Yang Harus Anda Ketahui dari Danau Maninjau Padang !

Yang Harus Anda Ketahui dari Danau Maninjau Padang !

Danau Maninjau Padang adalah salah satu dari sekian banyak objek wisata menarik, yang dimiliki oleh objek wisata alam Sumatra Barat. Ini adalah salah satu danau yang menyimpan cerita menarik, serta pemandangan alam yang sangat cantik. Ada banyak pelajaran serta keindahan alam yang dapat Anda nimati di kawasan tersebut, antara lain :

Tentang Danau Maninjau

Danau Maninjau Padang adalah danau terbesar kedua yang ada di kawasan Sumatra Barat. Letaknya ada di Kecamatan Tanjung Raya, kab Agam, Sumatra Barat. Atau sekitar 140 km dari utara kota Padang, ibukota Sumatra Barat, dan 36 km dari kawasan Bukittinggi. Panjang danau ini sendiri sekitar 16 km, lebarnya 7 km dan dengan kedalaman sekitar 165 m.

Rute menuju danau

Ada yang unik ketika Anda mengunjungi danau dari ibukota Padang. Dimana Anda akan melewati route legendaris yang disebut kelok 44. Ini adalah jalur yang cukup mendebarkan, sekaligus mempunyai pemandangan sekitar yang indah. Disebut sebagai kelok 44, karena kalau dihitung, jumlahnya sekitar 44 kelokan.

Sisa letusan gunung Sitinjau

Adalah danau vulkanik, yang terbentuk dari sebuah letusan besar gunug berapi, yang oleh masyarakat sekitar dikenal dengan nama gunung Sitinjau. Ada sekitar 220-250 km 3 material piroklastik yang disemburkan oleh gunung tersebut ketika meletus. Hasilnya sebuah kaldera terbentuk, akibat letusan api strato komposit, yang kemudian berkembang di zona tektonik sistem Sesar Besar Sumatra. Kejadian tersebut diperkirakan terjadi sekitar 52 ribu tahun yang lalu.

Asal usul danau

Danau yang bagian hulunya digunakan oleh PLTA Maninjau ini juga mempunyai legenda menarik, yang tentunya diceritakan secara turun temurun oleh masyarakat sekitar. Kisah tersebut bernama Bujang Sembilan.

Kecantikan danau Maninjau

Sebuah danau yang dikelilingi oleh kawasan perbukitan nan hijau, hamparan air yang jernih membiru, kondisi air yang tenang, membuat siapa saja yang mengunjungi kawasan tersbeut akan terbuai karenanya. Berlama-lama di lokasi tersebut, membuat hati jadi tenang, dan beban pikiran yang ada seakan menghilang. Kondisi seperti ini yang pernah menginspirasi Presiden Soekarno untuk membuat sebuah pantun, tentang objek wisata tersebut.

Penghasil ikan

Selain indah, ternyata kawasan ini kaya akan ikan. Ada banyak sekali jenis ikan yang ada, membuat banyak orang tergiur untuk memancing di kawasan tersebut.

Taman Muko-muko

Ini adalah salah satu kawasan wisata baru yang berada di dekat PLTA. Ada beberapa spot menarik yang dapat Anda gunakan untuk bermain bersama anak-anak.

Museum Buya Hamka

Museum Buya Hamka adalah salah satu lokasi menarik yang dapat Anda jumpai di sekitar danau Maninjau tersebut. Di dalamnya Anda akan melihat aneka koleksi yang dimiliki oleh tokoh sastra tersebut.

Adapun harga tiket masuk ke kawasan tersebut cukup murah, yaitu sekitar 3 ribuan rupiah saja. Namun hal ini belum termasuk tarif parkir yang ada. Tips untuk Anda yang ingin mengunjungi Danau Maninjau Padang sebaiknya selalu perhatikan rambu dan papan petunjuk yang ada, agar tidak salah belok!

Leave a Comment