Puncak Lawang Maninjau, Wisata Keluarga yang Penuh Petualangan

Puncak Lawang Maninjau, Wisata Keluarga yang Penuh Petualangan

Ada cukup banyak bukit yang dapat Anda temukan di kawasan Sumatra Barat, salah satunya adalah puncak Lawang Maninjau, yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Tidak hanya itu, di lokasi ini juga terdapat banyak tantangan menarik, yang juga dapat Anda lakukan bersama keluarga.

Puncak Lawang Maninjau

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi objek wisata alam Sumatra Barat yang satu ini, maka ini akan menjadi referensi yang tepat. Puncak Lawang Maninjau sendiri mempunyai pesona alam yang berupa perbukitan nan hijau plus udara yang menyegarkan. Ada banyak pohon pinus yang akan Anda temukan di atas bukit, melihat ke bagian bawah, pemandangan danau Maninjau akan tersaji secara apik.

Lokasi dan cara menuju Puncak Lawang Maninjau

Kawasan ini sendiri berada di ketinggian 1.210 mdpl, berada tepat di kecamatan Matur, kabupaten Agam, Sumatra Barat. Anda tidak perlu khawatir jika ingin bepergian ke kawasan wisata tersebut, karena di sepanjang jalan, terdapat beberapa petunjuk arah yang jelas, atau Anda dapat menanyakannya pada penduduk setempat yang ramah.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik perupa motor atau juga mobil. Atau dapat melakukan rental mobil, di salah satu tempat penyewaan mobil yang ada. Tapi jika Anda yang saat ini sudah menginap di kabupaten Agam, yang lokasinya dekat dengan objek wisata tersebut, tentunya dapat berjalan kaki menuju ke arah puncak. Dari pasar Bayua perjalanan yang akan ditempuh sebanyak 4 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan dari pasar Akaik, jaraknya sekitar 8 km, atau sekitar 4 jam perjalanan.

Kegiatan di puncak Lawang Maninjau

Sesampainya di kawasan puncak. Ada cukup banyak kegiatan seru yang dapat Anda lakukan bersama keluarga, antara lain :

  1. Bersantai di puncak pinus. Pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, dan berjajar rapi, tentunya memberikan pesona sendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Selain kerap dijadikan sebagai tempat santai dan berswafoto, kawasan ini juga kerap digunakan sebagai lokasi fotografi alam atau juga lokasi prewedding.
  2. Menikmati pemandangan danau Maninjau. Danau Maninjau sendiri adalah danau ke-2 terbesar yang ada di Sumatra Barat, dan dari atas bukit, Anda dapat menikmati keseluruhan pesona alam danau tersebut.
  3. Berkemah. Kawasan ini kerap kali digunakan sebagai lokasi berkemah yang mengasyikkan. Berada di atas bukit, dengan pemandangan alam nan indah.
  4. Outbond. Anda yang ingin berlibur dengan penuh petualangan, tidak ada salahnya jika mencoba beberapa permainan outbond menarik yang disediakan di kawasan tersebut, seperti Flying fox, jembatan goyang, jembatan ban, panjat tali, jembatan tali, atau bahkan naik paralayang.

Fasilitas wisata

Untuk masalah fasilitas yang ada di puncak Lawang Maninjau ini terbilang sangat bersahabat. Anda akan menemukan lahan parkir yang luas, rumah makan, kios souvenir, musholla, toilet, tempat berkemah, lokasi outbond, tong sampah, penginapan, dan yang lainnya sudah tersedia secara lengkap.

Leave a Comment