Puncak Genting Aceh: Nikmati Indahnya Aceh sambil Menyeruput Kopi Luwak Khas Gayo

Puncak Genting Aceh – Sebuah daerah perbukitan yang menawarkan pemandangan luar biasa. Hamparan areal persawahan yang luas dan hijau dengan rindangnya pepohonan disekitar perbukitan serta sensasi menikmati kopi luwak gayo diketinggian yang tak terlupakan membuat Puncak Genting Aceh menjadi salah satu destinasi wisata wajib yang harus dikunjungi ketika bertandang ke Serambi Makkah.

Puncak Genting merupakan salah satu loka wisata yang berada di kawasan Kabupaten Gayo Lues. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Mayoritas tempat wisata yang ada di kabupaten Gayo Lues didominasi areal dataran tinggi, terkhusus Puncak Genting.

Sebenarnya tak hanya Puncak Genting, banyak juga lokasi wisata yang ada di areal Taman Nasional Gunung Leuser lainnya dan kesemuanya menawarkan keindahan yang sangat khas. Meski begitu, bagi pengunjung yang mengidamkan suasana tenang, nyaman, dan asri, Puncak Genting adalah solusinya. Hiasan hamparan hijau pepohonan yang memenuhi bukit serta hijaunya pemandangan areal persawahan menambahkan kesan asri disini.

Tak hanya itu, keindahannya yang memesona dan udara yang bebas dari asap polusi menjadi daya tarik wisatawan baik lokal ataupun manca untuk mampir sejenak melepas penat. Semua aktivitas liburan di Puncak Genting kian lengkap ketika pengunjung bersantai sambil mencicipi nikmatnya kopi luwak khas Gayo.

 

Akses Akomodasi menuju Puncak Genting Aceh

Jika dilihat secara geografis, wisata Puncak Genting terletak di Kabupaten Gayo Lues tepatnya di Kecamatan Pining. Bukan hal yang sulit untuk menjangkau tempat wisata ini.

Wisatawan bisa mendatangainya dari kota Blang Kenjeran dengan lama perjalanan sekitar 30 menit atau jarak tempuh sekitar 16km. Dalam perjalanan sepanjang 16km, wisatawan akan disuguhkan dengan jalur yang berliku dan pemandangan alam yang sungguh sedap dipandang mata.

Bagi pengunjung yang mungkin hendak mendaki Gunung Leuser, sebelum atau sesudah pendakian sempatkan untuk bersantai sejenak di Puncak Genting. Jarak antara Puncak Genting dengan pintu masuk pendakian cukup dekat, jadi rasanya rugi jika tidak mampir untuk bersantai sejenak sambil menikmati menyeruput kopi luwak khas Gayo.

Untuk menuju ke Puncak Genting, wisatawan diharapkan membawa kendaraan pribadi. Hal ini tak lain karena tiadanya angkutan umum yang mengantar sampai ke tujuan.

 

Pesona Menakjubkan dari Puncak Genting Aceh

Suguhan pemandangan alam yang menawan akan langsung dirasakan wisatawan semenjak perjalanan menuju ke Puncak Genting. Areal persawahan yang berjajar menghijau siap menyambut kedatangan wisatawan.

Belum lagi pemandangan dari barisan perbukitan yang menghijau serta gelombang awan yang layaknya ombak naik turun mengikuti alur perbukitan yang berliku. Sebuah fenomena alam yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Dulunya Puncak Genting hanyalah tempat singgah sementara para pengendara yang kala itu melewati Kecamatan Pining. Lambat laun, keindahan dari Puncak Gentingpun semakin menggoda wisatawan untuk datang dan menikmati keindahan alamnya. Semenjak itulah kemudian Puncak Genting Aceh dijadikan sebagai salah satu objek wisata unggulan di kawasan ini.

Sama halnya dengan dataran tinggi lainnya, sensasi dingin khas dataran tinggi yang menyejukkan serasa menusuk tulang. Tak heran mengingat Puncak Genting berada di dataran tinggi dengan kisaran ketinggiannya 1.100mdpl.

Meski begitu tak perlu khawatir dengan hawa dinginnya. Sensasi dingin ini akan berubah menjadi kenikmatan tersendiri ketika wisatawan menikmati kopi luwak khas Gayo. Menyeruput secangkir kopi luwak khas Gayo ditengah hawa dingin khas Puncak Genting menciptakan sensasi kenikmatan yang tak bisa dibayangkan dengan kata-kata.

Rasa kopi luwak ala Gayo yang nikmat, hangat, ditengah hawa dingin dan pemandangan yang luar biasa indah. Kira-kira siapa yang bisa menolaknya?

Perlu diketahui, kopi luwak merupakan salah satu hasil budidaya masyarakat Gayo. Kopi yang tercipta dari fermentasi kotoran hewan luwak ini memiliki cita rasa yang konon amat sangat nikmat. Tak hanya dinikmati oleh penduduk lokal, kopi luwak dari Gayo ini telah memiliki langganan hingga ke luar negeri. Nilai jual yang tinggi dan rasa yang sangat khas menjadikannya kopi luwak Gayo sebagai salah satu yang terfavorit di dunia.

Baca juga : Mampir Sini Ke Wisata Pantan Terong Di Takengon

Jika selama diperjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan jajaran areal persawahan, maka ketika sampai dipuncak wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan kopi. Tak hanya sekedar menikmati rasa kopi luwak Gayo, disini pengunjung juga bisa berkeliling di perkebunan, bahkan diperbolehkan bertemu dengan luwak yang menjadi koki pembuatan kopi luwak khas Gayo ini.

Puncak Genting Aceh merupakan sebuah tempat wisata Favorit yang selalu ramai pengunjung. Suasana yang sangat menenangkan, paduan dari indahnya alam dan nikmatnya kopi khas Gayo menjadikan tempat ini memiliki nilai jual tersendiri di mata para wisatawan.

 

Kegiatan di Puncak Genting Aceh

Tak hanya berdiam diri saja, ada beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di Puncak Genting. Dan berikut diantaranya:

Menikmati keindahan alam

Bagi pengunjung yang ingin terbebas dari penatnya pekerjaan, beragam masalah rumit atau bahkan ingin sejenak menghindar dari hingar bingar keramaian perkotaan, maka Puncak Genting Aceh adalah solusi terbaiknya. Suguhan pemandangan hijau mulai dari perjalanan sampai lokasinya akan membuat siapapun merasa lebih tenang, nyaman dan terbebas dari segala pikiran yang memberatkan.
Belum lagi hawa dingin yang sangat khas dari dataran tinggi yang siap merefresh pikiran yang penat.

Hunting foto

Bagi pengunjung yang gemar fotografi landscape, Puncak Genting adalah pilihan terbaik. Spot pemandangan alam yang sangat banyak menunggu untuk segera dijepret. Bagi pengunjung yang mungkin ingin mengabadikan foto prewedding, objek wisata ini juga bisa dijadikan pilihan.

Menikmati Kopi luwak Gayo

Menyeruput kopi hasil budidaya setempat sudah pasti lebih nikmat. Tak hanya soalan minuman hangat yang dinikmati kala hawa dingin, namun ini lebih kepada sebuah cita rasa. Satu seruputan kopi luwak khas Gayo yang dinikmati di dataran tinggi Gayo jelas akan berbeda dari meyeruputnya dirumah. Sebuah sensasi yang lain dan cita rasa yang sangat khas yang wajib untuk dicoba.

 

Fasilitas di Puncak Genting Aceh

Sebagaimana sebuah objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung, pengelolanya pasti menyediakan segala hal guna memanjakan para pengunjungnya, tak terkecuali dengan Puncak Genting.

Puncak Genting Aceh memiliki begitu banyak fasilitas umum yang memadai mulai dari mushola, toilet umum hingga tempat parkir yang luas. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin menikmati kopi Gayo atau mungkin ingin menikmati mie instan hangat, Puncak Genting menyediakan beberapa kedai atau warung yang siap memanjakan perut dan lidah para wisatawan.

Beberapa kedai atau warung juga menyediakan tempat karaoke keluarga. Bagi pengunjung yang hobi bernyanyi bisa mencobanya dengan cukup merogoh kocek sekitar Rp. 70.000 per jamnya. Agar lebih asyik, pastikan untuk mengajak keluarga atau teman.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di ketinggian, Puncak Genting Aceh juga menyediakan Guest House yang ada disekitaran pos masuk pendakian Gunung Leuser. Namun jika ingin tempat inap yang lebih nyaman, maka pengunjung bisa menuju ke kota Blang Kenjeran. Disana cukup banyak hotel yang menawarkan beragam pilihan fasilitas dengan harga yang terjangkau.

Leave a Comment

Scroll back to top