Pantai Gandoriah Pariaman, Primadona Wisata Bahari Yang Ada Di Kota Pariaman

Pantai Gandoriah Pariaman, Primadona Wisata Bahari Yang Ada Di Kota Pariaman

Pantai Gandoriah Pariaman adalah tempat wisata kebanggaan orang Pariaman. Berada 60 km dari kota Padang, pantai ini menawarkan panorama keindahan yang sangat memukau. Nah, seperti apa sih pesona yang ditawarkan oleh pantai ini? Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya.

Keindahan Pantai Gandoriah

Memiliki garis pantai yang landai dan pasir putih yang bersih, membuat anda bisa dengan bebas menyusuri pantai ini, tidak hanya dengan berjalan kaki saja, namun juga bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Di tempat wisata alam Sumatera Barat ini pun anda bisa melihat enam gugusan pulau kecil yang sangat cantik. Keenam pulau tersebut adalah Pulau Ujung, Pulau Tangah, Pulau Angso, Pulau Bando, Pulau Gosong, dan Pulau Kasiak. Apakah gugusan pulau ini bisa dikunjungi? Bisa kok caranya adalah dengan memanfaatkan transportasi perahu motor.

Untuk anda yang ingin bersantai di pantai ini, terdapat banyak payung ceper sebagai tempat
nongkrong bersama keluarga, pasangan, maupun teman. Bahkan biasanya para pemilik payung menawarkan juga minuman dan makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga sambil bersantai anda pun dapat mengisi perut yang sedang keroncongan ya! Ada banyak aktivitas rekreasi laut di pantai ini, dari mulai berenang, berselancar, dan berbagai aktivitas lainnya yang menyenangkan untuk dilakukan.

Festival Tabuik

Kulinernya lezat-lezat, panorama Pantai Gandoriah Pariamannya oke, namun ternyata masih ada lagi hal menarik lainnya yang akan membuat anda semakin menyukai pantai ini. Yang jelas pantai ini sering mengadakan berbagai event budaya. Nah salah satunya adalah Festival Tabuik. Tahukah anda bahwa Festival Tabuik rutin diselenggarakan pada tanggal 10 Muharram, dan pada momentum ini akan banyak orang yang datang ke pantai ini. Masih asing dengan Festival ini? penjelasannya memang cukup panjang, tetapi singkatnya festival ini adalah perayaan lokal dalam rangka untuk memperingati asyura. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah menampilkan kembali pertempuran yang terjadi di Karbala.

Nasi Sek

Saat datang ke Pantai Gandoriah, jangan lupa untuk mencicipi Nasi Sek ya. Wah, namanya sedikit rancu ya! Namun jangan berpikir negatif dulu karena penamaan “Sek” ini adalah sebuah singkatan “Sepuluh ribu enak kenyang”. Memang porsinya sangat sedikit seperti halnya nasi kucing yang ada di Jogja.

Nasi Sek ini dibungkus memakai daun pisang, selanjutnya dihidangkan dengan berbagai lauk pauk sesuai selera. Meskipun katanya sepuluh ribu enak kenyang, tetapi hal ini tergantung juga terhadap jenis lauk pauk yang anda inginkan. Jika makannya ditambah dengan semur jengkol, patinya harganya akan lebih dari itu. Walaupun begitu, makanan ini enak banget kok. Dijamin anda akan kembali ke Pantai Gandoriah Pariaman ini untuk mencicipi Nasi Sek.

Leave a Comment