Indahnya Pulau Rubiah Sabang

TemenTravel.id – Siapa yang gak kenal dengan Pulau Rubiah yang terletak di kota sabang, Pulau ini merupakan Surganya bawah laut yang sangat indah sekali. Sabang ini adalah kota yang terletak di bagia utara kota banda aceh, Sabang ini terletak di sebuah pulau Pulau Weh dengan nama, apakah kalian tau apa arti Weh tersebut? Weh berasal dari bahasa Aceh yang memiliki arti Minggat. Kenapa bisa dikatakan Pulau Weh? menurut orang – orang pulau ini terpisah dengan pulau sumatera, maka dari itu pulau ini dinamakan Pulau Weh.

Di Pulau Rubiah ini terdapat Taman Laut , Taman laut Pulau Rubiah ini merupakan Pulau yang sangat indah dan cantik yang masih asri dan memiliki wilayah dengan luas sekitar 2.600 Hektar, Tak hanya hanya cantik saja, Taman Laut Pulau Rubiah ini juga terkenal memiliki pemandangan yang menggambarkan kerajaan bawah laut nya.  Keadaan di dalam laut masih murni asri dan alami dengan adanya berbagai macam biota alam laut yang hidup di dalamnya sehingga membuat para pengunjung yang datang ke tempat tersebut betah dan tidak mau meninggalkan pulau tersebut.

Sejarah Nama Rubiah

Sejarah Nama Rubiah di Pulau Rubiah atau tempatnya surga taman laut bagi para wisatawan yang memilik hobi untuk menyelam. Di Pulau tersebut anda dapat menemukan makam dari seseorang yang memiliki nama Cut Nyak Rubiah, gak tau persis sih kenapa ada makam tersebut, maka dari itu Pulau tersebut dinamakan Pulau Rubiah.

Apakah kalian tau kalau Pulau ini menjadi pulau yang tidak berpenghuni, tapi tenang aja pulau ini selalu ramai oleh para wisatawan domestik ataupun juga wisatawan mancanegara apa lagi di saat waktu libur, meskipun tidak berpenghuni disana juga terdapat warung – warung kecil yang menjual makanan dan minuman untuk para wisatawan. Disana terdapat banyak sekali biota laut yang sangat unik – unik seperti Bintang laut, cumi – cumi , lili laut dan masih banyak sekali, dan juga banyak terumbu karang beraneka warna dan bentuk dan juga mulai dari terumbu karang yang keras sampai yang empuk bisa anda temui di sana, contoh karangnya yang bisa anda temui adalah karang meja dan juga karang tanduk.

Jika kalian Ingin mengambil gambar di sana dan lupa bawa kamera atau baterai kamera anda habis tenang saja di sana banyak sekali yang sudah menyewakan peralatan snorkrling dan juga persewaan berbagai jenis kamera, anda bisa menyewanya di sana dengan harga yang mudah di jangkau.

Lokasi Pulau Rubiah

Jika anda yang ingin berkunjung ke pulau ini, Pulau Rubiah ini berlokasi di Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh Sabang, jika kalian kesulitan mencarinya anda bisa mencarinya di Google Maps dengan Keyword Pulau Rubiah.

Akses Untuk Menuju Pulau Rubiah

Akses untuk menuju Pulau Rubiah ini terletak sekitar kurang lebih 350 Meter dari Pantai Iboih atau sekitar 23,5 Km dari Pulau Weh, jika kalian ingin datag ke sana, anda bisa datang dahulu ke sebuah pantai dengan nama Pantai Iboih kemudian anda dapat menyebrang ke Pulau Rubiah, di pelabuhan Balohan yang darimana merupakan pelabuhan penyebrangan dari Banda Aceh ke pulau Weh anda bisa naik bus umum untuk berkunjung ke Pantai Iboih dengan ongkos yang umum sekitar kurang lebih hanya 50 ribu rupiah dengan jarak perjalanan sekitar satu jam, saat anda sudah tiba di pantai Iboih anda dapat melanjutkan perjalanan dengan cara menyebrang ke pulau rubiah tersebut.

Leave a Comment

Scroll back to top