Menaklukkan Ombak Tinggi Pantai Sorake di Nias Selatan

Pantai Sorake, Nias Selatan

Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri dari ribuan pulau membentuk satu kesatuan. Pulau Nias yang masuk dalam wilayah propinsi Sumatera Utara merupakan salah satu daerah pengembangan wisata tersohor. Pulau yang memiliki sejarah, budaya dan potensi wisata alam terbaik ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda.

Salah satu destinasi wisata populer di Kabupaten Nias Selatan adalah Pantai Sorake. Apa yang menarik dari pantai pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini?

Eksotisme Pantai Sorake yang menjadi primadona Nias

Pantai Sorake disebut sebagai tempat terbaik untuk berselancar setelah Hawai sejak Kevin Lovett dan John Giesel asal Australia menemukan pantai ini pada tahun 1975. Sejak penemuan pantai oleh dua peselancar profesional tersebut, nama Sorake begitu terkenal dikalangan surfer internasional hingga sekarang.

Tak heran kalau pantai yang memiliki lokasi berdekatan dengan Pantai Lagundri ini juga masuk dalam daftar 10 pantai surfing terbaik di seluruh dunia.

Pada bulan April hingga September, Pantai ini ramai dikunjungi turis baik lokal hingga asing demi menaklukkan ombak tinggi yang berasal dari Samudera Hindia langsung. Ombak di pantai ini tak main-main sebab bisa mencapai tinggi hingga 15 meter dengan panjang beratus meter jauhnya.

Ombak Sorake bisa menggulung utuh hingga ke bibir pantai tanpa pecah sama sekali. Sama seperti ombak di Pantai Lagundri, ombak khas Sorake juga memiliki lima tingkatan yang memungkinkan peselancar mencoba berbagai gaya.

Sorake bisa menggulung utuh hingga ke bibir pantai tanpa pecah sama sekali. Sama seperti ombak di Pantai Lagundri, ombak khas Sorake juga memiliki lima tingkatan yang memungkinkan peselancar mencoba berbagai gaya.

Sorake bisa menggulung utuh hingga ke bibir pantai tanpa pecah sama sekali. Sama seperti ombak di Pantai Lagundri, ombak khas Sorake juga memiliki lima tingkatan yang memungkinkan peselancar mencoba berbagai gaya.

Pada saat purnama tiba, turis yang ingin menantang adrenalin akan menikmati setiap gulungan ombak yang lebih ekstrem dengan panjang hingga 200 meter. Uniknya, ombak Pantai ini bisa datang kapan saja tanpa menunggu jeda waktu.

Sungguh surga dunia bagi para penggila olahraga air ekstrem seperti surfing. Kalau Anda memiliki kemampuan berselancar atau ingin menyaksikan atraksi para peselancar profesional, bisa langsung ke Nias untuk menyaksikan Festival Nias Selatan Open Surfing Contest dan Nias Pro.

Tak hanya para peselancar elit saja yang bisa menaklukkan ombak menantang dari Pantai ini tetapi pemula pun bisa ikut menikmati lho! Kalau Anda tidak memiliki kepiawaian berselancar, bisa belajar langsung pada anak-anak muda Nias.

Mereka akan senang hati menjadi pelatih dan mengajari pemula belajar teknik berselancar. Waktu paling direkomendasikan untuk mencoba menaklukkan ketakutan Anda pada ombak Sorake yang ringan adalah pagi hari.

Kalau sudah lelah berselancar hingga terik matahari terasa menyengat tubuh, Anda bisa merelaksasikan badan dan pikiran sejenak di tepi pantai. Pemandangan alam Pantai Sorake yang menawan cocok menenami siang Anda sembari menyaksikan atraksi para peselancar elit yang mencoba berbagai gaya.

Kalian mungkin suka : Pantai Sumur Tiga Sabang : Ulasan Lengkap

Hamparan pasir putih halus Pantai Sorake dengan kilau air laut yang jernih menjadi kelebihan dari pantai ini. Selain itu, batu karang yang ada di sekitar pantai akan membentuk pemandangan alam luar biasa.

Panorama sunset di Pantai Sorake selalu menjadi momen perburuan para pecinta fotografi. Perpaduan warna jingga yang merona dengan ombak menggulung di sore hari akan membuat semua rasa stress Anda menghilang seketika.

Tak hanya itu saja, terdapat fasilitas menarik seperti snorkeling dan diving mengeksplorasi keindahan terumbu karang di Sorake yang bisa Anda manfaatkan dengan baik. Pokoknya, wajib banget mengajak orang tersayang menikmati setiap jengkal keindahan pantai eksotis di Nias Selatan ini.

Bagi pecinta selfie, Pantai Sorake ini sangat cocok melengkapi koleksi fotografi Anda. Setiap foto yang Anda bagikan di akun media sosial bakal mendapatkan feedback positif dari para followers.

Dijamin kalau Anda bakal memiliki pengalaman seru dan tidak terlupakan di Pantai Sorake yang menawan ini. Jika tak ingin segera beranjak dari Sorake untuk menjelajah potensi wisata alam di Nias yang lain, Anda bisa memutuskan untuk menginap di homestay atau hotel berbintang yang ada di sekitar pantai.

Fasilitas menginap di Pantai Sorake

berselancar di pantai sorake

Pantai Sorake merupakan destinasi favorit turis internasional yang suka berselancar. Jadi, Anda tidak akan kesulitan menemukan penginapan yang cocok untuk beristirahat di sini.

Ada pilihan penginapan model homestay yang mematok harga relatif murah mulai harga 100 ribu per malam dengan fasilitas standar seperti tempat tidur, toilet, air bersih, listrik, kipas angin dan lain-lain. Kalau ingin mendapatkan penginapan yang jauh lebih berkelas, Anda bisa memilih hotel berbintang seperti Sorake Beach Hotel.

Sebaiknya Anda memesan jauh hari kalau ingin menikmati wisata di Pantai Sorake tanpa terganggu masalah penginapan. Pada bulan Juni-Juli, homestay dan hotel bisa penuh pesanan mengingat ombak pantai begitu bagus.

Baca juga : Pantai Thailand Simeulue: Surga di Aceh yang Cantik Menawan

Para peselancar domestik hingga mancanegara tentu tidak ingin melewatkan momen memburu ombak Sorake. Selain itu, pastikan Anda menyiapakn kesehatan fisik, mental dan finansial, ya! Anggaran perjalanan menuju ke pantai yang eksotis ini jauh lebih mahal dibandingkan biaya akomodasi lain.

Lokasi dan akses terbaik menuju Pantai Sorake

Pantai Sorake berada di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan yang bisa diakses lewat jalur udara dan darat. Kalau Anda memiliki longgaran dana, bisa memilih jalur penerbangan saja yang lebih cepat.

Info terkini, tak hanya maskapai seperti Wings Air atau Lion Air yang melayani penerbangan ke Gunungsitoli namun penerbangan eksklusif Garuda yang membutuhkan waktu satu jam saja menuju Nias. Berikut detail rencana perjalanan menuju ke Sorake lewat udara dan darat.

  • Perjalanan melalui udara

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih kalau ingin terbang langsung ke Nias yaitu transit dulu ke Bandara Kualanamu yang ada di Medan atau Padang langsung ke Bandara Binaka di Gunungsitoli, Nias.

Anda bisa memilih maskapai penerbangan yang melayani rute menuju ke Gunungsitoli. Setelah sampai di bandara, Anda bisa langsung menggunakan transportasi umum dari Gunungsitoli menuju ke Pantai Sorake.

Tarif mini bus menuju ke Pantai ini lumayan murah sekitar 60 ribu sedangkan Anda yang lebih menyukai privasi bisa memilih jasa travel. Armada travel dari Gunungsitoli menuju ke destinasi wisata biasanya mematok harga mulai 100 ribuan.

  • Perjalanan jalur darat dan laut

Anda bisa memulai perjalanan dari kota Medan atau Padang menuju ke Sibolga melalui jalur darat. Kota Sibolga merupakan kota terdekat dengan Pulau Nias yang memiliki pilihan transportasi menuju ke Gunungsitoli menggunakan penyeberangan jalur laut.

Anda bisa memilih kapal feri biasa yang membandrol tarif lebih murah dengan durasi penyeberangan lumayan lama sekitar 10-11 jam. Sedangkan Anda yang ingin segera tiba ke Gunungsitoli lebih cepat, bisa memilih kapal feri cepat yang hanya perlu waktu menyeberang sekitar 3 jam saja. Tentukan saja mana pilihan transportasi yang sesuai dengan kebutuhan liburan Anda.

Beberapa informasi penting terkait rencana perjalanan Anda menuju ke Pantai Sorake di atas bisa menjadi bahan pertimbangan tersendiri. Siapkan saja budget yang pas untuk tujuan liburan Anda kali ini! Ajak si dia menikmati panorama matahari terbenam di atas batu karang Sorake yang indah, yuk!

Leave a Comment

Scroll back to top