Mengulas Danau Laut Tawar Yang Berada di Takengon

Mengulas Danau Laut Tawar Takengon – Halo kawan semua sahabat tementravel.id ! kemarin kita sudah membahas 2 air terjun yang berada di Aceh yaitu Air Terjun Suhom dan Air Terjun Blang Kolam. Gimana tertarik bukan? Pada kesempatan ini admin akan mengulas mengenai Danau Laut Tawar yang berada di kota Takengon.

Danau Laut Tawar

Di Wilayah Aceh Tengah ada sebuah tempat wisata yang di namakan Danau laut Tawar. Tempat ini menjadi tempat hunting foto yang sangat di gemari oleh para wisatawan. Dan juga di gemari anak – anak muda yang suka berpetualangan. Danau Laut tawar ini telah menyimpan banyak sekali keindahan. Saya sendiri sangat suka dengan panorama keindahan danau ini. Danau tersebut merupakan sumber air tawar terbesar di aceh dengan memiliki volume yaitu 2,5 triliun liter. Semua ini merupakan aset penting yang sangat menjamin bagi warga aceh tengah bahwa mereka tidak perlu kawatir lagi akan segala kekurangan sumber air walau pada saat musim kemarau panjang tiba.

Danau Laut Tawar ini telah menjadi pusat bermuara nya 25 aliran sungai di aceh tengah dengan luas bisa mencapai 5 ribu lebih hektar dan memiliki panjang 17 km serta memiliki lebar 3 km. Danau ini memiliki suhu dan kedalaman yang sangat beragam. Di sekitar pinggiran danau tepatnya 35 meter dari daratan memiliki kedalaman air rata – rata 8,9 meter. Dan sedangkan di jarak 100 meter dari pinggir danau memiliki kedalaman air hingga 20 meter. Di danau ini memiliki kedalaman paling dalam yaitu hingga 50 meter dan berlokasikan dengan jarak 600 meter dari tepi danau.

Disekitar danau ini banyak sekali fauna yang langka dan dilindungi. Salah satunya adalah Rusa, Kijang, Pukas, Landak, Binturung, Trenggiling, Landak, Kancil, Napu, Owa, Siamang, kucing Hutan, Dan Lain – lain. Sedangan juga ada flora – flora kerap ditumbuhi eceng gondok dan kiambang yang menutupi sebagian danau. Jika di lihat dari ketinggian atas terlihat sangat indah sekali dan luar biasa, sangat asik untuk duduk – duduk sambil melamun. Banyak sekali para pengunjung menyebutnya sebagai danau di atas awan.

Misteri Danau Laut Tawar Takengon

Dulunya nama Danau Laut Tawar yang diberikan oleh Suku Asli Gayo untuk danau yang mempunyai luas 5473 h ini. Di danau ini terdapat misteri seperti legenda Putri Ijo, makhluk halus yang menunggu Danau Laut Tawar ini yang berwujud seperti putri duyung, pada tahun 2001 masyarakat Takengon pernah dibuat heboh karena sebuah foto sekelompok orang dengan latar Danau Laut Tawar dan Sosok yang sangat mirip sekali dengan naga nongol dari dalam air di belakang mereka. Ada juga misteri mengenai Lembide yang konon menunggu danau ini dan suka menghisap darah manusia, legenda mengenai Lembide ini sudah sangat dikenal warga sekitar Danau Laut Tawar sejak lama dan telah disebarkan dari generasi ke generasi hingga sekarang.

Bom di danau Laut Tawar Takengon

Di Danau Laut Tawar telah ditemukan Bom yang bikin heboh di sana. Pada kedalaman 18 meter telah ditemukan bom aktif di danau laut tawar beberapa tahun silam dan telah di duga adalah peninggalan para penjajah belanda dulu. Sampai sekarang upaya pengangkatan bom tersebut masih belum berhasil dan banyak sekali pihak yang mengkait – kaitkannya dengan keberadaan para makhuk halus di Danau Laut Tawar tersebut yang menginginkan bom itu terus di dasar danau itu.

Oke Deh, mungkin itu sedikit mengenai Danau Laut Tawar, semoga dengan adanya informasi di atas bisa membantu anda semua dalam menggali informasi mengenai danau laut tawar takengon ini, kurang lebih nya mohon maaf, sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Scroll back to top