rekomendasi 10 air terjun di sumatera barat

Rekomendasi 10 Air Terjun di Sumatera Barat

Air terjun di Sumatera Barat adalah salah satu potensi alam yang tak kalah cantik dari pantai maupun kepulauannya. Lokasinya yang tersembunyi juga sesuai buat Anda yang butuh tempat menenangkan diri atau merasakan mandi di tengah alam bebas.

Anda mungkin harus berhati-hati saat mengunjungi air terjun mengingat permukaan tanahnya yang cenderung licin. Belum lagi aksesnya yang kadang belum terjamah manusia atau tersentuh pemerintah daerah setempat. Namun, kalau Anda siap menghadang berbagai rintangan, berikut 10 air terjun di Sumatera Barat yang bisa Anda perhitungkan sebagai tempat bersantai.

1. Nyarai

air terjun nyarai sumater barat

Berlokasi di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Air Terjun Nyarai merupakan satu dari sekian destinasi wisata yang difavoritkan. Sekilas, topografi air terjun ini akan mengingatkan Anda dengan Aek Sijorni yang berlokasi di Tapanuli, Sumatara Utara.

Nyarai dikelilingi bebatuan besar serta pepohonan rindang yang membuatnya begitu menyejukkan. Tak hanya itu, air terjun di Sumatera Barat ini mempunyai karakteristik air yang tenang, sehingga aman kalau Anda manfaatkan sebagai tempat berenang. Wisatawan yang datang ke Nyarai memang harus melewati hutan disusul menyeberangi sungai, tetapi semuanya akan dibayar panorama memukau.

Simak Artikel nya disini : Air Terjun Nyarai

2. Lembah Anai

air terjun lembah anai sumatera barat

Selanjutnya ada Air Terjun Lembah Anai yang bisa Anda kunjungi saat melintasi pinggir jalan raya yang mengarah ke Bukittinggi. Kejernihan air dan eksotisme yang ditawarkan pemandangannya membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Lembah Anai yang merupakan ikon kota Padang berasal dari air Gunung Singgalang yang lokasinya dekat dengan Pemandian Padang Ganting. Namun, Anda haris berhati-hati saat mengunjungi air terjun di Sumatera Barat tersebut, sebab dulu sembat menyebabkan tanah longsor. Ada baiknya anda memeriksa cuaca dan kondisi tanah sebelum menghabiskan waktu di Lembah Anai.

Artikel Sumber : Lokasi Air Terjun Lembah Anai Yang Bisa Anda Jadikan Sebagai Destinasi Liburan

3. Sarasah Ulu Gadut

air terjun sarasah ulu gadut sumatera barat

Dibandingkan tempat-tempat sebelumnya, Air Terjun Sarasah Ulu Gadut memang belum terlalu populer. Namun justru hal tersebut yang akan membuat Anda lebih tenang buat menikmati keindahan struktur air terjunnya yang berundak dan relatif tenang.

Sarasah Ulu Gadut adalah air terjun yang terdiri dari tujuh tanjakan landai yang menyerupai piramida. Air terjun di Sumatera Barat ini juga menawarkan satu hal yang jarang ditemukan di tempat lain.

lanskap kota Padang dari ketinggian! Maka dari itu, jangan lupa membawa kamera buat mengabadikan setiap momen dan tentunya pakaian ganti.

Baca Selengkapnya biar tambah puas : Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

4. Lubuak Tampuruang

air terjun lubuak tampuruang sumatera barat

Melepas kepenatan di Air Terjun Lubuk Tampuruang akan begitu membekas dalam ingatan Anda. Berlokasi di Desa Kuranji, tempat wisata yang masih menjadi bagian dari Gunung Sarik tersebut punya bentuk yang terbilang unik dari yang lain.

Kata tampuruang yang menjadi nama air terjun di Sumatera Barat tersebut merujuk pada bentuknya yang menyerupai tempurung kelapa. Selain itu, air terjun berkedalaman dua hingga dua meter ini memiliki warna hijau lumut yang menyegarkan mata. Destinasi wisata yang kerap dibandingkan dengan Curug Lampu di Makassar ini pun aman digunakan buat berenang.

Artikel Sebelah Lebih Lengkap Loh : Air Terjun Lubuak Tampuruang

5. Lubuk Hitam

air terjun lubuk hitam sumatera barat

Undakan yang ada pada Air Terjun Lubuk Hitam memang tak sebanyak Sarasah Ulu Gadut. Namun, bukan berarti destinasi alam tersebut bisa Anda lewatkan. Pasalnya, Lubuk Hitam akan memberikan satu pengalaman mengesankan untuk para wisatawan.

Ketika menaiki tiga tingkatan pada Lubuk Hitam, Anda bakal disambut bentangan langsung dari Samudra Hindia! Tak sampai di situ, pembiasan dari cahaya matahari yang terjadi di air terjun di Sumatera Barat tersebut bakal menciptakan pelangi. Kapan lagi Anda bakal disuguhkan pemandangan beserta fenomena menakjubkan tadi? Apalagi kalau Anda sudah terlalu lama menetap di perkotaan.

Kamu bisa lanjut baca : Air Terjun Lubuk Hitam

6. Niagara Koto Pulai

air terjun niagara koto pulai sumatera barat

Sesuai namanya, Bendungan Niagara Koto Pulai adalah miniatur Air Terjun Niagara. Topografinya sekilas akan mengingatkan Anda pada air terjun di perbatasan Amerika Serikat-Kanada tersebut. Jadi wajar saja kalau banyak wisatawan datang berbondong-bondong ke sana. 

Pada awalnya, Niagara Koto Pulai dibangun untuk menahan derasnya aliran sungai yang mengarah ke muara. Kemudian, popularitas air terjun di Sumatera Barat ini meningkat saat foto-fotonya dipromosikan di media sosial. Meski mengesankan, Anda harus berhati-hati saat menyusuri air terjun tadi mengingat alirannya yang bisa membahayakan.

Lebih Banyak : Bendungan Niagara Koto Pulai

7. Baburai

air terjun baburai sumatera barat

Air Terjun Baburai terbilang destinasi wisata anyar, sebab baru beroperasi sejak 2013 silam. Kendati demikian, potensinya sebagai tempat refreshing maupun berfoto terbilang menjanjikan. Hal tersebut tak terlepas dari ketersediaan fasilitas yang cukup lengkap.

Baburai yang beralamat di Korong Alahan Tabek Nagari Sikucur sekilas tampak seperti air terjun di Sumatera Barat yang lain. Namun, wisatawan tetap disuguhkan kesejukan dari pepohonan dan tebing di sekitarnya. Bahkan ada tangga yang disediakan bagi Anda yang pengin menyaksikan gemericik air. Belakangan ada kabar Baburai akan dijadikan bendungan PDAM serta PLTA versi mini.

Lanjut baca : Pesona Air Terjun Baburai

8. Langkuik Tinggi

air terjun langkuik tinggi sumatera barat

Berlokasi di Jorong Nyiur, Kenagarian Malalak Selatan, Kabupaten Agem, Air Terjun Langkuik Tinggi bakal bikin para wisatawan tercengang. Betapa tidak? Anda bakal dibikin terpukau buan oleh hanya satu, melainkan lima air terjun sekaligus dengan aliran air yang sangat deras.

Saking derasnya, Anda sudah dibuat basah kuyup saat berdiri 15 meter dari Langkuik Tinggi. Air terjun di Sumatera Barat yang mempunyai ketinggian 100 meter ini juga baik datang dari dimensi lain karena berada di tengah hutan tropis yang lebat. Karena jumlah air terjunnya banyak, hati-hati saat menyusuri Languik Tinggi dan pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman.

Kepo dengan air terjun ini? Air Terjun Langkuik Tinggi

9. Sarasah Donat

air terjun sarasah donat sumatera barat

Namanya mungkin bakal bikin Anda mengernyit, tetapi kenyataannyabentuk  Air Terjun Sarasah Donat menyerupai penganan tersebut. Berada di atas perbukitan Desa Tarantang, Kabupaten Lima Puluh Kota, destinasi wisata ini pun menjadi spot foto yang difavoritkan wisatawan maupun fotografer profesional. Akses yang mudah menjadi faktor lain yang membuat Sarasah Donat tak pernah sepi dari kunjungan.

Sebelum masuk, Anda harus memarkirkan kendaraan dan jalan kaki 30 menit ke air terjun di Sumatera Barat tersebut. Anda juga bisa berendam di kolam yang berada di Sarasah Donat tanpa berebut dengan pengunjung lain karena ukurannya yang besar.

Nyesel Ga Lanjut Baca : Air Terjun Sarasah Donat

10. Ulu Suliti

air terjun ulu suliti sumatera barat

Terakhir, ada Air Terjun Ulu Suliti yang perlu Anda masukkan ke wishlist. Lingkungannya yang asri dan lokasinya yang tinggi membuat pemandangan dari atas sana sangat mengesankan. Bahkan pesonanya tak kalah bagus dari air terjun yang berada di Kabupaten Solok Selatan.

Akses menuju Ulu Suliti memang agak sulit dan kadang membingungkan pengunjung yang kali pertama ke sana. Jadi, jangan kaget kalau Anda hanya menjumpai segelintir pengunjung di air terjun di Sumatera Barat tersebut. Kalau tak mau tersesat, tak ada salahnya buat menyewa pemandu atau bertanya kepada masyarakat sekitar.

Baca Yang Terakhir : Objek Wisata Air Terjun Ulu Suliti

Demikian rekomendasi 10 air terjun di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi. Semoga pengalaman Anda menyenangkan, ya!

Leave a Comment