Menikmati Eksotisme Pantai Lagundri Yang Menjadi Surga Para Surfer

Menikmati Eksotisme Pantai Lagundri Yang Menjadi Surga Para Surfer

Pulau Nias telah lama dikenal sebagai cuilan surga yang ada di Indonesia. Meski pulau ini pernah porak poranda akibat terjangan Tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 lalu, Nias kembali berbenah.

Potensi wisata pantai yang dimiliki pulau yang masuk wilayah provinsi Sumatera Utara ini begitu besar. Tak heran kalau banyak pelancong lokal atau mancanegara menjadikan Nias sebagai destinasi wisata. Salah satu pantai terbaik yang dimiliki kawasan wisata ini adalah Pantai Lagundri.

Pantai Lagundri juga termasuk kedalam jajaran Tempat Wisata di Sumatera Utara yang paling layak di kunjungi pada tahun 2019 ini.

Apa yang menarik dari Pantai Lagundri?

Tak hanya tradisi  Hombo Batu atau lompat batu saja yang populer dari Nias tetapi keberadaan Pantai Lagundri yang menjadi surga bagi para peselancar. Berdasarkan info terkini, pantai cantik ini masuk dalam daftar 10 pantai terbaik di dunia untuk surfing.

Keren banget, bukan? Para peselancar sejati sudah membuktikan ombak pantai Samudera Hindia yang menantang adrenalin. Tak heran sejak nama pantai ini terkenal sebagai tempat berselancar terbaik pada tahun 1993, popularitas pantai ini tidak pernah surut.

 Anda yang ingin mencoba sensasi memburu angin yang akan mengarahkan pada ombak panjang dari arah selatan, bisa langsung datang ke lokasi Pantai Lagundri, ya! Pantai ini memiliki ombak dengan tinggi delapan hingga sepuluh meter atau lima tingkatan ini juga memiliki panjang hingga beratus meter.

Tak mengherankan kalau para surfer suka sekali memburu ombak terpanjang di pantai ini. Nias Open merupakan agenda kejuaraan berselancar rutin yang selalu diikuti banyak peserta dari berbagai negara internasional.

Ada pula anak-anak muda Nias yang siap menjadi pelatih untuk Anda yang ingin belajar berselancar. Sudah datang jauh-jauh dari kota asal ke pantai surga surfer, rasanya tidak akan lengkap tanpa belajar berselancar, bukan?

Anak muda Nias ini akan memberikan informasi terkait jenis-jenis ombak yang ada di Lagundri termasuk mengajarkan teknik berselancar bagi pemula yang minim teknik menaklukkan ombak.

Anda bisa mencoba belajar berselancar pada pagi hari saat ombak masih begitu tenang. Kalau sudah mahir berselancar, Anda bisa mencoba menaklukkan ombak Lagundri saat siang atau sore hari. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap potret liburan Anda di pantai eksotis ini, ya!

Bagi wisatawan yang ingin menikmati berselancar asyik di Pantai Lagundri, waktu terbaik yang paling direkomendasikan adalah bulan Juni atau Juli. Pada bulan-bulan ini, kondisi ombak di pantai terbaik Nias ini benar-benar bagus.

Namun, Anda yang tidak memiliki kepiawaian berselancar, tetap bisa mengunjungi pantai hanya demi menikmati secuil surga yang menawarkan eksotisme. Ya, eksotisme Pantai Lagundri tidak hanya dikenal karena menjadi surga bagi peselancar profesional saja.

Tetapi, keindahan alam yang dimiliki pantai ini menjadi magnet pariwisata di Pulau Nias. Anda bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang halus dilengkapi dengan warna biru langit dan laut menjadi landskap alam terbaik di bumi nusantara.

Baca juga : Pantai Thailand Simeulue: Surga di Aceh yang Cantik Menawan

Dijamin foto Anda berlatar spot alam terbaik di Nias ini bakal mendapatkan ulasan positif saat diunggah di akun sosial media lho! Rasanya tidak akan puas menghabiskan waktu sehari saja di Pantai Lagundri sehingga Anda disarankan untuk menginap.

Pasalnya, fenomena sunset di pantai ini merupakan salah satu yang terbaik di antara deretan pantai yang ada di Indonesia. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menghilangkan kepenatan dari aktivitas rutin di perkotaan yang membosankan.

Fasilitas Pantai Lagundri

pantai lagundri
kegiatan surfer yang dapat di lakukan di pantai lagundri

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Pantai Lagundri terlalu indah kalau dilewatkan hanya sehari saja. Anda bisa menginap selama beberapa hari untuk menikmati setiap jengkal kenikmatan alam yang eksotis ini.

Soal penginapan, pantai ini telah memiliki deretan homestay di pinggir pantai yang siap menjadi tempat akomodasi terbaik. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal mulai 75 ribu rupiah saja per malam untuk sarana yang mumpuni seperti tempat tidur, toilet, air bersih, kipas angin dan listrik.

Soal kuliner di Pantai Lagundri, harga makanan yang ditawarkan sekitar pantai atau Nias Selatan masih ramah di kantong kok. Anda bisa menikmati aneka makanan khas dari Nias Selatan seperti kofo-kofo, bipang tello, sagu bone dan babae.

Nias Selatan juga dikenal dengan hasil kerajinan tangan yang sangat cocok sebagai buah tangan untuk keluaga, rekan atau saudara saat Anda kembali ke domisili.

Hal yang sering menjadi kendala bagi wisatawan yang hendak menikmati ombak terbaik di Nias adalah akomodasi perjalanan. Ya, Anda memang harus mempersiapkan budget khusus untuk perjalanan menuju ke surga berselancar ini. Berikut lokasi dan akses perjalanan menuju ke Lagundri yang bisa Anda jadikan referensi.

Lokasi dan akses Pantai Lagundri

Pantai Lagundri berlokasi di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Lokasi pantai berdekatan dengan Pantai Sorake yang juga menjadi primadona wisata Nias Selatan.

Anda perlu menempuh jarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Nias Selatan menuju destinasi wisata tujuan para peselancar profesional ini. Ya, perjalanan yang sedikit menguras tenaga sebab lokasi wisata cukup terpencil namun memiliki suasana yang masih perawan.

Akses menuju ke Pantai Lagundri sendiri bisa Anda pilih dengan dua cara yaitu jalur udara dan darat berikut ini.

  • Perjalanan jalur udara

Kalau Anda datang dari kota atau daerah lain bisa langsung memilih penerbangan menuju ke Bandara Kualanamu yang ada di Medan. Anda bisa memilih maskapai yang melayani penerbangan menuju ke Nias pada jadwal pagi hari atau pukul 07.00 WIB yaitu Wings Air. Sedangkan jika ingin kembali ke Bandara Kualanamu, Anda bisa memilih penerbangan dari Gunungsitoli Nias pada pukul 08.20 WIB.

  • Perjalanan jalur darat dan laut

Bagi wisatawan yang lebih menyukai perjalanan jalur darat dibandingkan penerbangan, bisa memilih kota Sibolga yang berlokasi paling dekat dengan Pulau Nias. Di Sibolga, sudah tersedia armada travel atau bus antarkota yang siap mengantarkan Anda menuju ke Nias.

Anda tetap akan menyeberang menggunakan kapal feri atau kapal laut yang biasa berangkat pukul 21.00 WIB dan sampai di Nias pada pukul 07.30 WIB. Ya, perjalanan jalur laut ini membutuhkan waktu sekitar 11 jam. Anda bisa memilih perjalanan laut lebih efisien dengan menyewa kapal penyeberangan lebih cepat dengan biaya yang lebih besar pula.

Harga perjalanan menuju ke Nias memang tidak murah sehingga Anda perlu mempersiapkan rencana anggaran secara matang agar tidak terjadi masalah kemudian hari. Kalkulasikan biaya perjalanan Anda beserta akomodasi selama menginap di Pantai Lagundri sehingga Anda bisa menentukan rencana jadwal kunjungan mulai sekarang.

Mungkin tertarik : Persembahan Unik Dari Pantai Lhok Mee di Aceh

Perjalanan yang melelahkan berjam-jam tersebut akan tertebus saat Anda menikmati setiap jengkal keindahan yang dimiliki pantai ini. Jangan lupa untuk mengajak pasangan atau teman menikmati malam istimewa di pinggir Pantai Lagundri, ya! Yuk, nikmati wisata anti mainstream Anda dengan terbang ke Gunungsitoli sekarang juga!

Leave a Comment