Menelusuri Keindahan Nagari Pariangan

Menelusuri Keindahan Nagari Pariangan

Nagari Pariangan atau desa Pariangan sendiri terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Nah, apa yang membuat desa ini begitu menarik? Langsung saja berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Menelusuri pesona Nagari Pariangan

Pariangan sendiri memang memiliki peninggalan leluhur yang sangat kaya. Bahkan semakin spesial lagi kekayaan dari sejarah budayanya yang masih terjaga hingga saat ini. Seperti yang diketahui bahwa Sumatera Barat cukup pintar dalam menjaga warisan leluhurnya. Dengan begitu membuat Tanah Minangkabau ini begitu kuat dengan kepariwisataan budayanya.

Nah, apa yang menarik dari desa Pariangan ini? Jika dilihat bahwa di Pariangan sendiri peninggalan-peninggalan sejarahnya terbilang sangat variatif, contohnya saja Sawah Gadang Satampang. Sawah? Ya, bahkan di desa ini sawah pun menjadi sejarah yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Memang bukan tanpa alasan karena sawah ini merupakan sawah pertama yang ada di Minang. Tentunya anda tidak akan sulit untuk menemukan Sawah Satampang Baniah ini. Dari jalan raya utamanya, dipenghujung kampungnya ada papan nama yang bertuliskan “Sawah Gadang Satampang Baniah”.

Mengenal sejarah Pariangan

Desa ini tidak hanya menawarkan keindahannya saja, namun keindahan ceritanya juga. Dengan mengenal lebih dekat cerita sejarahnya, dijamin anda yang datang ke Sumatera Barat akan langsung tertarik untuk segera mengunjungi Nagari Pariangan. Ya, desa ini memang memiliki cerita yang menarik. Bahkan dikabarkan jika Pariangan adalah asal muasal masyarakat Minangkabau, yang bisa dikatakan bahwa Pariangan merupakan nagari tertua yang ada di Ranah Minang.

Selain itu, masyarakat minang mempercayai jika nenek moyang mereka dari puncak gunung Marapi yang dulunya puncak gunung tersebut adalah daratan, sedangkan kawasan lain merupakan lautan. Bagaimana, cukup menarik bukan sejarah dari Pariangan ini? Begitulah Pariangan, yang merupakan Nagari tertua dan memiliki pengaruh besar untuk Ranah Minang. Bukan hanya sekedar tua dari segi usia saja, namun juga berhasil menjadikan Sumatera Barat sangat kaya akan budayanya.

Cara menuju ke pariangan

Anda yang tinggal di luar Sumatera Barat, maka anda harus mengunjungi tempat wisata alam Sumatera Barat yang satu ini. Bukan hal sulit menuju ke desa ini karena lokasinya terletak di jalan utama yang merupakan penghubung kota Padang Panjang dan kota Batusangkar. Jika dari kota Padang, anda yang memilih menaiki transportasi umum bisa menaiki mobil travel atau bus dengan waktu tempuh adalah sekitar 2 jam perjalanan.

Begitu pula dari Kabupaten Tanah Datar Kota Batusangkar, anda dapat menaiki minibus, bus maupun menaiki ojek karena jaraknya yang hanya sekitar 13 km saja. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Pariangan? Jangan lupa untuk mengajak keluarga besar anda agar perjalanan liburan anda ke Nagari Pariangan bisa semakin berkesan.

Leave a Comment