Mengenal Lebih Dekat Dengan Danau Kembar Sumatra Barat

Mengenal Lebih Dekat Dengan Danau Kembar Sumatra Barat

Apabila Anda hanya mengenal danau Singkarak atau danau Maninjau saja, maka kali Anda harus mengenal danau lain yang dimiliki oleh Provinsi tersebut. Danau Kembar Sumatra Barat, adalah julukan dari danau tersebut. Seperti danau lainnya, pemandangan alam di kawasan tersebut juga sangat indah.

Nama danau

Seperti namanya danau kembar, maka danau ini mempunyai 2 buah danau, dengan jarak yang berdekatan, 1 danau berada di atas dan 1 danau berada di bawah. Ada yang unik dengan peletakan nama dari danau tersebut, danau yang lebih tinggi, disebut dengan dengan Danau Bawah, sedangkan danau yang lokasinya lebih rendah, disebut dengan danau di Atas.

Lokasi danau

Objek wisata alam Sumatra Barat ini, berada di kabupaten Solok, Sumatra Barat. Adalah hasil pemekaran dari kecamatan Lembang Jaya, yang di dalamnya terdapat Kampuang Batu Dalam dan juga Simpang Tanjuang nan IV. Untuk sampai ke lokasi yang satu ini dari kota Padang, jaraknya sekitar 60 km, dengan perjalanan sekitar 1,5 jam. Tentunya dengan perjalanan yang berkelok-kelok.

Ada beberapa pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan, untuk menuju lokasi tersebut yaitu menggunakan transportasi umum, atau menggunakan kendaraan pribadi. Atau jika Anda tidak ingin repot, Anda juga dapat menyewa/rental mobil, untuk mengunjungi kawasan tersebut.

Legenda danau

Di balik cantiknya danau Kembar Sumatra Barat, terdapat sebuah legenda menarik, yang beredar di masyarakat Alahan Panjang, kec Lembah Gumanti, kab Solok, Sumatra Barat. Dimana di Danau Atas dan Danau Bawah bersemayam seekor naga raksasa yang mati, setelah dibantai oleh seorang pembuat tombak yang bernama Niniak Gadang Bahan. Lama berselang, bangkai naga yang meliuk di atas tanah dan membentuk angka 8 tersebut, akhirnya tertimbun tanah. Hingga akhirnya air hujan yang terus menerus mulai menggenang, dan membentuk 2 buah danau, tepat di atas bekas bangkai naga tersebut.

Keindahan alam

Seperti danau pada umumnya, kedua danau ini mempunyai keindahan alam yang juga unik. Berada di atas ketinggian membuat udara di sekitar danau terasa sejuk, dan tanah menjadi subur. Tidak heran jika di sekeliling danau terdapat para petani sayuran yang sedang bekerja, lengkap dengan area kebun nan cantik. Anda yang suka memancing, juga dapat menyalurkan hobinya di tempat ini. Ada beberapa jenis ikan yang hidup di perairan tersebut.

Jam buka dan tiket masuk

Objek wisata yang satu ini buka selama 24 jam, artinya Anda dapat mengunjungi kawasan danau kapan saja. Namun banyak wisatawan yang menggunakan waktu sore dan pagi hari untuk mengunjungi kawasan tersebut. Mengunjungi danau Kembar di pagi hari, membuat udara di sekitar masih terasa sejuk, dan panorama alam yang tercipta pun sangat menarik. Sedangkan di sore hari, Anda akan menikmati lembayung senja nan elok yang berpadu dengan indahnya panorama danau. Tiket masuk ke kawasan danau Kembar Sumatra Barat tersebut, tidak ada atau gratis.

Leave a Comment