Pantai Sumur Tiga Sabang : Ulasan Lengkap

Pantai Sumur Tiga Sabang : Ulasan Lengkap

Pantai Sumur Tiga Sabang adalah pantai yang masih alami di Aceh. Pantai ini memiliki pohon kelapa dan pohon palem yang menambah keeksotisan pantai ini. Pantai Tiga Sumur juga begitu dekat dengan benteng sisa penjajahan Jepang yang bisa Anda eksplorasi. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat lumba-lumba muncul di pantai ini.

Menariknya dari Pantai Sumur Tiga adalah Anda juga bisa memancing dengan berbagai perahu yang  ada di pantai ini. Pantai yang memiliki warna  biru  jernih ini sangat menenangkan jiwa dan sayang untuk Anda lewatkan jika sudah berada di Aceh.

Lokasi Pantai Sumur Tiga

Lokasi pantai Sumur Tiga berada di pantai timur Pulau Weh atau sekitar 15 menit dari kota Sabang,. Lebih tepatnya pantai ini berada di Kecamatan Lemeulee, Sukajaya, Pulau Weh, Sabang. Pantai ini akan memukau siapa saja yang datang dan membuatnya sangat nyaman untuk berlama-lama.

Untuk bisa sampai ke pantai ini, Anda harus menyeberang ke Pulau Weh. Anda bisa menyeberang menggunakan feri atau perahu dari Pelabuhan Ulee Lheue di Kota Aceh menujuĀ  ke Pelabuhan Balohan yang berada di Sabang.

Baca Juga : Gua Sarang di Sabang, Tempat Yang Pas Untuk Memanjakan Mata

Adapun jika Anda ingin berkeliling Pulau Weh atau Sabang maka Anda dapat menyewa mobil atau sepeda motor agar perjalanan wisata Anda menjadi lebih mudah karena daerah ini sangat  minim transportasi umum. Bepergian dengan kendaraan pribadi akan menjadi sensasi yang menarik dan mengesankan selama Anda liburan di Sabang.

Apalagi dari Kota Sabang ke Pantai Sumur Tiga jalannya sangat mulus dan tidak ada jalan yang berlubang, cocok dilalui dengan kendaraan pribadi. Selama perjalanan menuju pantai ini, Anda akan melihat berbagai pemandangan indah karena di sebelah kiri kanan jalan akan ada banyak tanaman seperti hutan tropis.

Pantai Sumur Tiga menawarkan keindahan alam laut dengan lingkungan yang masih bersih sekali. Tidak heran jika pantai Sumur Tiga adalah tempat ideal untuk memandangi keindahan matahari saat terbit karena langitnya pun juga bersih. Terlebih pantai ini berada di sisi timur Pulau Weh, maka pemandangan akan lebih menakjubkan saat matahari datang.

Asal Mula Nama Pantai Sumur Tiga Sabang

Pantai ini dinamai Sumur Tiga, sesuai dengan namanya pantai ini memiliki tiga sumur air tawar yang ada di sepanjang pantai ini. Pasir yang ada di Pantai Sumur Tiga ini memiliki karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan  Pantai Iboih atau Pantai Gapang.

Sumur tiga pesisir ini memiliki air dengan warna putih bersih meskipun airnya bisa dikatakan sedikit memiliki ombak. Pantai berpasir putih ini sangat ideal dijadikan destinasi bagi Anda yang ingin berbulan madu. Selain menikmati pasir dan ombak pantai yang indah, pantai ini juga dilengkapi dengan perbukitan hijau dan juga hutan tropis.

Berjalan-jalan menyusuri pantai sambil mengobrol dengan nelayan akan membuat Anda lebih mendalami karakter masyarakat Aceh karena penduduk daerah inipun sangat ramah. Bahkan banyak wisatawan asing terpikat dengan pantai ini dan berkenalan dengan masyarakat setempat.

. Ya, karena banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk berenang dan menyelam jadi jangan heran jika nantinya Anda mendapati banyak orang berenang. Pantai Sumur Tiga Sabang adalah alternatif tempat snorkling asyik yang ada di Pulau Weh. Jika Anda tidak suka berenang, menikmati pemandangan dari bibir pantai akan menjadi pengalaman yang menyenangkan

Daya Tarik Pantai Sumur Tiga Sabang

Ada beberapa daya tarik yang memikat wisatawan untuk datang ke pantai Sumur Tiga, di antaranya adalah :

Tempat untuk Menyelam

Pantai Sumur Tiga adalah surga bagi wisatawan yang menyukai kegiatan menyelam atau snorkeling.  Pantai ini memiliki pasir yang putih dan sangat bersih. Warna laut di pantai ini juga bersih dengan warna bak langit. Salah satu tempat snorkeling yang wajib Anda kunjungi saat bepergian ke Pulau Sabang adalah pantai Sumur Tiga ini.

Bagi wisatawan asing atau wisatawan lokal, pantai ini menjadi surga untuk snorkeling karena ombaknya yang tidak terlalu besar dan lautnya yang tidak terlalu dalam. Banyak wisatawan yang bahkan sampai membawa peralatan menyelam sendiri untuk bisa menikmati keindahan bawah laut pantai Sumur Tiga Sabang.

Tempat Berselancar yang Asyik

Selain menyelam, tempat ini juga sering digunakan untuk berselancar. Anda juga dapat melakukan kegiatan selancar karena perairan di Pulau Sabang sangat tenang dan anginnya pun cukup besar. Tidak heran jika tempat wisata ini menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin berselancar. Anda juga bisa memancing di pantai ini karena tidak sulit untuk mendapatkan ikan sebanyak apapun.

Anda juga bisa memancing di laut dengan menyewa perahu nelayan setempat. Bisa juga Anda berjemur karena terdapat pohon kelapa dan palem yang melambai. Banyak wisatawan asing yang berjemur di pantai ini dan berbaring di pasir pantai Sumur Tiga yang halus dan lembut.

Anda tidak perlu takut kepanasan karena pantai ini dilengkapi dengan hutan tropis dan dikelilingi bukit yang menjulang tinggi. Sambil minum kelapa muda, berjemur di bibir pantai akan menjadi kegiatan yang asyik untuk Anda coba.

Terdapat 3 Sumur Air Tawar

Salah satu keunikan dari pantai Tiga Sumur adalah adanya sumur yang merupakan air tawar di sekitar air lut yang asin. Walau sumur hanya berjarak 15 meter dari air laut, namun sumber air yang ada di ketiga sumur ini tetaplah tawar. Ajaib bukan?

 Tiga sumur dengan sumber air tawar inilah yang menjadi ikon dan menjadi cikal bakal nama pantai di Pulau Weh, Sabang ini. Di sisi lain, sepanjang tepi pantai ini juga masih berjajar pohon kelapa, sehingga cocok untuk berteduh saat matahari sedang panas-panasnya.

Berwisata Kuliner

Di pantai ini, Anda juga bisa berwisata kuliner karena makanan dan minuman di pantai Sumur Tiga sangat enak dan lezat. Ada beberapa menu khas Aceh dan menu makanan Eropa dengan harganya yang tidak terlalu mahal.

Kuliner daerah Sabang ini akan spesialnya menyajikan berbagai makanan seafood  mengingat letaknya yang dekat dengan laut.. Salah satu menu yang bisa Anda coba di pantai Tiga Sumur ini adalah mie Aceh dengan pilihan seafood. Mie Aceh sangat terkenal di nusantara ini karena ukuran mienya yang unik, jauh lebih besar dari mie pada umumnya.

Jika mie pada umumnya digoreng menggunakan saus dan kecap, maka mie Aceh yang dijual di pantai ini dilengkapi dengan bumbu khas Aceh yang rasanya pedas. Di pantai ini pula Anda bisa mencicipi kopi Aceh yang terkenal dengan cita rasanya yang kuat. 

Belanja Souvenir

Jika Anda ingin berbelanja souvenir, di pantai ini Anda juga bisa mencari suvenir menarik di Jalan Perdagangan. Walau letaknya agak jauh dari pantai ini, toko-toko souvenir di sepanjang jalan Perdagangan menyediakan banyak sekali souvenir yang terbuat  dari batok kelapa. Souvenir ini adalah hasil karya komunitas Desa Ujung Kareung.

Bukan hanya terdapat souvenir yang menarik, sederet toko ini juga menjual berbagai macam jajanan khas daerah Sabang.

Leave a Comment