Pulau Batee, Tempat Melepas Penat Dari Aceh

Pulau Batee, Tempat Melepas Penat Dari Aceh

Hallo sahabat tementravel.id disini kami mau mengulas tempat wisata lagi guys. Dan tempat tersebut masih berada di Aceh, jadi kali ini tementravel.di masih mengulas wisata di aceh yaitu Pulau Batee atau Pulau Pribadi. Apakah kalian pernah mendengar pulau tersebut? Bagi anda yang ingin datang di sana, artikel ini bisa menjadikan referensi anda yang mau datang ke sana untuk melihat keindahan dan panorama yang pasti nya akan memanjakan mata.

Selain Pulau Batee, Aceh juga mempunyai tempat wisata yang ber-tema-kan Pulau juga. Diantara nya ada Pulau Banyak yang terletak di Aceh Singkil, dan Pulau Rubiah yang terletak di Sabang. kalian bisa langsung mengklik tulisannya agar dapat langsung membaca artikel tentang kedua pulau tersebut.

Pulau Batee Aceh

Apakah kalian sudah tau Pulau Batee? Batee berasal dari kata Batu, Pulau ini juga sering disebut Pulau Pribadi karena pulau tersebut tidak berpenduduk. Sebuah keindahan yang ada di Ujung Pulau Sumatera ini telah di kelilingi 2 pulau yaitu Pulau Nasi dan Pulau Bunta, dimana kedua pulau tersebut berada di wilayah administrasi kabupaten Aceh Besar.

Kembali ke sejarah dulu ya sob, dulunya batu nisan yang telah di ukir oleh seni ukir pada masa kerajaan masalalu berasal dari Pulau ini atau Pulau Batu. Pemilik tanah warisan di Pulau ini adalah Teuku Teungoh. Di dalam Pulau ini banyak sekali satwa yang bisa anda lihat mulai dari burung murai batu, burung elang, babi, dan monyet bisa anda lihat langsung di Pulau tersebut.

Pulau Batee ini adalah pulau tidak berpenghuni, dan Pulau ini juga sangat cocok sekali buat perkembangbiakannya para penyu, disana penyu bisa bertelur dengan bebas setiap tahunnya.

Jika anda dari Ulee Lheue, anda perlu waktu perjalanan sekitar 20 sampai 50 menit untuk sampai ke Pulau ini. Itupun jika anda berangkat nya pagi dan syukur – syukur air laut sedang pasang dan memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Untuk menjangkau lokasi Pulau ini, anda bisa menggunakan transportasi Boat Nelayan. Boat tersebut memiliki ukuran kurang lebih 8 sekitar X 2 meter yang mampu mengangkut 11 orang sekaligus.

Pada saat naik boat, pawang boat akan memutar – mutar balikkan boatnya di satu tempat saja dan anda sebaiknya jangan heran dengan apa yang dilakukan oleh si pawang boat itu. Hal tersebut bertujuan untuk menunggu ombak mati agar bisa ke Pulau Batee.

Di Pulau, untuk anda yang mau mencari sumber air tawar rasanya akan sulit sekali. Tapi tenang, Anda masih bisa menemukan sumur air tawar tetapi harus melewati jalan setapak yang dipenuhi rumput ilalang dan semak belukar berduri yang berlokasi dekat dengan pondok nelayan.

Untuk mencapai sumber air tawar tersebut, anda perlu menempuh jarak sekitar 200 meter dari pantai. Di sana akan terlihat dengan jelas bahwa jarang ada pengunjung yang menginjakan kakinya di pulau tersebut.

Jika anda ingin mencari atau menikmati pengalaman di Pulau Batee ini alangkah baiknnya anda membawa persediaan seperti makanan, minuman (untuk minuman bisa air galon), juga perlengkapan seperti tenda, perlengkapan masak, senter, power bank, kamera (untuk mengambil moment indah anda), serta perlengkapan outdor seperti Diving, Snorkling dan Fishing.

Dulunya Pulau Batee ini adalah tempat yang digunakan untuk pengambilan batu – batu nisan untuk digunakan oleh para raja, dan batu yang sudah berbentuk fosil pula ada yang berasal dari pulau ini.

Meskipun Pulau ini memiliki hutan yang masih sangat natural, tetapi anda masih bisa mengakses internet. Yaa walaupun jaringan yang di dapat nya terbilang rendah tetapi anda masih bisa mengakses nya kan? hehe. Tempat ini cocok sekali bagi anda yang mempunyai niat melepaskan penat dari segala rutinitas kegiatan sehari –  hari untuk sementara.

Tempat wisata ini sudah mulai populer di kalangan para wisatawan asing maupun lokal dengan adanya bantuan media sosial yang mampu mendorong tempat ini menjadi lebih nampak di mata para warganet. Tapi sayangnya tempat wisata ini berbeda dengan tempat wisata pulau lainnya, karena di pulau ini tidak ada villa ataupun penginapan sehingga anda harus benar – benar berinteraksi dengan alam langsung.

Maka dari itu, tadi saya sudah memperingatkan anda agar menyiapkan peralatan Camping.

Keindahan alam tersebut-lah yang membawa para wisatawan untuk ingin berkunjung ke pulau ini. Selain memiliki hawa yang natural yang disajikan alam untuk menyapa para pegunjung, di pulau ini juga ada binatang langka yang berkembang biak, seperti contohnya penyu. Yap, tempat ini memang cocok untuk perkembangbiakan penyu. Dengan anda datang ke tempat ini bersama keluarga anda, tentu sensasi nya akan sangat berbeda sekali daripada anda hanya sekedar membaca artikel ini.

Tak hanya itu, selain keindahan alam dan panorama indahnya, Pulau ini juga memiliki wisata bawah laut yang sangat menakjubkan sekali.

Selain bisa melakukan Diving dan Snorkeling, tempat ini juga sangat seru untuk melakukan angler buat yang suka melakukan hobi strike dengan target atau tangkapan ikan Kerapu, GT dan ada Kakap juga guys.

Jangan lupa membawa kamera juga ya guys yang berfungsi untuk mengambil momen indah anda di Pulau tersebut.

Di pulau ini anda bisa melakukan Camping bersama keluarga anda, di sini pula anda akan merasakan hidup di alam yang sesungguhnya. Jangan lupa membawa bahan makan untuk menikmati keindahan alam di Pulau Batee.

Di pulau ini terkenal dengan adanya pantai yang memiliki keindahan laut. Pantai tersebut adalah tempat yang sangat sempurna untuk bersantai dan menikmati angin sejuk bersama keluarga anda. Di pulau tersebut pula masih banyak sekali ikan yang bisa anda dapatkan dengan cara di pancing untuk kemudian di olah menjadi bekal pengisi perut.  Perjalanan ke pulau ini memang sangat melelahkan sekali, jadi anda harus benar – benar menyiapkan mental yang matang mulai dari tenaga, badan yang sehat, perlengkapan camping, bahan makanan, dan yang lainnya.

Rute Menuju ke Pulau Batee

Untuk anda yang ingin benar – benar ke Pulau Batee, jika anda memulai perjalanan dari kota Banda Aceh, anda harus pergi ke Kabupaten Aceh Besar terlebih dahulu, untuk jaraknya sekitar 31 km. Jadi anda memerlukan waktu kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi sana.

Setelah itu anda perlu menuju ke sebuah pelabuhan Ulee Lheu.

Di pelabuhan, anda harus menyewa kapal untuk menyebrangi Pulau. Dan untuk menyebrang, anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai ke Lokasi Pulau ini.

Nah mungkin itu saja sedikit mengenai artikel dan ulasan tentang Pula Batee. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda yang mau pergi ke sana. Seperti yang sudah saya singgung di atas, di sana tidak ada sama sekali penduduk lokal. Jadi anda harus benar – benar menyiapkan semuanya sebelum berangkat ke sana. Dan juga jika kalian mau cari fasilitas lainnya, di sana benar – benar tidak ada sama sekali. hmm, sepertinya hanya petualang sungguhan yang mampu menyiapkan mental untuk main ke pulau tersebut.

Sekian artikelnya di tunggu komentar pengalaman anda yang pernah ke sana, sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Scroll back to top