Lingkok Kuwieng, Saingan Grand Canyon Dari Aceh

Lingkok Kuwieng, Saingan Grand Canyon Dari Aceh – Pada era modern ini, muncul banyak sekali travel blogger yang pergi melancong ke tempat-tempat wisata unik nan menarik dari segala penjuru dunia. Tak ingin ketinggalan, pedalaman hutan Hagu, Aceh menyajikan sebuah sungai unik layaknya Grand Canyon di Amerika.

Sungai ini berada tak jauh dari pusat kecamatan Padang, Tiji, Pidie, Aceh, hanya berjarak 20km saja untuk sampai disana. Namun, untuk sampai disana tidaklah mudah, akses jalan yang hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua dengan jalan setapak bebatuan, pun dengan jalur yang menanjak.

Selain ada sungai Lingkok Kuwieng, ada juga sungai indah lain yang berada di Aceh. Contoh nya ada Kuala Paret yang berada di Aceh Tamiang. Kalian bisa membaca ulasan tentang Kuala Paret dengan cara mengklik link ini :

Mari Berwisata ke Kuala Paret Aceh Tamiang

Namun setelah melewati akses yang sulit, keindahan alam Sungai Lingkok Kuwieng akan membayar lunas rasa lelah yang dirasakan setelah perjalanan yang melelahkan. Lokasinya yang berada ditengah hutan memberikan suasana sejuk nan damai untuk dinikmati. Bebatuan yang tertata rapi seakan disengaja untuk tampil secantik itu untuk dipandang mata.

Bebatuannya membentuk ngarai besar yang terbentuk akibat adanya erosi air pegunungan yang sering berubah kadar volumenya. Pemandangan yang disajikan oleh sungai lingkok kuwieng ini  sangat menarik, air terjun yang berada disekitar sungai terdengar gemericik disertai nyanyian suara burung hutan yang terdengar nyaring membuat ramai tapi menenangkan.

Bebatuannya tertata rapi disepanjang tepi sungai membentuk seperti tebing. Airnya yang jernih sangat cocok untuk berendam sambil menikmati pemandangan sekitar.

Untuk menikmati sungai Lingkok Kuwieng ini disediakan guide bagi yang menginginkan, dengan membayar 200 ribu untuk sekali perjalanan. Adapun disediakan mobil off-road dengan harga 400 ribu untuk sekali pemakaian, bagi yang tak ingin atau tak bisa melewati jalur yang terjal dengan kendaraan roda dua.

Pada mulanya, lingkok kuwieng belum begitu dikenal oleh masyarakat luas, hingga datang beberapa pecinta alam yang mengunjungi ‘surga pedalaman’  ini lalu mempostingnya di sosial media, dan mulailah bermunculan warga luar daerah yang penasaran dan mengunjungi sungai Lingkok Kuwieng ini.

Keindahan Lingkok Kuwieng

Nama sungai Lingkok Kuwieng sebenarnya bukanlah nama yang dikenal warga sekitar, nama awalnya adalah Uruek Meuh atau Lobang Emas, karena warna bebatuannya yang sekilas mirip dengan warna emas.

Nama Lingkok Kuwieng sendiri dipakai karena bentuk sungai ini adalah berupa lembah seperti temuan situs purbakala yang sengaja dibuat oleh para nenek moyang. Tempatnya yang berada dilembah dengan kontur bebatuan yang tertata rapi serta bentuknya seperti batu yang sengaja diukir ini menambah kesan istana yang berada didalam lembah, itulah mengapa nama Lingkok Kuwieng dipakai untuk lembah istana ini.

Banyak pengunjung yang sering datang ke Lingkok Kuwieng untuk sekedar  berswafoto atau bahkan melakukan camping  disekitar sungai. Akses yang terjal dan sulit, tak mengurungkan niat para pengunjung untuk dapat melihat keindahan surga pedalaman ini.

Banyak pengunjung yang mengaku takjub dan berhasil dibius oleh keindahan alam sungai Lingkok Kuwieng. Keindahannya yang masih alami dan pepohonan disekitar sungai yang hijau nan asri semakin membuat para pengunjung nyaman dan betah berlama-lama disana.

Keindahan Lingkok Kuwieng sangat memukau, alam memang punya cara sendiri untuk menyajikan keindahannya, dan kita sebagai manusia sudah sepantasnya menjaga dan merawatnya. Bolehlah kita menikmati indahnya, namun jangan merusak dan jangan mengotori alam dengan tingkah aneh manusia-manusia yang tak bisa berteman dengan alam.

Lingkok Kuwieng adalah contoh fenomena alam unik dan menarik yang sudah semestinya kita jaga dan melestarikannya agar bisa dinikmati terus kedepannya.

Sejarah Lingkok Kuwieng

Banyak sekali tempat unik lainnya di indonesia, di tempat ini yaitu Lingkok Kuwieng juga memiliki sebuah sejarah tersendiri. Sejarah unik yang dimiliki tempat wisata ini yang pertama dapat kita lihat dari namanya, yang dimana berdasarkan pendapat seorang mukmin di sana mengatakan bahwa tempat ini dahulu adalah tempat yang sering disebut Angkop Kuwieng, tapi kami tidak tau persis kenapa anak – anak sekarang atau masyarakat sekitar menyebutkan kalau tempat ini adalah Lingkok Kuwieng.

Di tempat wisata ini juga terdapat sebuah gua yang sering disebut gua kuno. Dengan keindahan air terjun yang ada di sana, akan membuat para wisatawan betah dan berlama – lama di objek wisata tersebut. Dulunya tempat ini adalah tempat orang – orang mulia bermukim, dan bahkan ada warga sekitar yang bilang kono tempat tersebut dulunya pernah terdapat sku primitif yang terakir kali bermukin di sana.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Ke Lingkok Kuwieng

Untuk anda atau para wisatawan yang sedang membaca artikel ini, sebaiknya jikalau anda mau ke objek wisata tersebut harus berhati – hati, dengan adanya jalan yang jelek bebatuan akan rawan sekali terjadi sesuatu bagi anda, tetaplah berhati – hati, mengingat perjalan yang jauh sebelum anda datang ke objek wisata tersebut, siapkan diri anda, usahakan badan anda benar – benar fit, badan dalam kondisi sehat.

Dengan begitu anda bisa langsung ke objek wisata tersebut, dan jangan lupa membawa air mineral untuk menghilangkan rasa haus pada saat perjalanan dan juga makanan ringan untuk di bawa. Dengan rasa capek dengan perjalanan jauh, capek anda nantinya akan terbayarkan dengan keindahan Lingkok Kuwieng.,

Nah bagaimana mengenai Lingkok Kuwieng? Menurut anda bagaimana? Saya tunggu jawabannya di komentar ya… jika anda main ke Aceh jangan lupa mampir ke objek wisata ini.

Tak lengkap rasanya jika kalian tidak mampir dahulu ke objek wisata ini. Tempat wisata ini berkembang dengan adanya orang – orang yang mengambil gambar dan di share ke sosial media, sehingga membuat tempat atau objek wisata ini menjadi sangat populer sekali di kalangan para remaja.

Oh iya ada yang ketinggalan, di tempat ini anda bisa melakukan camping, Camping di Lingkok Kuwieng , bagi kamu yang suka ber camping dan pencinta alam, kamu bisa loh melakukan camping di tempat wisata ini, kamu bisa saja mendirikan sebuah tenda camping di Lingkok Kuwieng.

Diamana untuk mendirikan tenda? Anda atau para wisatawan lainnya bisa saja mendirikan sebuah tenda di atas tebing – tebing batuan serta merasakan sebuah sensasi malam di tengah alam liar bersama teman atau sahabat anda.

Terus bagaimana jika perut kosong atau lapar? Tenang aja tidak usah Khawatir. Di sana anda bisa mencari ikan untuk makanan anda di sungai, anda bisa mencari ikan dengan cara memancingnya.

Di sana terdapat beberapa jenis ikan yang bisa anda dan teman anda konsumsi dengan cara di bakar, anda bisa bakar – bakar ikan di sana untuk mengisi perut anda yang kosong.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi anda dan bisa menjadi pertimbangan anda jikalau mau berlibur di sana, dengan adanya kesalahan ketik maupun ucapan yang tidak berkenan penulis meminta maaf yang sebesar – besarnya. Terima Kasih

Leave a Comment

Scroll back to top