Intip Kemegahan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Intip Kemegahan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh – Sebuah panorama bangunan ibadah yang mempesona terbangun tinggi menjulang dan hadir dengan nuansa megah bak sebuah kerajaan. Masjid Agung Baitul Makmur, kemegahannya tidak diragukan lagi. Terletak di kota Meulaboh, Provinsi Aceh, Indonesia.

Perpaduan ide arsitektur menghasilkan bangunan yang menawan dengan nuansa Timur Tengah, Asia, dan Aceh menghasilkan sebuah karya bangunan yang megah dan menyatu secara keseluruhan, menghadirkan balutan kedamaian saat beribadah.

MASJID AGUNG BAITUL MAKMUR MEULABOH

Panorama yang tercipta nyata saat kita mengunjungi bangunan ini adalah tiga kubah utama yang diapit dua kubah air disisi kanan kirinya, kubah dan ujungnya serempak membentuk sebuah perpaduan asik antara arsitektur Timur Tengah dan Asia berupa kubah yang bulat dan ujung yang lancip.

Tak heran jika masjid ini menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia menurut terbitan sebuah buku yang disusun oleh Teddy Tjokrosaputro dan Aryananda  pada agustus 2011 lalu.

Perpaduan warna merah cerah dan merah bata yang diaplikasikan ke dalam warna kubah menjadikan kubah menjadi berwarna tenang dan melenakan saat dipandang.

Kesan pertama yang didapatkan pengunjung ketika mengunjungi masjid ini akan terlihat saat mereka melewati gerbang yang berdiri kokoh jauh beberapa meter dari bangunan inti masjid Agung Baitul Makmur ini.

Gerbangnya terbilang menawan jika dijelaskan ‘hanya untuk sebuah pintu masuk’. Kesan awal menjadi point penting untuk bagaimana seseorang akan menikmati lebih jauh setelahnya.

Saat memasuki bagian dalam masjid, anda akan terpana melihat sajian keindahan yang mengagumkan dari masjid ini.

Bagian dalam masjid ini memiliki dua konsep yang berbeda, terdapat sebuah bagian yang ditempati oleh banyak tiang-tiang penyangga lantai dua, dan disisi yang lainnya terdapat ruang yang luas dan lapang dengan dihiasi banyak lampu hias ditengahnya.

Bagian mihrabnya pun tak lepas dari nuansa Timur Tengah yang diciptakan, dominasi warna cokelat dan keemasan dalam material perunggu yang digunakan menjadikan mihrab masjid menjadi elegan dan begitu menawan.

Keindahan Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Keindahan yang menyejukkan tercipta untuk setiap pengunjung yang mengunjungi masjid ini. Enggan segera pergi setelah beribadah, dan ingin berlama-lama menikmati suasana nyaman yang tercipta selama berada disana.

Masjid Baitul Makmur di Aceh Barat ini menjadi masjid termegah dan menjadi kebanggaan masyarakat aceh, pasalnya setelah adanya masjid ini sistem perekonomian masyarakat Aceh Barat menjadi lebih baik setelah terjadinya kerugian besar-besaran akibat terjadinya tsunami yang meluluh lantahkan kota aceh 2004 silam.

Kini, masyarakat Aceh bangkit dengan membangun segala bentuk potensi yang ia miliki, menjadikannya primadona disetiap arah tujuan wisata dari banyak pengunjung luar daerah yang ingin ‘bertenang pikir’, menghabiskan waktu luang ditempat yang menyejukkan bersama keluarga dan kerabat. Aceh menjadi lokasi yang tepat untuk dikunjungi.

Masjid megah nan menawan ini resmi digunakan untuk umum pada 1 Juni 1999 lalu, kapasitas yang mampu ditampung oleh masjid ini adalah sekitar 7000 jama’ah.

Para pengurus dan pemerintah kota Aceh Barat terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan guna menampilkan masjid megah yang mempesona dan tentunya nyaman.

Pada hari terjadinya gempa dan tsunami pada 2004 lalu, masjid ini menjadi titik kumpul dan berlindung seluruh masyarakat kota Aceh Barat. Dimasjid ini pulalah, bantuan makanan dan bantuan kemanusiaan lainnya di turunkan.

Oleh karena masjid ini memiliki halaman yang luas, sehingga memudahkan pemberian bantuan melalui sebuah helikopter yang mendarat di halaman masjid ini.

Selain digunakan sebagai tempat beribadah, masjid megah ini juga banyak digunakan untuk sarana pendidikan, dilengkapi dengan Madrasah Tsanawiyah, Ibtidaiyyah, Dinniyyah, dan TK Al-Qur’an. Luas yang diperkirakan pada masjid ini adalah 3500 meter persegi yang berdiri megah diatas lahan seluas 6000 meter persegi.

Perancang arsitektur yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembangunannya adalah dua orang arsitek handal yaitu Ir. Alwin dan Profesor Dr.H.Idris.  mereka sangat jeli dalam membuat rancangan arsiteknya hingga mampu diwujudkan dengan berdirinya masjid Agung Baitul Makmur ini.

Lokasi Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Lokasi yang sangat strategis menjadikan masjid ini ramai dikunjungi, letaknya berada di persimpangan beberapa kabupaten yaitu antara kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya, Banda Aceh dan sebagainya.

Indahnya kaligrafi yang tertulis indah dibagian dalam masjid menambah kesan ketenangan dan kedamaian saat berada di dalam masjid.

Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Kota Meulaboh. Meulaboh sendiri merupakan sebuah kota yang berjarak 175 km dari kota Banda Aceh. Kota Meulaboh adalah kota kelahiran seorang pahlawan dari pesisir Barat Aceh yakni Teuku Umar Johan Pahlawan.

Meulaboh menjadi salah satu kota yang terparah akibat terkena badai tsunami yang menerjang kota Aceh. Setelah Meulaboh mengalami serentetan kerusakan yang menghancurkan seluruh bagian kota Meulaboh terus bergerilya membagun seluruh sisi – sisi kota yang rusak dan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan hingga terbangunlah dengan megah masjid Baitul Makmur di kota Meulaboh.

Masjid yang megah dan mulia ini sangat pantas disebut sebagai Agung Baitul Makmur. Masjid yang megah sebagai simbolis dari makna agung.

Dan bangunan yang suci dan mulia sebagai simbolis dan pemaknaan dari Baitul Makmur. Sesuai dengan yang terwujud nyata dalam bentuknya yang menawan dan begitu damai untuk setiap nuansa yang diciptakan.

Para arsitek yang membangun masjid ini terlihat sangat rinci dalam menempatkan sisi bagian yang harus dibubuhi sentuhan menawan, termasuk bagian gerbang yang didesain menyerupai Arc de Triomphe, landmark yang terkenal di paris, perancis. Tak heran jika pesona gerbangnya saja sudah memiliki nuansa modern yang sedap dipandang mata.

Garapan ide dan tangan manusia dalam menciptakan bahtera rumah ibadah islam ini begitu memukau. Penggarapan yang terperinci, disusun secara matang dan dengan presisi yang tepat, menjadikan bangunan yang indah dan begitu sejuk.

Memang tak heran jika kota Aceh mampu membangun masjid seindah ini, namun kembali lagi pada gagasan yang belum tentu dimiliki oleh orang lain akan sangat indah jika ia unik dan diwujudkan secara sempurna dan pasti, hasilnya pun akan manjanjikan.

Rumah Allah, masjid , sebagai tempat beribadah, menyembah Allah, bersujud kepada-Nya, mengagungkan namanya, haruslah  dibuat dengan sejuk dan damai bagi siapapun yang memasukinya, nyaman untuk segala hal keagamaan.

Masjid Agung Baitul Makmur, Aceh, menjadi salah satu primadona Aceh Barat yang mampu mencukupi kebutuhan umum masyarakat dan sekaligus menaikkan nama Aceh Barat agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Masjid ini menjadi saksi bisu tsunami Aceh, bertahun-tahun silam.

Selain ada Masjid Agung Baitul Makmur, di Aceh Barat juga ada tempat yang wajib di kunjungi, yaitu Pantai Lhok Nga.

Masjid ini begitu kokoh berdiri sebagai wujud persembahan yang indah dari belahan nusantara Aceh Barat. Kemegahannya akan semakin menawan jika banyak orang yang berkunjung kesana.

Bukan serta merta hanya untuk berlibur dan menikmati indahnya, tetapi juga melakukan ibadah yang sudah digariskan untuk wajib dilakukan oleh setiap hamba islam di dunia. Tentulah dengan begitu nuansa kedamaian dan kesejukan masjid Agung Baitul Makmur ini akan selalu terasa disetiap sudutnya.

Leave a Comment

Scroll back to top