Keindahan Pulau Weh Sabang yang Memanjakan Mata

Indonesia menyimpan begitu banyak keindahan alam yang membuat siapa saja akan terhipnotis dengan segala pesonanya. Banyak tempat wisata menyenangkan yang bisa ditemukan di negeri ini. Salah satunya yaitu Pulau Weh Sabang yang menjadi salah satu destinasi favorit para traveler baik lokal maupun mancanegara.

Pulau ini menjadi pulau terluar di ujung barat Indonesia. Keindahan air laut yang berwarna kebiruan akan memanjakan mata Anda dan pastinya akan betah berlama-lama berada di sini. Pulau ini juga  menawarkan lokasi kegiatan berselancar dan menyelam yang sensasunya sungguh luar biasa. Selain itu, banyak pantai yang secantik pantai Hawaii yang bisa Anda temukan di Pulau Weh.

Akses Menuju ke Pulau Weh

Lokasinya yang berada di ujung barat Indonesia lantas tak membuat pulau menjadi susah untuk diakses, justru kemudahan menjangkau indahnya pulau ini sangat tersedia. Anda yang berasal dari luar Pulau Weh tak perlu khawatir memikirkan bagaimana cara menuju ke destinasi wisata ini.

Selain menggunakan transportasi pribadi, Anda juga bisa memakai jasa transportasi umum untuk menuju ke tempat yang indah ini. Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Weh, terdapat beberapa penjelasan mengenai akses menuju kesana. Penjelasan ini akan semakin memberi kemudahan Anda ketika mengunjungi pulau ini.

Perjalanan melalui udara menuju ke Aceh

Jika Anda berasal dari luar pulau atau lokasi yang terbilang jauh dari Pulau Weh Sabang, maka perjalanan pertama yang harus ditempuh yaitu menuju ke Provinsi Aceh. Perjalanan menuju ke sini bisa ditempuh dengan beberapa cara, namun kebanyakan wisatawan lebih memilih transportasi melalui udara atau pesawat.

Pesanlah tiket pesawat dengan rute bandara yang paling dekat dengan lokasi Anda menuju ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh. Selain itu, Anda juga bisa memilih Bandara Kuala Namu Sumatera Utara, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Aceh dengan perjalanan darat selam kurang lebih 12 jam.

Perjalanan menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue

Setelah melakukan perjalanan lewat udara menuju ke Aceh, perjalanan selanjutnya akan menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue dengan kurun waktu sekitar 1 jam. Untuk menuju ke pelabuhan ini terdapat beberapa moda transportasi pilihan mulai dari kendaraan pribadi, kendaraan umum damri, taksi becak motor, dan kendaraan khas Aceh yakni labi-labi.

Perjalanan menuju Pulau Weh

Setelah sampai di Pelabuhan Ulee Lheue, perjalanan selanjutnya adalah menuju ke Pulau Weh. Terdapat dua alternatif transportasi untuk menuju ke pulau ini, yakni menggunakan kapal feri yang perjalanannya terbilang lambat dan memakai kapal cepat.

Terdapat tiga jadwal perjalanan kapal feri yang tersedia, yaitu pada pagi hari pukul 08.00 WIB, siang jam 11.00 WIB, dan sore jam 16.00 WIB.  Harga tiket kapal ini cukup terjangkau yaitu Rp 25.000,- dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam.

Sementara itu tarif untuk kapal cepat adalah Rp 85.000,- dan hanya berangkat dua kali saja yaitu pukul 08.00 WIB dan 14.30 WIB. Lama perjalanan menggunakan kapal ini yaitu sekitar 45 menit.

Daya Tarik Pulau Weh Sabang yang Sangat Indah

Pulau Weh Sabang memiliki daya tarik yang sangat memukau, di sini Anda bisa menemukan berbagai wisata alam yang indah, khususnya pantai yang memilki kecantikan layaknya pantai di Hawaii. Banyak sekali obyek wisata dengan daya tarik mengesankan yang bisa Anda nikmati di pulau ini, antara lain:

Tugu nol kilometer

Foto Tugu Nol Kilometer yang berada di Sabang

Tempat wisata ini memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Subang. Meskipun pemandangannya tak seindah di pantai yang ada di sana, namun banyak wisatawan yang mengabadikan momen di tugu yang terbilang sederhana ini.

Disini menjadi spot terbaik untuk menikmati momen matahari terbenam.Tugu ini merupakan simbol yang menjelaskan bahwa di pulau ini nol kilometer Indonesia mulai dihitung.

Baca Detailnya disini : Mencari Tau Sejarah Tugu Nol Kilometer Sabang

Pantai Iboih

Gambar Pantai Iboih yang berada di Sabang

Pantai Iboih merupakan destinasi wisata yang paling menarik di Pulau Weh karena di sini tersedia fasilitas pariwisata yang sangat lengkap. Di kawasan ini tersedia beberapa penginapan berbagai jenis, mulai dari kelas backpacker hingga yang mewah.

Di sini ada juga banyak persewaan kendaraan dan alat-alat untuk snorkeling. Tak hanya itu, untuk urusan kuliner di kawasan pantai ini juga tersedia banyak tempat makanan yang enak dan menarik. Pantai Iboih terkenal dengan keindahan air lautnya yang jernih.

Detailnya bisa kamu liat disini : Pesona Wisata Pantai Iboih Sabang

Pantai Kasih

Pantai ini terletak tidak jauh dari Kota Sabang dan memiliki keindahan pada pasirnya yang sangat putih dan bersih, akan tetapi pantai ini tak terlalu luas karena adanya dominani bebatuan karang. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa berenang di pantai yang indah ini.

Pantai Sumur Tiga

Gambar Pantai Sumur Tiga

Di pantai ini terdapat sebanyak tiga buah sumur yang menghiasi. Selain itu di sini juga banyak pohon kelapa yang menunjukkan suasana khas tropis Indonesia. Di Pantai Sumur Tiga ada dua tempat menarik yaitu Casanemo dan Fredy’s, sebuah kawasan yang memiliki restoran menghadap langsung ke pantai.

Kamu bisa lihat ulasan lengkap nya disini : Pantai Sumur Tiga Sabang : Ulasan Lengkap

Pantai Tapak Gajah

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Kasih, sesuatu yang menarik dari Pantai Tapak Gajah adalah pasirnya yang begitu putih dan air laut jernih, serta pantainya yang membujur panjang sehingga sangat seru sekali untuk dijelajahi.

Pantai Anoi Itam

Wisata Pantai Anoi Itam di Sabang

Pasir yang ada di pantai ini berwarna hitam, namun luasnya pasir hitam dan landau ini menjadi spot yang menarik untuk berenang maupun olahrag aair lainnya. Menurut informasi beberapa penyelam, terumbu karang yang ada di Pantai Anoi Itam terbilang bagus. Selain itu di sini juga terdapat peninggalan sejarah yaitu Benteng Jepang.

Jika kalian tertarik mengenai Pantai Anoi Itam, kalian bisa mengunjungi detail tentang pantai nya di link berikut ini : Menjelajahi Pesona Pantai Anoi Itam Sabang

Pantai Pasir Putih

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih, sesuai dengan namanya. Suasana ombak di pantai ini begitu tenang dan aman sehingga membuat Anda menikmati keadaan yang begitu menenangkah batin. Di Pantai Pasir Putih juga terdapat pepohonan hijau yang letaknya tak jauh dari pantai.

Pemandangan kepulauan di seberang pantai semakin menambah kesan tropis khas Indonesia yang sungguh menawan. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Pulau Weh Sabang, Anda wajib mengunjungi destinasi wisata ini jika ingin sensasi liburan semakin terasa indah.

Pantai Ujung Kareung

Pantai Ujung Kareung merupakan jenis pantai karang yang tidak memiliki pasir. Di sini terdapat pemandangan pantai khas bebatuan laut yang indah. Pantai ini merupakan lokasi untuk memancing yang baik. Dulunya pantai indah ini adalah markas penjajah.

Pulau Rubiah

pulau rubiah sabang

Pulau Rubiah berlokasi di seberang Pantai Iboih, untuk menuju pantai ini Anda harus menyebrang dengan menggunakan perahu selama kurang lebih 15 menit. Sesampainya di pulau ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan khas pesisir utara Indonesia dengan air yang begitu jernih.

Di sini juga menjadi spot terbaik untuk snorkelimg, taman bawah laut yang ada di Pulau Rubiah tak kalah cantik dengan taman bawah laut Bunaken. Terdapat berbagai jenis ikan dan karang yang memiliki warna-warna menawan.

Detailnya bisa Kalian Baca disini : Indahnya Pulau Rubiah Sabang

Ya Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini tentang Keindahan Pulau Weh Sabang, semoga bisa menjadi referensi kalian untuk yang mau berlibur disini. Kurang Lebihnya mohon maaf, Ditunggu komentar nya kawan!

Leave a Comment

Scroll back to top