Keindahan Pesona Air Terjun Tujuh Tingkat Aceh

Air Terjun Tujuh Tingkat Aceh

air terjun tujuh tingkat, Aceh – Pesona alam yang menyegarkan mata rupanya terpatri pada Kota Serambi Mekah, yakni Bumi Aceh. Jika Anda berkunjung di Aceh, rasanya tak lengkap sensasi liburan Anda kalau belum menyusuri keindahan pesona alam di tanah kelahiran pahlawan Cut Nyak Dhien ini. Banyak sekali keindahan alam yang tersaji di Aceh.

Tak heran jika banyak traveler yang ingin menginjakkan kaki di Aceh. Jika Anda berkesempatan mengunjungi tempat ini, terdapat salah satu destinasi alam yang patut dikunjungi yaitu Air Terjun Tujuh Tingkat Aceh yang menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Lokasi yang Mudah Dijangkau

Destinasi wisata alam ini menjadi salah satu primadona di Aceh. Air Terjun ini terletak di Aceh Selatan, lebih tepatnya di Gampong Batu Itam, Kecamatan Kapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan. Akses untuk menuju lokasi air terjun pun terbilang tidak terlalu susah.

Untuk menuju kawasan air terjun ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 8 kilometer, dan lama perjalanan selama 10 menit dari pusat Kota Tapak Tuan dan 8 jam dari Kota Banda Aceh. Biasanya lokasi air terjun susah dijangkau dan harus melakukan perjalanan ke dalam hutan-hutan dengan jalan kaki. Namun hal itu tak berlaku pada air terjun ini.

Untuk menuju lokasi air terjun, terdapat beberapa petunjuk yang mudah dipahami. Terdapat sebuah gapura dan papan petunjuk yang memberikan arahan ke tempat wisata ini. Saat berada di Jalan Medan, Tapak Tuan, para wisatawan dapat dengan jelas melihat gapura tersebut.

Setelah melewati gapura itu, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 kilometer untuk menuju ke tempat parkir. Kondisi jalan dari gapura menuju tempat parkir pun terbilang cukup baik meskipun belum diaspal sepenuhnya namun sudah terlihat rata.

Baca Juga : Keindahan Wisata Tangkahan Langkat di Hutan Sumatera

Medan jalan dari gapura menuju ke tempat parkir juga sudah bisa dilewati kendaraan pribadi seperti mobil, namun Anda harus berhati-hati karena ada beberapa jalan yang berliku dan menanjak selama perjalanan menuju tempat parkir. Setelah sampai ke tempat parkir, air terjun pun tak jauh lokasinya, hanya beberapa ratus meter saja dan bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Daya Tarik Air Terjun Tujuh Tingkat Aceh

Wisata alam yang satu ini memang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Selain menikmati sejuknya udara di sekitar, Anda juga bisa menikmati sensasi dinginnya air terjun alami ini. Berbagai daya tarik pun disuguhkan pada air terjun ini, antara lain:

Karakteristik dan pesona yang berbeda

Air terjun ini berbeda dengan yang lainnya, sesuai dengan namanya, air terjun yang cantik ini memiliki tujuh tingkatan air terjun yang letaknya terpisah akan tetapi masih berada pada satu lokasi yang sama. Ketinggian air terjun ini berkisar antara 2 hingga 5 meter saja, tak seperti air terjun lainnya.

Pada lokasinya terdapat beberapa tingkatan air terjun yang sangat indah dan tentunya bisa Anda nikmati dengan keluarga, teman, ataupun pasangan Anda. Beberapa air terjun letaknya berdampingan, namun ada juga tingkatan air terjun yang letaknya terbilang jauh dari air terjun pertama.

Letak air terjun pertama hingga keempat letaknya dekat, namun tingkat ke 5 hingga 7 lokasinya berjauhan sehingga Anda harus mendaki lagi sesuai aliran sungai yang ada. Namun jangan khawatir, rasa lelah anda ketika usai mendaki akan terbayarkan setelah melihat keindahan alam yang memesona di sekitar air terjun ini.

Terdapat kolam renang alami

Keistimewaan lain yang dapat Anda nikmati dari destinasi wisata ini adalah adanya kolam renang alamiyang berisikan air sejuk langsung dari pegunungan. Kolam ini terletak pada tingkatan tertentu yang bisa digunakan untuk berenang.

Kolam ini pun cukup besar dan tidak terlalu dalam sehingga sangat aman bagi anak-anak. Ketika melihat air pada kolam ini Anda tak akan bisa menahan hasrat untuk segera terjun karena kejernihan air pada kolam begitu menghipnotis.

Pesona keindahan hutan sekitar dan hamparan perkebunan pala

Pesona keindahan alam sekitar air terjun di Aceh ini begitu memesona dan tampak sangat asri sehingga membuat pikiran Anda tenang. Hamparan pepohonan hijau yang membuat sejuk mata akan membuat Anda merasakan kenikmatan duniawi yang sangat didapatkan di kota-kota besar.

Tak hanya itu, di sekitar air terjun juga dikeliligi oleh perkebunan pala yang membuat sensasi liburan terasa semakin menyenangkan. Perkebunan pala memang menjadi salah satu komoditas utama dari Kabupaten Aceh Selatan.

Panorama air terjun tujuh tingkat yang asri

Hal yang Anda rasakan ketika berkunjung di air terjun ini adalah kedamaian yang menyatu dengan alam. Merdunya suara gemericik air ditambah dengan keindahan hutan sekitar membuat liburan Anda semakin sempurna dan tentunya menyegarkan pikiran.

Anda bisa menikmati indahnya air terjun sambil duduk di atas bebatuan dan menghirup udara yang ssangat segar. Pepohonan hijau yang rindang dan sedap dipandang sangat cocok untuk menyegarkan hati dan pikiran Anda dari beban dari hiruk pikuk kesibukan di kota.

Keindahan alam yang menenangkan hati

Destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam yang yang begitu lestari dan asri. Ketika Anda berkunjung di sini, pemandangan yang luar biasa akan tersajikan dari panorama sebuah air terjun yang indah dengan beberapa tingkatan.

Tempat Asik untuk Hunting Foto

Di wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Aceh, Anda bisa memperoleh spot foto yang menarik dan tentunya Instagramable. Tempat ini sangat cocok bagi pecinta fotografi landscape, karena di sini menawarkan keindahan pemandangan yang memanjakan mata.

Terdapat beberapa objek menarik yang bisa dibidik dengan kamera Anda. Selain itu, di sini juga cocok untuk dijadikan lokasi pre wedding yang bernuansa outdoor serta menyatu dengan alam. Bagi Anda yang ingin bernarsis ria, air terjun ini menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan foto-foto.

Namun ketika mengambil gambar di dekat air terjun Anda harus berhati-hati agar kamera Anda tak tercebur ke dalam air. Tentunya sangat menyenangkan hunting foto sekaligus berwisata menkmati keindahan alam yang membuat Anda semakin ceria

Fasilitas Air Terjun Tujuh Tingkat Aceh

Fasilitas yang ada di lokasi wisata air terjun ini bisa dikatakan sudah cukup baik. Untuk menampung kendaraan para pengunjung, tempat wisata ini sudah menyediakan area parkir yang cukup memadai dan aman tentunya.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin menunaikan ibadah sholat, di sini sudah tersedia bangunan masjid ataupun mushola yang terdapat di  sekitar Gampong Batu Itam. Di sekitar air terjun memang belum tersedia warung atau pun tempat makan.

Namun Anda bisa mengisi perut Anda di sekitar jalan utama Medan-Tapak Tuan karena di sini sudah terdapat banyak cafe dan restoran. Untuk masalah penginapan, di sekitar air terjun sudah terdapat beberapa pilihan hotel dan penginapan.

Untuk keperluan tempat ganti baju, di lokasi ini memang belum tersedia toilet yang memadai. Meski begitu berwisata di Air Terjun Tujuh Tingkat Aceh menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mengisi waktu akhir pekan dengan berbagai kegiatan yang menarik.

Leave a Comment

Scroll back to top