Pulau Gosong Abdya, Bahari Dari Barat Indonesia

Pulau Gosong Abdya, Bahari Dari Barat Indonesia – Bahari.. keindahan sebuah pulau bahari memang tak pernah mengecewakan penikmatnya. Bahari selalu menyajikan hamparan yang eksotis nan menggenggam untuk ditinggalkan, menarik untuk kembali dan sulit untuk berkedip memandangnya. Pulau gosong Aceh Barat Daya, sebuah pulau bahari yang menyajikan hamparan pasir putih halus dengan ketenangan sayup-sayup angin laut yang menyejukkan.

Pulau gosong terletak di Sangkalan kecamatan Susoh, kabupaten Aceh Barat Daya, luasnya hanya 1 hektar, untuk bisa sampai disana kita harus menaiki perahu dari bibir pantai sangkalan sekitar 10-15 menit. Yaa, pulau gosong adalah pulau yang terletak ditengah laut, diapit oleh dua pantai sekaligus.

Jika kalian tertarik juga, kalian bisa membaca ulasan kami tentang Pantan Terong di Takengon. Tak kalah Indah dengan Pulau Gosong ini loh guys.

Pulau Gosong Abdya

Dalam bahasa Aceh, gosong memiliki arti terumbu karang yang berada ditengah lautan yang jauh dari daratan. Pulau gosong menawarkan pesona pasir putih yang halus dengan tumbuhnya pepohonan cemara dan waru disekitar pulau.

Jajaran bukit barisan yang membentang semakin memperindah kemanapun arah bola mata tertuju. Sungguh, dimanjakan oleh alam adalah hal mengagumkan untuk dinikmati.

Pulau gosong ini banyak dihuni oleh biota-biota laut yang terbilang langka, seperti kima dan ikan napoleon. Untuk menikmati keindahan bawah laut pulau gosong, kita bisa melakukan senorkeling atau diving. Jika tak mau, tak apa, cukup dengan duduk dipinggir pulau sambil memesan semangkuk mi putih kocok khas aceh barat daya ditemani es kelapa segar khas pulau.

Pulau gosong atau pulau pusong ini terkenal sebagai pulau penghalang atau barrier island yang terbentuk karena terbawa angin atau air. Sebelum terjadi tsunami, jarak antara pulau pusong hanyalah 1 km saja dari pantai bali.

Namun, setelah tsunami terjadi jaraknya semakin melebar. Jika anda ingin ke pulau gosong dari arah Dermaga Ujong Serangga, maka anda bisa menyewa kapal boat milik nelayan dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit. Sedangkan jika dari Banda Aceh,pulau gosong abdya bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan darat selama kurang lebih 7 jam.

Saat berkunjung ke pulau gosong, tak hanya mata yang dimanjakan oleh keindahan alamnya, tapi juga lidah anda bisa bertelusur mencicipi berbagai kuliner khas Aceh Barat Daya yang dijual disepanjang pulau.

Kuliner khas aceh sendiri biasanya adalah mi putih kocok, mi kuning kocok, daging masak putih, dan masih bnayak lagi lainnya. Hingga lengkaplah sudah pesona yang tersaji oleh pulau gosong abdya ini.

Air pulau gosong ini sangat jernih, terlebih lagi saat pagi hari. Sangat cocok untuk melakukan diving menikmati keindahannya untuk membuka pagi dengan memanjakan mata penikmatnya. Disana pun sudah disediakan penginapan dengan tarif sekitar 80-600 ribu.

Saat ingin mengunjungi pulau gosong, anda harus memiliki persiapan yang matang dengan bekal yang cukup. Bekal yang cukup, yaa.. karena mungkin saja anda akan tertarik untuk mengunjungi wisata lain setelah ke pulau gosong, diantaranya ada air terjun ceuraceu, pantai bali, dan pemandian pucok kreung.

Keindahan Pulau Gosong Abdya

Pulau gosong merupakan pulau yang tidak berpenghuni, keindahan alamnya masih asli dan alami. Hamparan pasir putihnya bersih dan halus, dengan warna air laut yang biru jernih sampai mampu memperlihatkan pesona bawah lautnya untuk dinikmati dengan mata telanjang.

Pulau gosong dapat menciptakan ilusi kepemilikan bahwa ‘pulau ini adalah milikku’, kita bisa menikmati pulau kecil ini sepuas hati kita seakan berada di pulau sendiri. Ombak yang berkilauan menyilaukan mata seakan mengayun-ayun mengajak para peselancar untuk bangun dan memeluknya dan menaklukkannya.

Namun, untuk peselancar dianjurkan untuk membawa bekal peralatan sendiri karena dipulau ini belum ada penyedia jasa penyewa papan selancar atau yang lainnya.

Pulau gosong yang kecil tak serta merta menyajikan sesuatu yang kecil, bahkan keindahan yang tersaji hanya akan membuat mata enggan untuk terpejam, dan akan sangat nyaman sekali berada disana. Pengunjung pulau gosong sering ramai pada akhir pekan, banyak remaja yang membawa perkumpulannya datang ke pulau kecil istimewa ini.

Pengunjung yang datang ke pulau gosong tidak akan menyesal pernah pergi kesana, memukau. Keindahan alam bahari yang menjanjikan dan memanjakan, sebagai penyembuh penat dan rumitnya segala urusan yang membuat kepala pening.

Sejenak, namun pasti akan lebih baik, pulau gosong hanya diam dan tak bergerak untuk menghibur, ia hanya mengikuti kemana ia dipandang dan bagaimana seseorang menikmatinya.

Pulau gosong menyajikan alam dengan lengkap, yang terdiri dari air, pasir, barisan bukit, kuliner, ombak, dan masih banyak lagi. Pengunjung ‘jaman now’ tak akan berhenti untuk mengaktifkan telephone genggamnya untuk berfoto-foto ria selama berada di pulau, bahkan mungkin sejak perjalanan menuju pulau.

Jika dilihat dari kejauhan, pulau gosong hanyalah terlihat seperti pulau yang sangat kecil dengan pepohonan rimbun yang mengelilinginya. Namun, setelah sampai disana keindahannya baru terlihat. Memukau, benar-benar memukau, tak mungkin mengecewakan kesan yang diharapkan pengunjung yang datang.

Keberadaan pulau gosong tak terlepas dari terjadinya tsunami aceh yang terjadi pada tahun 2004 lalu, tsunami yang memporak porandakan seluruh sudut wilayah aceh. Maka, untuk menghargai dan memperingati terjadinya tsunami itu, tepat pada saat peringatan 12 tahun tsunami aceh terjadi, semua pelayaran yang menuju ke pulau gosong, ditiadakan.

Kekayaan alam bahari di Indonesia sudah tidak diragukan lagi, dari sabang sampai merauke hampir keseluruhan alam bahari berhasil membius seluruh pasang mata yang datang berkunjung untuk menikmati. Keindahan terumbu karang di pulau gosong tak tinggal diam untuk ikut serta menjadi primadona surga pulau cantik ini.

Pulau gosong, tak cukup beribu-ribu kata untuk menggambarkan betapa nyaring alunan panggilannya untuk dijenguk kepada para pelancong dan petualang yang mencintai alam dengan menjaga.

Pulau gosong menjadi salah satu wisata menawan yang wajib dikunjungi apabila anda sedang berada di Aceh Barat Daya, sekaligus sejenak berlibur dalam pikir dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang disayangi, menikmati pulau gosong dengan lengkap.

Pulau gosong sangat cocok untuk dijadikan tempat berkumpul dengan teman-teman, sanak saudara, atau yang lainnya. Cocok juga untuk pelancong yang sedang bingung mencari lokasi yang instagramable untuk disimpan di akun sosmednya.

Atau mungkin, bisa menjadi lokasi andalan para fotografer yang sedang mencari spot unik nan indah di daerah aceh barat daya. Pulau gosong adalah jawaban dari semua pencarian yang dicari.

Alam, dari sudut manapun ia akan tetap indah selama itu masih bersifat ‘alam’. Alam Indonesia yang beragam tentu masih banyak menyimpan rahasia keindahan ditiap tempatnya ada. Tentu juga masih banyak alam yang mungkin belum terjamah oleh manusia. Mungkin dibelahan Marauke sana, atau mungkin dibelahan Sabang sana.

Jadilah manusia yang mencintai alam dengan menjaga, menikmati sekedarnya, dan merawatnya dengan penuh sadar. Pulau gosong Abdya, salah satu pesona eksotis dari kawasan pulau kecil di ujung barat Indonesia. Begitu baiknya alam yang menyajikan pulau gosong untuk kita nikmati, lalu apalagi alasan kita untuk tidak menjaganya?.

 

Leave a Comment

Scroll back to top