Menikmati Pesona Mistis nan Eksotis Danau Linting Medan

DANAU LINTING MEDAN

Medan memiliki banyak potensi wisata yang tak kalah memukau dari daerah lain di Indonesia. Kota satu ini juga memiliki destinasi wisata andalan yang tak kalah dari keindahan Danau Toba yaitu Danau Linting Medan. Ya, Danau Linting ini hanya memiliki luas sekitar 1 hektare saja tetapi memiliki pesona yang tak kalah memikat dengan ikon wisata Sumatera Utara yang terluas di dunia tersebut. Bagaimana sejarah dan keindahan yang ditawarkan Danau Linting? Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!

Sejarah dan keistimewaan Danau Linting Medan

Danau Linting Medan merupakan destinasi wisata di daerah Deli Serdang yang masih terjaga keasliannya. Masyarakat setempat tidak tahu asal muasal terbentuknya danau vulkanik yang eksotis ini. Berdasarkan legenda yang dipercaya secara turun temurun, Danau Linting tidak lepas dari cerita mistis sehingga terdapat aturan dilarang berenang hingga ke tengah danau.

Asal terbentuknya Danau Linting dipercaya dari sebuah gundukan bukit yang mengalami gempa dan getaran hebat hingga menciptakan ledakan kencang. Ledakan dahsyat itu membuat bukit tertelan dalam tanah hingga menciptakan cekungan besar yang berubah menjadi Danau Linting. Entah benar atau tidak, Danau Linting menyimpan cerita yang berbau mistis dibalut dengan eksotisme tempat wisata yang masih perawan. Masyarakat setempat tidak ada yang berani mendekat sebelum nama danau ini populer.

Ya, keistimewaan Danau Linting Medan terletak pada pemandangan danau yang berwarna hijau tosca atau hijau kebiruan dengan temperatur hangat berasal dari belerang. Tidak ada aroma belerang yang menguar tetapi bakal terada saat Anda mencicipi air Danau Linting. Kalau pengunjung ingin berenang di bibir pantai pun diperbolehkan asal tidak sampai pembatas. Air yang memiliki suhu 30 derajat celsius ini bisa menjadi terapi relaksasi air hangat yang enak pada anggota tubuh Anda.

Baca Juga : Pesona Danau Aneuk Laot yang Menyimpan Kisah Sejarah

Sebaiknya memang mematuhi aturan untuk tidak berenang hingga ke tengah danau. Pasalnya, insiden pengunjung yang tenggelam pernah terjadi beberapa kali karena abai terhadap larangan yang ada. Hal ini dikarenakan kedalaman Danau Linting masih menjadi misteri hingga kini. Dulu, pernah ada seorang peneliti asing yang mencoba mengukur kedalaman danau dengan mengulurkan benang hingga mencapai 100 meter pun, kedalaman danau belum tersentuh sama sekali. Cukup terdengar misterius, ya?

Anda bisa merelaksasi penat dan stress di sekitar danau dengan membawa tikar piknik. Nikmati pemandangan danau yang eksotis dipadukan dengan pohon-pohon beringin sekitar danau yang menambah kesan asri. Bagi pecinta fotografi, pemandangan Danau Linting dengan gumpalan asap berasal dari belerang yang berada di atas danau semakin membuat kesan yang menawan. Tak heran kalau banyak orang tergoda menikmati eksotisme Danau Linting Medan ini.

Meski Danau Linting ini baru ramai diperbicangkan beberapa tahun terakhir, Anda bisa menjadikan wisata di Kabupaten Deli Serdang ini sebagai tujuan wisata akhir pekan. Fasilitas yang minim mengingat lokasi wisata masih dikelola oleh masyarakat setempat saja tentu bukan halangan. Ajak orang-orang tercinta menikmati liburan menyenangkan di Medan, yuk! Abadikan setiap keindahan yang ditawarkan Danau Linting Medan dalam akun sosial media Anda.

Harga tiket dan fasilitas Danau Linting Medan

Danau Linting Medan merupakan tempat wisata rekomended buat keluarga yang murah meriah. Tiket masuk ke danau eksotis di Deli Serdang ini hanya sekitar 5 ribu rupiah saja. Kalau Anda lupa membawa tikar piknik, bisa menyewa tikar piknik dengan harga sewa mulai 10-20 ribu rupiah saja. Bisa puas menikmati panorama danau dengan menyewa pondok beristirahat sekitar danau yang disewakan warga setempat dengan harga 25 ribu rupiah saja.

Tak perlu bingung kalau Anda merasa lapar atau haus sebab sudah ada banyak penjual makanan di sekitar Danau Linting. Warung-warung penjaja makanan tersedia di sekitar Danau Linting Medan. Kalau Anda ingin menikmati wisata yang ada di sekitar lokasi, bisa memilih menginap. Toh, ada banyak penginapan atau hotel nyaman yang terletak tak jauh dari Danau Linting antara lain Hotel Deli River, Mikie Holiday Resort dan Semarak Internasional Hotel yang bisa menjadi pilihan akomodasi.

Fasilitas wisata memang masih cukup terbatas namun nama tempat wisata Danau Linting Medan wajib masuk dalam daftar agenda Anda, bukan? Kalau Anda bertolak dari pusat kota Medan, wajib tahu lokasi dan akses terbaik menuju ke destinasi wisata satu ini.

Lokasi dan akses Danau Linting Medan

Danau Linting Medan beralamat di tiga desa yaitu Desa Durian IV Mbelah, Desa Sibunga-bunga dan Desa Gunung Manumpak yang berada di Kecamatan Sinembang Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang.

Akses menuju ke Danau Linting Medan agak sulit kalau Anda tempuh dari pusat ibukota Medan. Memang perjalanan lumayan melelahkan sekitar 2,5 jam menggunakan kendaraan bermotor sebab jarak antara Medan menuju ke lokasi wisata sekitar 70 kilometer. Rute yang digunakan mulai dari Medan melalui Tanjung Merawan hingga masuk ke Desa Tiga Janur. Bisa pula melalui kota Deli Tua dan Patumbak hingga sampai ke Deli Serdang yang butuh waktu lebih lama sekitar 3 jam.

Mungkin kamu suka : Mengulas Danau Laut Tawar Yang Berada di Takengon

Menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil lebih disarankan dibandingkan Anda menggunakan transportasi umum. Tersedia angkutan umum yang akan membawa Anda menuju ke lokasi wisata dari Terminal Amplaz yang ada di Medan. Biaya naik kendaraan umum menuju ke Danau Linting sekitar 20 ribu rupiah saja.

Tips seputar liburan ke Danau Linting Medan

Kondisi jalan masih kurang mulus, tidak rata, terjal dan berbatu sehingga Anda harus memastikan bahwa pengemudi telah berpengalaman menuju ke lokasi wisata. Persiapkan fisik dan mental agar Anda tidak mengalami masalah saat perjalanan jauh menuju ke Danau Linting Medan. Anda bisa merelaksasi kejenuhan perjalanan yang lumayan sulit dengan menikmati pemandangan alam di sepanjang jalan yang dihiasi pohon-pohon besar dan perkebunan sawit, kakao dan karet.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa perbekalan seperti kamera, baju ganti dan uang secukupnya. Kalau berlibur mengajak anak-anak, pastikan Anda melakukan pengawasan maksimal sebab Danau Linting Medan yang tidak begitu luas memiliki kedalaman tak terkira. Pahami setiap etika dan aturan yang ada agar liburan Anda tidak mengalami masalah. Selama persiapan Anda matang, liburan ke Danau Linting Medan bisa menjadi pilihan wisata yang menyenangkan. Tak perlu takut dengan cerita misterinya, ya!

Selain mengunjungi Danau Linting Medan, Anda juga bisa menjadwalkan agenda liburan ke destinasi lokal yang dekat dengan danau ini. Tempat wisata di sekitar Deli Serdang yang bisa Anda kunjungi antara lain Taman Lumbini, Sungai Simbahe, Air Terjun Tanjung Raja dan masih banyak destinasi wisata lokal lain.

Rencanakan liburan asyik Anda bersama dengan keluarga tercinta di Danau Linting Medan! Nikmati setiap eksotisme danau misterius yang efektif menghilangkan stress Anda dari aktivitas rutin di ibukota. Pesan tiket penerbangan Anda ke Medan sekarang juga, yuk!

Leave a Comment

Scroll back to top