Pantai Thailand Simeulue: Surga di Aceh yang Cantik Menawan

Pantai Thailand Simeulue – Pantai yang menawarkan panorama khas yang sungguh cantik. Kecantikannya terbentang diantara selat dan membentuk lengkungan layaknya teluk. Tak hanya indah dipermukaan, beraneka biota laut yang sungguh memukau tersimpan rapi untuk dinikmati para wisatawan pecinta diving dan snorkeling.

Pantai Thailand Simeulue terletak kepulauan Simeulue yang awalnya masih bagian dari Aceh Barat. Namun semenjak memisahkan diri dari Aceh Barat di tahun 1999, Kabupaten inipun dari waktu ke waktu berbenah khususnya dalam hal sektor wisata, peternakan dan juga kelautan.

Bentuk demografi Kabupaten Simeulue yang berupa gugusan kepulauan membuatnya memiliki begitu banyak pantai yang menawarkan panorama yang menawan, salah satunya pantai Thailand Simeulue atau dikenal juga dengan pantai Labuhan Bhakti atau yang sering disebut sebagai surga tersembunyi.

Keindahan panorama di pantai ini bukanlah sekedar isapan jempol belaka. Hal ini bisa terlihat dari paduan pasir putih yang menghampar luas disepanjang pantai dengan warna hijau tosca dari air laut yang sungguh memukau. Jajaran pepohonan hijau yang mengelilingi pantai juga semakin menambah kesan pantai yang masih perawan, natural, alami dan sangat asri.

Asal Usul Nama Pantai Thailand Simeulue

Dari cerita yang beredar, nama pantai Thailand diberikan karena dulunya selat ini sering digunakan pedagang Thailand. Memang di tahun 1993-2003 selat dan juga pantai ini dijadikan sebagai dermaga angkut kayu yang ke Thailand. Ketika itu para pekerja membangun camp sebagai tempat tinggal sementara. Karena hal inilah kemudian tempat ini diberi sebutan Camp Thailand.

Namun, akhirnya sebelum tsunami yang terjadi di tahun 2004 silam, para pekerja dari Thailand inipun bubar dikarenakan beberapa hal. Tak ada yang tersisa kecuali log-log pohon kelapa.

Pesona Keindahan Pantai Thailand Simeulue

Pantai yang membentang cantik layaknya teluk ini berada di sebuah selat pemisah antara Pulau Simeulue dengan pulau disebelahnya. Dikelilingi oleh deretan pepohonan hijau serta penampakan kecoklatan teluk dari kejauhan semakin menambah keeksotisan dan daya tarik pantai ini dibanding yang lainnya. Belum lagi hamparan padang rumput hijau tak jauh dari pantai yang menciptakan suasana yang begitu sejuk dan asri.

Tak berhenti disitu, gradasi warna sinar matahari yang berkilau bercampur dengan warna hijau tosca air laut dan warna putih pasir pantai membuatnya jadi begitu menawan. Belum lagi suara deburan ombak yang menabrak bibir-bibir pantai seakan berteriak menyambut kedatangan wisatawan.

Baca Juga : Panorama Wisata Pantai Lampuuk Banda Aceh Besar

Keindahan pantai Thailand tak hanya berhenti di permukaannya saja. Keindahan bawah lautnya juga begitu menggoda, khususnya bagi para divers pecinta olahraga snorkeling. Tidak berbatasan langsung dengan samudra menjadikan nilai tambah tersendiri.

Gelombang ombak yang tenang, dan air yang jernih menjadi nilai tambah bagi para divers berlama-lama menikmati setiap jengkal keanekaragaman biota laut di pantai Thailand hingga kedalaman 8 meter. Lelah dengan kegiatan main air, wisatawan bisa bersantai di atas hamparan pasir yang putih nan lembut.

Bak pantai pribadi, pantai Thailand menawarkan segala keindahan bak surga yang bisa leluasa untuk ditelusuri di dunia nyata.

Aktivitas dan Kegiatan Menarik di Pantai Thailand Simeulue

Pantai Thailand Simeulue tak hanya menyajikan pemandangan yang mampu memanjakan mata saja. Disini wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas yang mengasyikkan untuk mengeksplorasi keindahan pantai Thailand. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Snorkeling

    Permukaan air yang sangat tenang dan jernih membuat pantai yang indah ini mirip seperti danau. Beragam biota laut seperti table coral, soft coral, spoon coral bisa ditemui dengan mudah di kedalaman 2-3 meter. Gradasi warna-warni yang indah dengan beberapa jenis ikan karang yang berlalu-lalang membuat siapapun ketagihan.

  2. Free Dive

    Selat yang serupa dengan rawa-rawa, air selat yang cenderung tenang dan dikeliling oleh daratan dan pulau membuat pengalaman free dive disini sangatlah menggoda.

  3. Piknik

    Pantai Thailand memiliki area yang luas layaknya lapangan golf. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan hawa pantai sambil bersantai. Disini anak-anak juga diperbolehkan berenang di bibir pantai Thailand yang indah. Jika tidak ingin snorkeling, wisatawan bisa menikmati cantiknya ikan-ikan kecil yang berenang diantara karang dari permukaan air.

  4. Camping

    Pantai Thailang juga menawarkan spot bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan malam di tepian pantai. Apalagi ketika bulan purnama. Cahaya bulan yang terang ditambah dengan angin pantai yang sepoi-sepoi seakan mampu menerbangkan segala penat. Ditambah lagi suara kicauan burung yang nyaring dengan suara debur ombak yang sangat menenangkan. Aktivitas bakar ikan hasil pancingan juga jadi salah satu hal yang paling menyenangkan untuk menikmati keindahan pantai dimalam hari.

  5. Hunting foto

    Pantai Thailand penuh dengan spot yang indah. Jadi sangat disayangkan untuk tidak memanfaatkannya. Disini Kamu akan dimanjakan dengan beragam objek cantik disetiap sudutnya. Abadikan setiap sudut, setiap detiknya dengan jepretan terbaik.
    Hamparan pasir putih, lautan yang jernih dan tenang, padang rumput yang luas atau hijaunya deretan pepohonan bisa jadi background foto terbaik untuk kenangan di Pantai Thailand.

Fasilitas Pantai Thailand Simeulue

Kelengkapan fasilitas menjadi salah satu hal yang diutamakan dari surga tersembunyi ini. Disini wisatawan bisa memanfaatkan beberapa fasilitas umum semisal gubuk sederhana di tepian pantai, masjid untuk beribadah, toilet hingga tempat parkir yang luas.

Sekitaran pantai juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan ringan dan juga olahan seafood yang sangat menggugah selera. Apalagi kabupaten Simeulue merupakan salah satu kabupaten penghasil lobster terbesar di Aceh. Jadi, disini wisatawan bisa menikmati kuliner olahan lobster dengan rasa khas yang pastinya sungguh nikmat.

Selain beberapa fasilitas yang telah disediakan diatas, Pantai Thailand Simeulue juga menyediakan pemandu wisata khususnya untuk wisatawan yang ingin snorkeling atau free dive. Bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana romantisnya malam hari di pantai Thailand, bisa mendirikan camp ditempat yang sudah disediakan disekitaran pantai.

Akses Menuju Pantai Thailand Simeulue

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kabupaten Simeulue bisa mendatangi pantai Thailand Simeulue dari dua jalur utama yakni laut dan udara. Jika memilih jalur laut, sebelumnya wisatawan harus menuju ke Pelabuhan Labuhan Haji yang terletak di Aceh Selatan. Barulah setelah itu menuju ke Pelabuhan Sinabang. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kapal feri dengan kisaran waktu 10 jam.

Sedangkan untuk wisatawan yang ingin lebih cepat sampai ke pantai Thailand Simeulue, bisa menggunakan alternative jalur udara. Jika menempuh jalur udara, langsung turun di bandara Lasikin yang terletak di Kota Sinabang. Sesampai di Sinabang, untuk sampai di tujuan, wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam.

Mungkin perjalanan untuk menemukan sebuah surga tersembunyi ini cukup lama, namun apa yang akan didapat sebanding dengan keindahan yang ditawarkan. Seperti sebutannya, disini Kamu akan menemukan sebuah surga yang tersembunyi, pantai Thailand Simeulue.

Leave a Comment

Scroll back to top