Samosir? Semua masyarakat Indonesia pasti pernah mendengarnya. Namun, mungkin tidak semua pernah mengunjunginya. Jika anda memiliki kesempatan untuk berlibur ke Medan, anda harus menyempatkan diri untuk berlibur ke danau ini. Sebelum pergi ke sana, sebaiknya anda menyimak review Danau Toba dan Pulau Samosir berikut ini.

Review Danau Toba dan Pulau Samosir serta Sejarah Terbentuknya

Danau Toba dan Pulau Samosir adalah objek wisata ikonik dari provinsi Sumatera Utara. Tempat ini sangat terkenal sehingga tak heran jika banyak sekali wisatawan yang pernah berkunjung kemari. Beberapa dari mereka bahkan dengan senang hati membagikan review Danau Toba dan Pulau Samosir di media sosial atau blog mereka. Kebanyakan dari review tersebut bernada positif. Jadi, anda pasti juga akan mendapatkan pengalaman positif dan menyenangkan saat berkunjung ke objek wisata ini.

Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik dan merupakan yang terbesar di dunia. Danau ini memiliki ukuran lebar 30 km dan panjang 100 km. Kedalaman perairan ini adalah 1600 m. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau, yaitu Pulau Samosir. Pulau vulkanik ini luasnya sekitar 630 km2.

Danau Toba terbentuk dari letusan gunung vulkanik super besar yang sangat kuat. Letusan ini terjadi sekitar tujuh puluh ribu tahun yang lalu. Siapa sangka bahwa bencana mengerikan dan super masive ini akhirnya memunculkan keindahan alam di sekitarnya. 

Danau ini sungguh memukau dengan airnya yang berkilauan dan pulau di tengahnya. Area di sekitarnya nampak hijau dan segar dengan pepohonan rindang. Jadi, tak heran jika banyak wisatawan dalam negeri maupun manca negara yang berkunjung ke danau yang berada di ketinggian 900 mdpl ini.

Lokasi Danau Toba dan Pulau Samosir serta Cara Mengaksesnya

Danau Toba dan Pulau Samosir berada di Parapat, Kecamatan, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Danau yang ukurannya lebih besar dari Singapura ini berjarak sekitar empat jam perjalanan dari Medan jika melewati jalan tol baru. Perjalanan ini mungkin akan berlangsung lebih lama pada musim liburan.

Anda juga dapat mengambil rute melewati Berastagi, Sidikalang, dan Tele menuju Pangururan. Rute ini menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Jika dari bandara baru, Bandara Internasional Silangit, anda hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk mencapai sisi timur danau ini.

Menurut review Danau Toba dan Pulau Samosir yang beredar, untuk mencapai Pulau Samosir, anda harus menaiki kapal ferry. Anda dapat menaikinya dari beberapa spot. Kapal dari Parapat dengan tujuan Tuk-Tuk, Pulau Samosir, beroperasi setiap jam. Anda harus pergi ke pelabuhan Tiga Raja untuk menaikinya. Dari pelabuhan ini, anda juga dapat menaiki kapal bertujuan Tomok, Samosir. Selain dari Parapat, anda juga dapat menaiki kapal dari Balige atau Ajibata untuk menuju beberapa daerah di Pulau Samosir.

Daya Tarik Danau Toba dan Pulau Samosir

Pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik utama dari wisata Danau Toba dan Pulau Samosir. Tempat ini adalah tempat yang paling tepat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Setelah anda melepas lelah, anda dapat mengeksplorasi danau dan pulau ini. 

Di sini, anda juga akan menemukan beberapa wisata sejarah dan budaya. Sehingga, liburan anda di Toba Smaosir akan semakin berwarna. Untuk mengisi waktu liburan anda, ada beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di Danau Toba dan Pulau Samosir serta wilayah di sekitarnya.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Danau Toba dan Pulau Samosir

Mnenurut review Danau Toba dan Pulau Samosir yang ada, beberapa hal berikut ini dapat anda lakukan di objek wisata ini.

1. Berendam di Aek Rangat Pangururan, Pulau Samosir

Aek Rangat Pangururan atau Pemandian Air Panas Rianiate adalah tujuan wisata yang paling cocok bagi anda yang sedang merasa penat dan lelah dengan aktivitas sehari-hari. Air hangat di kolam pemandian ini akan melemaskan otot-otot anda yang kaku dan membuat anda merasa rileks. 

Pemandian ini berlokasi di Desa Rianiate, Pangururan, Samosir. Letaknya tidak jauh dari Gunung Pusuk Buhit. Untuk mencapai objek wisata ini, anda tepaksa melewati medan yang agak sulit. Meski demikian, pemandangan indah disuguhkan di sepanjang perjalanan ini. 

Kolam-kolam air hangat di sini memiliki air yang berwarna putih keabu-abuan. Ukuran kolamnya cukup besar dan jumlahnya ada beberapa sehingga anda dapat berendam dengan nyaman. Objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang baik, contohnya area mandi dan ruang ganti baju. Setelah berendam, anda dapat menikmati makanan khas pulau ini.

2. Mendaki Pusuk Buhit

Saat anda berada di sekitar Aek Rangat Pangururan, sebaiknya anda sekalian singgah ke Pusuk Buhit. Bagi anda yang menyukai wisata alam pegunungan, Pusuk Buhit menjadi tempat wisata yang harus anda kunjungi selama berada di Pulau Samosir. Pendakian di gunung ini akan membuat liburan anda ke Danau Toba dan Pulau Samosir semakin tak terlupakan.

Setalah pendakian yang berlangsung selama sekitar empat jam, anda akan sampai ke Puncak Pusuk Buhit. Dari puncak ini, anda dapat menikmati pemandangan Danau Toba yang sangat spektakular. Pemandangan ini nampak semakin spektakuler jika anda sampai di puncak ini pada malam hari. Pada saat itu, Pangururan terlihat penuh dengan kerlap kerlip lampu yang indah.

Selama pendakian, anda juga akan disuguhi pemandangan indah. Selain itu, anda juga akan melihat bukti kepercayaan suku Batak Kuno. Jika anda tidak kuat mendaki, menginap di rumah adat Batak di area wisata ini dapat menjadi alternatif.

3. Berkunjung ke Museum Batak

Berkunjung ke Museum Batak dapat memperkaya wawasan anda tentang suku Batak Toba. Museum ini terletak di Tomok, Samosir. Gedung museum ini bentuknya unik karena dahulu merupakan sebuah rumah tradisional milik seorang raja Batak kuno. Kini, bangunan ini telah mengalami pemugaran dan dijadikan objek wisata.

Di dalam museum ini, anda dapat melihat berbagai peninggalan budaya suku Batak. Peninggalan-peninggalan budaya tersebut menarik untuk diamati. Selain itu, di sini anda juga dapat menikmati pertunjukan tari tradisional. Pertunjukan ini biasanya digelar pada pukul 10.30. 

4. Berkunjung ke reruntuhan desa Batak kuno

Salah satu keunikan wisata Danau Toba dan Pulau Samosir adalah peninggalan suku Batak kuno (artikel tentang suku Batak Kuno) . Di Pulau Samosir terdapat reruntuhan dari sebuah desa Batak kuno. Desa ini terletak di kota kecil bernama Tomok. Letak kota ini sekitar 5 km dari Tuk Tuk.

Di kota ini, anda akan melihat peninggalan sejarah suku Batak kuno. Salah satunya adalah makam raja-raja Sidabutar. Makam ini terletak di sebuah area yang agak lebih tinggi dari pada jalan utama. Untuk mencapainya, anda harus berjalan melewati gang kecil yang dipenuhi dengan deretan toko suvenir.

Di sini, anda juga akan disuguhi kisah-kisah tentang Raja Sidabutar semasa hidupnya. Setelah cerita ini selesai, anda akan disuguhi tarian tradisional. Dalam tarian ini, anda dapat menari bersama boneka yang disebut Sigale-gale. Tarian tersebut diciptakan untuk mengobati kerinduan raja pada anak lelakinya yang telah tiada. Sehingga, boneka ini diciptakan seperti seorang anak lelaki.

5. Mengunjungi situs batu parsidangan 

Peninggalan Batak kuno lain yang harus anda kunjungi adalah situs batu parsidangan. Situs ini berupa batu-batu yang digunakan sebagai kursi. Kursi batu ini ditata melingkar dengan rapi dan berfungsi sebagai pengadilan. Dalam pengadilan ini juga terdapat sebuah tempat yang konon katanya digunakan untuk melakukan hukuman mati. 

Situs batu parsidangan tersebut terletak di kota Ambarita, Samosir. Situs tersebut berada di sebuah kampung kuno kanibal, Huta Siallagan. Beberapa orang pasti tidak menyangka bahwa ada suku kanibal di Pulau Samosir. Bukti kanibalisme pada suku ini katanya dapat dilihat dari bermacam-macam situs batu di daerah ini.

6. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Binangalom adalah satu-satunya air terjun yang kucuran airnya mengalir ke Danau Toba. Air terjun ini menawarkan keindahan yang tak biasa. Oleh sebab itu, anda harus mengunjunginya.

Lokasi air terjun ini berada di Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Tobasa. Untuk mengaksesnya, anda dapat menaiki kapal penumpang dari Parapat, Ajibata, atau Balige. Dari Parapat dan Ajibata, perjalanan ini memakan waktu sekitar satu jam. Dari Balige, perjalanan ini memakan waktu sekitar satu setengah jam.

7. Memancing

Jika anda suka memancing, anda harus mencoba untuk memancing di Danau Toba. Danau ini dipenuhi oleh ikan kecil maupun besar. Ada beberapa spot memancing yang bagus di wilayah ini. Beberapa diantaranya adalah area-area di dekat dinding pantai serta dermaga penginapan. Ada banyak ikan yang berenang di area-area tersebut.

Jika anda memancing pada malam hari, anda akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan ikan. Untuk memperbesar kesempatan ini, anda hanya membutuhkan lampu senter. Ikan-ikan di Danau Toba biasanya akan berenang mendekati cahaya. Jadi, arahkan lampu senter anda ke air dan pasti ikan akan memakan umpan anda. Nelayan Danau Toba sering menggunakan metode ini untuk menjala ikan.

8. Mencicipi kuliner khas Danau Toba dan Pulau Samosir

Liburan anda tidak akan sempurna jika anda tidak mencoba kuliner setempat. Ada berbagai macam makanan khas yang dapat anda cicipi saat berada di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir. Berikut beberapa diantaranya.

9. Mie gomak

Sekilas, hidangan mie gomak ini nampak seperti spageti. Hal ini karena ukuran mie-nya yang besar-besar seperti spageti, tidak seperti mie keriting biasa. Mie khas Toba ini disajikan dengan digoreng, berkuah, serta bumbu kacang. Hidangan ini biasanya disajikan bersama lauk ikan asin. Jika anda merasa lapar, mie gomak dapat menjadi pilihan anda karena sangat mengenyangkan

10. Arsik ikan mas

Ikan mas yang ditangkap di Danau Toba pasti rasanya berbeda dari yang biasa kita makan. Masyarakat sekitar Danau Toba sering memasak ikan ini menjadi hidangan yang bernama arsik ikan mas. Ikan tersebut dimasak tanpa dibuang sisiknya dengan bumbu dan rempah-rempah khas Pulau Sumatera. Arsik ikan mas biasanya selalu ada di pesta-pesta adat masyarakat Batak Toba.

11. Kue lampet

Kue lampet cocok digunakan sebagai snack pengganjal perut. Snack tradisional khas Danau Toba ini sekilas akan mengingatkan anda akan kue putu. Kue tersebut terbuat dari campuran parutan kelapa dan tepung beras yang di dalamnya diisi dengan campuran gula aren dan parutan kelapa. Setelah dibungkus dengan daun pisang, adonan ini kemudian dikukus sampai matang.

12. Mengeksplorasi kota Tuk Tuk

Salah satu kota kecil di Pulau Samosir yang tak boleh anda lewatkan adalah Tuk Tuk. Kota ini memiliki beberapa daya tarik. Salah satunya adalah arsitektur bangunan-bangunan yang ada di kota ini. Anda harus mengeksplorasi kota kecil ini untuk bisa melihat semua arsitektur unik tersebut. Cara terbaik untuk mengeksplorasinya adalah dengan menggunakan sepeda.

Selain itu, kota kecil ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Ada banyak penginapan nyaman di daerah ini. Penginapan-penginapan tersebut menyediakan makanan dan minuman lezat. Hanya dengan bersantai di teras penginapan sambil menikmati kudapan dan melihat pemandangan indah, anda dapat membuang semua rasa penat dalam diri anda.

13. Berkunjung ke Danau Sidihoni

Di Pulau Samosir, terdapat sebuah danau yang dikenal dengan nama Danau Sidihoni. Danau ini bisa dikatakan sebagai danau di atas danau. Objek wisata tersebut terletak di Sabungan Nihuta, Longgur Nihuta, Samosir. Dari Pangururan, anda membutuhkan waktu setengah jam untuk sampai kemari. Akses jalan menuju danau ini agak sulit dilewati karena medannya sempit, mendaki, dan kasar.

Baca juga : 25+ Tempat Wisata di Sumatera Utara Paling Indah 2019

Meski aksesnya sulit, namun pemandangan yang disuguhkan di tempat wisata ini sangat menarik. Saat pertama melihat danau ini dari kejauhan, anda mungkin akan berpikir bahwa danau ini hanyalah kubangan air berukuran besar. Akan tetapi, air danau ini sangat unik karena debitnya berubah tergantung pada fenomena yang sedang terjadi. Air danau tersebut pernah kering saat penjajahan Jepang serta saat terjadi gempa dan tsunami Aceh. 

Pemandangan di sekitar danau ini cukup menarik. Anda dapat melihat hamparan padang rumput hijau dan pepohonan rimbun di sekitar danau. Anda dapat berwisata dengan leluasa di danau ini karena setiap orang dapat mengunjunginya dengan bebas tanpa dikenai biaya.

14. Melihat pemandangan Danau Toba melalui menara pandang Tele

Tele adalah sebuah daerah yang terhubung dengan kota Pangururan, Pulau Samosir, melalui sebuah tanah genting. Daerah ini meski tidak berada di Pulau Samosir, namun secara administrasi masuk kabupaten Samosir.

Di kota ini, anda dapat berkunjung ke menara pandang Tele. Dari menara pandang, anda dapat melihat Danau Toba dan sebagian Pulau Samosir dari atas. Pemandangan dari menara ini sangat mengagumkan. Jangan lupa untuk mengabadikan foto di menara ini.

15. Berbelanja kain ulos dan suvenir

Saat berlibur di Danau Toba dan Pulau Samosir, anda tentu tak boleh lupa untuk membeli buah tangan bagi keluarga dan teman anda di kampung halaman. Tempat terbaik untuk berbelanja oleh-oleh khas Toba adalah di Tomok. Ada banyak toko suvenir yang dapat anda kunjungi di kota ini. Toko-toko tersebut menyediakan berbagai macam oleh-oleh. Salah satu yang paling populer adalah kerajinan berbau Batak Toba, contohnya gantungan berbentuk rumah adat.

Salah satu oleh-oleh yang harus anda beli adalah kain ulos. Kain ini merupakan kain tradisional Batak. Pembuatannya biasanya masih menggunakan alat tenun bukan mesin. Jadi tak heran jika kerajinan handmade ini harganya tidak murah. Tempat terbaik untuk mendapatkan kain ulos berkualitas di Pulau Samosir adalah Desa Buhit. Jangan segan untuk menawar kain ulos yang dijual di desa ini agar anda dapat memperolehnya dengan harga miring.

Selain aktivitas-aktivitas wisata di atas, masih ada beberapa aktivitas wisata yang dapat anda lakukan di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir. Ada beberapa air terjun, taman bunga, dan bukit yang dapat anda kunjungi selama anda berada di sekitar Danau Toba. Selain itu, anda juga dapat menikmati pesiar mewah dan unik di sekitar Danau Toba.

Tips Berlibur di Danau Toba dan Pulau Samosir

Agar liburan anda di Danau Toba dan Pulau Samosir terasa lebih menyenangkan, beberapa tips berikut ini dapat anda ikuti.

  • Pilihlah akomodasi yang sesuai budget

Akomodasi di sekitar tempat wisata ini tersedia dalam berbagai tarif. Ada beberapa akomodasi yang ditujukan bagi para backpacker dan ada juga akomodasi mewah. Jika budget anda terbatas, sebaiknya anda memilih hotel yang tarifnya terjangkau. 

  • Pilih kamar hotel dengan pemandangan indah

Berwisata di Danau Toba dan Pulau Samosir membutuhkan waktu lebih dari sehari. Oleh sebab itu, anda harus menginap di salah satu penginapan di Samosir. Agar liburan anda terasa lebih menyenangkan, pilihlah kamar hotel dengan pemandangan Danau Toba

  • Pilih kuliner halal jika anda beragama islam

Agama Islam bukanlah agama mayoritas suku Batak yang tinggal di sekitar Toba Samosir. Oleh sebab itu, anda mungkin akan sering melihat restauran yang menyediakan olahan daging babi. Jadi, anda harus jeli dalam memilih restauran. Ada beberapa restauran halal yang dapat anda kunjungi selama berwisata di pulau ini.

  • Pilih transportasi yang tepat untuk menjelajahi Pulau Samosir

Menurut review Danau Toba dan Pulau Samosir yang beredar, ada beberapa pilihan transportasi di Pulau Samosir. Anda dapat menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan bermotor dan sepeda. Jika anda ingin bisa menjelajahi Pulau Samosir dengan lebih leluasa, anda sebaiknya memilih untuk menyewa sepeda motor.

Semoga review Danau Toba dan Pulau Samosir ini bermanfaat bagi anda dan dapat membantu anda menciptakan liburan terbaik di Toba Samosir. Selamat berlibur.

Leave a Comment