Mari Berwisata ke Kuala Paret Aceh Tamiang

Mari Berwisata ke Kuala Paret Aceh Tamiang

Tementravel.id – Halo sahabat tementravel.id kali ini masih di Aceh Tamiang, jika kalian sedang mencari referensi tempat wisata di Aceh Tamiang, kali ini tementravel.id akan mengulas mengenai salah satu objek wisata di Aceh Tamiang yaitu Kuala Paret.

Bagi kalian yang ingin mengetahui tempat – tempat wisata di daerah Aceh Tamiang, kalian bisa mengunjungi postingan tementravel.id yang ini : Wisata Aceh Tamiang : 14 Tempat Yang Wajib Di Kunjungi

Di Provinsi Aceh ini memang banyak sekali destinasi objek wisata yang sangat populer, diantaranya ada Kuala Paret ini yang menjadi salah satu tujuan wisata bagi para traveler dan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat Wisata ini adalah salah satu destinasi yang berpotensi dan telah menjadi wisata bertaraf internasional.

Kuala Paret ini adalah sebuah sungai yang memiliki keunikan tersendiri, mengapa begitu? Karena Sungai ini memiliki tebing – tebing yang indah sekali, keindahan tersebut diciptakan dari bebantuan sisi kanan dan kirinya.

di tempat wisata ini, air dari sungainya mengalir deras di antara tebing – tebing bebatuan. Dan sekarang tempat ini semakin populer di kalangan para wisatawan, dengan adanya keindahan sungai yang tadi saya sebutkan diatas menjadikan tempat ini semakin populer. Hal tersebut membuat para wisatawan ingin sekali mengunjungi tempat ini dan berlama-lama memanjakan matanya.

Pesona Kuala Paret

Jika anda berada di atas bukit, anda bisa melihat dengan jelas aliran air sungai Kuala Paret yang berbentuk seperti ular ber kelok – kelok, air berwarna nya menjadi oase di tengah – tengah perbukitan yang di penuhi berbagai pohon – pohon hijau. Kesan alami dan rindang pada tempat ini dikarenakan rimbunnya pepohonan yang turut hadir memanjakan mata.

Jika anda berkunjung ke sini dan sudah sampai di lokasi, anda akan mendengar suara gemercik air mengalir serta menabrak atau menerpa tebing batu yang berada di kanan dan kiri sungai. Dengan derasnya air di dalam sungai tersebut saya yakin bahwa anda akan segera meninggalkan pakaian anda dan menceburkan diri anda ke dalam sungai yang memiliki air segar.

Meskipun air ini cukup segar, anda tetap harus waspada dan berhati – hati karena arus air di dalam sungai ini cukup deras dan bisa saja membahayakan keselamatan diri anda sendiri. Namun jangan khawatir, anda masih bisa menikmati kesejukan air di tempat wisata ini dengan cara berendam di tepian sungai nya saja.

Tidak hanya itu, air sungai ini juga bisa di minum loh, karena air sungai tersebut berasal dari sumber mata air alami, dan tak jarang sekali ada wisatawan yang mencoba meminum air di sungai tersebut untuk mengurangi rasa haus karena perjalanan menuju Kuala Paret ini dirasa sangat melelahkan.

Tempat Kuala Paret ini benar – benar unik dan langka sekali, keindahan tebing – tebing bebatuan yang seolah – olah membatasi sungai menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini. Untuk struktur bebatuan yang berada disini-pun disusun secara alami.

Dengan elok nya bebatuan tersebut menghiasi tepian sungai. Dan pula, di sekeliling sungai itu banyak sekali pepohonan yang menjadikan tempat tersebut lebih sejuk dan rindang.

Di tempat wisata ini ternyata ada wisatawan yang menemukan air terjun kecil, anda bisa saja duduk di atas bebatuan tebing sambil menikmati keindahan alam yang masih alami dan terjaga serta di temani suara gemercik air yang mengalir tiada hentinya. Di tempat wisata ini belum banyak orang yang datang di karenakan memang tempat ini masih belum banyak yang mengetahuinya.

Asal Nama Kuala Paret

Nama dari Kuala Paret berasal dari sebuah kata yaitu Kuala yang merujuk kepada bebatuan dan pasir yang ada di sekitar daerah sungai tersebut, sedangkan dari kata Paret sendiri merupakan Parit atau sungai yang jika dilihat tempat ini seperti sungai yang kecil atau Parit dengan ukuran yang lumayan Besar.

Keindahan Sungai Di Kuala Paret

Keindahan tempat Wisata ini terdapat pada sungai yang sangat indah dari pada sungai yang lainnya. Jika anda ke tempat ini, anda bisa melihat atau di suguhkan dengan sungai yang airnya mengalir di tebing – tebing bebatuan. Sungai ini pula di hempit oleh tebing – tebing nan-indah yang seolah – olah menghiasi sungai di lokasi tersebut.

Air sungai ini pun sangat segar sekali dan anda bisa juga menikmati segarnya air sungai karena air nya masih belum tercemar. Meskipun demikian, bagi anda yang sedang menikmati segarnya air di sungai ini, Anda harus tetap berhati – hati karena sungai ini memiliki arus yang cukup deras.

Anda bisa menikmati panorama unik dari sungai ini sambil duduk – duduk santai bersama teman atau keluarga bahkan pasangan anda, dan juga anda bisa duduk di atas bebatuan tebing sambil menikmati keindahan alam yang di ciptakan oleh sang Maha Kuasa.

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang sedang berhenti sejenak melakukan kegiatan sehari – hari untuk menghilangkan stress karena pekerjaan atau tantangan hidup, hihi.

Berfoto – foto di Kuala Paret

Jika anda sudah berada di Tempat Wisata Kuala Paret ini tak lengkap rasanya jika anda tidak mengambil gambarnya. Tempat ini memang benar – benar indah, anda bisa saja berfoto – foto di tempat ini untuk mengabadikan momen berharga anda. Atau bisa juga hunting foto bersama keluarga, teman bahkan pasangan anda.

Di tempat ini terdapat banyak sekali objek yang bagus dan cocok untuk di jadikan background foto hunting anda seperti bebantuan tebing yang indah bahkan air terjun yang kecil itu. Di sana juga sering terdapat wisatawan yang rela datang jauh – jauh hanya untuk mengambil gambar. Sungai ini benar – benar layak sekali untuk dikunjungi karena keunikan dan keindahan dari bebatuan yang alami di sisi – sisi sungai tersebut.

Lokasi Objek Wisata Kuala Paret

Lokasi tempat wisata Kuala Paret ini berada di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu dan di kabupaten Aceh Tamiang.

Jika anda berada di pusat ibukota Aceh Tamiang anda perlu menempuh jarak sekitar 40 km untuk sampai di lokasi tersebut. Ibukota Aceh Tamiang adalah  Karang Hulu guys, tapi yang harus di sayangkan adalah jalan yang hanya beraspal sekitar 50% nya saja, sementara sisanya adalah bebatuan yang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda untuk mencapai lokasi tersebut.

Harga Tiket Ke Kuala Paret

Setelah membahas mulai dari asal-usul dan juga keindahan tempat wisata Kuala Paret, saya yakin anda perlu tahu mengenai harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini.

Bagi para wisatawan yang ingin datang kesini, jangan khawatir dengan masalah harga tiket masuk. Karena anda tidak akan di tagih uang sama sekali untuk masuk ke tempat wisata ini. Namun hanya saja anda perlu membayar sedikit uang untuk parkir seharga mulai dari Rp.5000 saja.

Mungkin itu saja pembahasan kali ini mengenai Kuala Paret Di Aceh Tamiang, dengan adanya referensi dan ulasan mengenai objek wisata tersebut menjadikan alasan anda untuk datang ke tempat wisata tersebut, dan dengan adanya artikel ini semoga menjadi artikel yang bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih

Leave a Comment

Scroll back to top