Keindahan Pulau Klah yang Memanjakan Mata

Sabang memiliki banyak keindahan yang membuat daerah ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan. Sabang juga disebut sebagai gerbang destinasi wisata bahari dunia karena pesona keindahan alam di sini begitu alami dan menakjubkan. Pecinta traveling dan diving sudah pasti akan ketagihan jika berkunjung di salah satu daerah Provinsi Naggroe Aceh Darussalam ini.

Pulau Klah merupakan salah satu perwujudan keindahan tersembunyi yang berada di Sabang. Potensi wisata alam yang amat asri dan begitu indah menjadi andalan pulau ini. Pulau indah ini berada di sebelah barat laut dari Pulau Weh dan terletak di hadapan Pantai Krueng Raya.

Akses Menuju Lokasi

Pulau ini berada tepat di jantung Teluk Sabang. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, pertama-tama Anda harus tiba terlebih dahulu di Kota Sabang. Untuk menuju ke Kota Sabang yang berada di Pulau Weh, perjalanan bisa ditempuh lewat udara dengan menggunakan pesawat. Penerbangan ini melayani rute Bandara Kualanamu Medan – Bandara Maimun Saleh Sabang, begitu juga sebaliknya.

Baca Juga : Mencari Tau Sejarah Tugu Nol Kilometer Sabang

Selain itu, Anda juga bisa menempuh perjalanan laut yaitu dengan memakai jasa kapal feri. Kapal ini berlayar setiap hari dari Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh hingga ke Pelabuhan Balohan Sabang. Begitu juga sebaliknya.

Setelah tiba di pelabuhan, Anda bisa menggunakan jasa transportasi lokal seperti angkot dan becak. Kalau Anda berada di pusat Kota Sabang, silakan mengambil rute ke Pantai Iboih yang menjadi pintu masuk wisata bawah laut Sabang.

Dari Pantai Iboih ini lalu dilanjutkan menyebrang ke Pulau Klah dengan menyewa boat, lama perjalannya sekitar 15 menit. Setelah sampai di pulau ini, Anda akan disuguhi dengan keindahan pantai-pantai kecil.

Daya Tarik Pulau Klah yang Memesona

Pemandangan alam

Pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa alaminya. Mulai dari daratan, hingga alam bawah lautnya terlihat begitu indah. Pulau yang memiliki luas 18,66 ha ini dipenuhi banyak pohon yang hijau dan rindang yang semakin membuat suasana semakin sejuk dan nyaman.

Keindahan ini bahkan bisa dilihat dari jalan Cot Batre, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Dari sini dapat terlihat jelas ketenangan dan keteduhan laut sekitar. Selain itu, suara merdu kicauan burung semakin memberikan suasana syahdu yang menunjukkan begitu asrinya pulau ini. Pulau cantik ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan.

DI sekitar pantai pulau ini terdapat batu-batu karang terjal yang makin menambah keindahan pantai. Pulau ini berada pada perputaran dan pertemuan arus masuk dan arus keluarnya air laut sehingga terdapat beberapa habitat ikan yang mendiami perairan ini, seperti ikan cakalang dan ikan layaran.

Julukan Putri Tidur

Pulau indah nan cantik ini memiliki keistimewaan tersendiri, sehingga banyak penduduk yang menyebut pulau ini dengan julukan ‘Putri Tidur’. Sosok Putri Tidur yang dimaksud disini bukanlah seorang putri cantik yang tengah tertidur, melainkan hanya kiasan yang artinya yaitu pulau ini memiliki ketenangan dan dan keindahan yang membuat orang merasa sangat nyaman.

Tempat yang cocok untuk honeymoon

Bagi pasangan pengantin baru, destinasi ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi untuk berbulan madu. Suasana romantis yang dihasilkan pulau ini membuat perjalanan cinta Anda semakin sempurna. Ditambah dengan ketenangan serta keindahan alam yang memanjakan mata dijamin membuat Anda semakin menikmati waktu honeymooh dengan pasangan masing-masing.

Keindahan bawah laut

Pesona keindahan bawah laut pulau ini memang tak terbantahkan. Potensi keindahan bawah laut yang indah ini selalu menarik perhatian para wisatawan. Berbagai jenis ikan dengan warna-warninya yang indah serta dipadukan dengan kejernihan air laut membuat lokasi ini bagaikan surga.

Selain itu, berbagai jenis terumbu karang yang tumbuh di bawah laut menjadi pelengkap keindahan alam bawah laut yang cantiknya luar biasa. Di sini para pengunjung bisa melakukan diving dan snorkling. Namun Anda harus membawa peralatan sendiri karena di sini belum terdapat tempat penyewaan alat snorkling dan diving.

Di lokasi ini, Anda juga bisa surfing karena ombak yang dihasilkan di lokasi ini cukup besar namun bersahabat. Tentunya kegiatan ini akan semakin membuat liburan Anda berkesan. Jika sedang musim panen ikan, akan ada bazar ikan besar-besaran di tepi Pantai Kreung Raya yang ada di seberang Pulau ini.

Keindahan matahari tenggelam

Bagi Anda pemburu momen matahari tenggelam, tempat ini menjadi pilihan yang tepat. Di pulau ini ketika menjelang sore hari, pemandangan yang indah tersajikan. Panorama keindahan warna kuning kemerah-merahan yang terpancar di langit merepresentasikan sebuah keindahan alam yang tak boleh Anda lewatkan.

Suasana tenang ditambah dengan merdunya deburan ombak pantai di sore hari menjadi pelengkap momen spesial Anda. Maka tak jarang jka banyak pengunjung yang ketagihan dengan keindahan matahari tenggelam di pulau ini.

Mercusuar dan bangunan peninggalan Belanda

Tepat di tengah-tengah pulau ini terdapat sebuah mercusuar yang bertugas untuk memandu rute lalu lintas kapal di malam hari. Mercusuar ini dibangun di masa penjajahan Belanda oleh pemerintah kolonial.

Mercusuar ini juga bertugas untuk memudahkan kapal-kapal yang berlayar untuk berlabuh di dermaga kecil pada malam hari yang keadaannya semakin gelap.

Selain itu di sini juga terdapat beberapa bangunan berarsitektur indis atau banguan peninggalan Belanda dengan arsitek khasnya. Bangunan-bangunan ini berupa rumah-rumah tua yang masih berdiri tegak.

Kuliner khas

Agenda liburan Anda terasa kurang lengkap, jika destinasi wisata yang dituju tak menyediakan kuliner unik yang menjadi daya tarik tersendiri. Tenang saja, di pulai cantik ini terdapat kuliner khas yang sangat terkenal yaitu rujak.

Anda bisa menikmati lezatnya rujak di tepi pantai sambil menyeruput kelapa muda yang kesegarannya menambah sensasi asiknya belibur. Sungguh akan menjadi pengalaman liburan yang mengesankan ketika Anda menikmati suasana pantai yang tenang dengan pemandangan kemolekan pulau menawan ini.

Fasilitas yang Membuat Liburan Semakin Lengkap

Kawasan wisata di Pulau Klah sudah didukung dengan fasilitas yang cukup memadai. Bebagai fasilitas pennjang telah tersedia di sini. Untuk memenuhi kebutuhan perut Anda, di sini sudah ada tempat makan yang kekinian seperti cafe-cafe yang terletak di tepi pantai.

Selain itu, kamar mandi umum juga sudah tersedia di pulau ini. Bagi Anda yang ingin berlama-lama di sini jangan khawatir karena di kawasan ini juga terdapat bberbagai tempat penginapan dan bungalow yang berada di pinggir pulau.

Mungkin anda tertarik : Pesona Wisata Pantai Iboih Sabang

Lokasi penginapan yang terletak di pinggir pulau ini menjadikan daya tarik tersendiri pada penginapan di sini karena di sini menyajikan keindahan panorama laut yang bisa Anda saksikan pada balkon-balkon yang tersedia di penginapan.

Jika Anda baru pertama kali berwisata di pulau ini, jangan takut kebingungan karena di Sabang terdapat jasa guide yang siap menemani perjalanan Anda menyusuri indahnya pulau yang memiliki julukan Putri Tidur ini.

Leave a Comment

Scroll back to top