Daftar Wisata Air Terjun Sumatera Utara Terbaik

Daftar Wisata Air Terjun Sumatera Utara Terbaik

Air terjun adalah wisata alam yang memiliki daya tarik unik tersendiri bagi para wisatawan. Salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan objek wisata air terjun adalah Sumatera Utara. Wisata air terjun Sumatera Utara sangat beragam dan indah.

Jika anda ingin melihat keindahan mereka semua, anda harus menyempatkan diri untuk berlibur ke Sumatera Utara pada liburan anda selanjutnya. Berikut sebelas air terjun di Sumatera Utara yang dapat anda kunjungi.

Daftar Wisata Air terjun Sumatera Utara Terbaik versi TemenTravel

Berikut ini daftar sebelas air terjun di Sumatera Utara yang harus anda kunjungi. Setiap air terjun ini menawarkan keunikan dan keindahan yang berbeda-beda. Letak mereka juga beragam, ada yang di tengah hutan, di tengah kebun teh, dan bahkan di dekat pemukiman penduduk. Sehingga, anda akan menemui suasana air terjun yang berbeda-beda saat mengunjungi tiap air terjun berikut ini.

1. Air Terjun Panas Tinggi Raja

Air Terjun Panas Tinggi Raja by Tementravel
Gambar Air Terjun Panas Tinggi Raja

Air Terjun Panas Tinggi Raja adalah air terjun yang sangat menakjubkan karena memiliki pemandangan yang tidak biasa. Salah satu hal yang membuatnya nampak menakjubkan adalah warna-warna di sekitar objek wisata alam ini. Air yang terdapat di sungai di bawahnya berwarna hijau kebiruan yang sangat cantik. Warna ini berpadu dengan warna putih dari bukit batu kapur serta sentuhan sedikit warna kuning dari bebatuan yang dialiri air panas di dekat sungai.

Paduan warna yang tak biasa ini tentu menarik banyak wisatawan untuk berfoto di tempat ini. Bukit kapurnya yang berwarna putih nampak seperti bukit salju. Sehingga, orang yang berfoto dengan background tersebut akan nampak seakan-akan sedang berada di negeri empat musim. Foto seperti ini pasti akan membuahkan banyak likes jika anda mengunggahnya ke media sosial.

Baca juga : 25+ Tempat Wisata di Sumatera Utara Paling Indah 2019

Suhu air di sekitar air terjun ini bervariasi. Area kolam tempat keluarnya air panas memiliki suhu 90o Celsius. Sehingga, anda dilarang untuk berendam di kolam ini. Meski demikian, anda dapat berendam di bawah tebing dimana air sungainya terasa sejuk.

Air Terjun Panas Tinggi Raja terletak di tengah sebuah sungai yang dikenal dengan nama Bah Malas. Lokasi ini tepatnya berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Silau Kahean, Simalungun. Area di sekitar air terjun ini merupakan bagian dari Cagar Alam Tinggi Raja yang sangat luas. Anda harus melewati hutan cagar alam ini untuk mencapainya. Oleh sebab itu, anda sebaiknya berkunjung kemari bersama banyak teman agar tidak tersesat.

2. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso by TemenTravel
Air Terjun Sipiso-Piso by TemenTravel

Air Terjun Sipiso-Piso adalah salah satu wisata air terjun Sumatera Utara yang sangat terkenal. Objek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu daya tariknya adalah ketinggiannya. Tinggi air terjun ini menacapai 120 meter sehingga tergolong sebagai salah satu air terjun tertinggi di indonesia. 

Untuk mencapainya, anda harus meniti anak tangga yang jumlahnya 1020 buah. Bagi anda yang lama tidak berolahraga, sebaiknya anda mempersiapkan fisik anda terlebih dahulu. Jalan menuju air terjun ini memang cukup melelahkan, namun pemandangan di sekitar jalan ini memiliki nampak indah. Sehingga, anda tidak akan merasa terlalu lelah. Selain itu, pemandangan di depan air terjun juga sangat menakjubkan sehingga kelelahan anda akan terbayarkan.

Saat berada di depan air terjun ini, anda akan melihat tumpahan air berbuih putih yang mengucur tegak lurus mirip pisau dari tempat yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, penduduk setempat menamainya dengan nama Sipiso-Piso. Air terjun ini terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Jaraknya dari kota Medan sekitar 3 jam perjalanan. 

3. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit wisata sumatera utara by Tementravel
Gambar Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna adalah salah satu air terjun yang sangat terkenal di Sumatera Utara. Yang membuat objek wisata ini terkenal adalah adanya dua warna air di spot wisata ini. Air sungai di bawah air terjun tersebut berwarna biru di satu area dan berwarna abu-abu di area lainnya. Tinggi air terjun ini adalah 75 meter dan dari sela-sela batu di kanan-kirinya juga terdapat tumpahan air yang lebih pendek.

Sama seperti saat mengunjungi Air Terjun Sipiso-Piso, anda harus mempersiapkan kesehatan fisik anda sebelum berlibur di Air Terjun Dua Warna. Anda membutuhkan badan yang fit karena dibutuhkan waktu empat jam tracking melintasi hutan serta menyeberangi sungai untuk sampai ke tempat ini. Namun, semua kelelahan tersebut tidak akan begitu terasa saat anda menikmati pemandangan air terjun dan area di sekitarnya.

Air Terjun Dua Warna terletak di Desa Bandar Baru, Sibolangit, Deli Serdang. Objek wisata ini berlokasi di sebuah kawasan perkemahan yang dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Sibolangit.

4. Air Terjun Ponot

Air Terjun Ponot by Tementravel
Gambar Air Terjun Ponot di Sumatera Utara

Air Terjun Ponot tergolong sebagai salah satu air terjun tertinggi karena memiliki ketinggian yang mencapai 250 meter. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari air terjun ini adalah tiga undakannya. Sehingga, airnya tidak langsung mengucur lurus ke bawah namun mengucur melewati tiga tingkatan air terjun.

Selain ketiga undakan tersebut, derasnya debit air juga menjadi daya tarik dari wisata air terjun ini. Di bawah kucuran air tersebut terdapat banyak bongkahan batu yang berukuran sangat besar. Batu-batu tersebut membuat pemandangan di air terjun ini nampak semakin menakjubkan.

Air Terjun Ponot berlokasi di aliran Sungai Ponot. Letaknya ada di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Asahan.

5. Air Terjun Satu Hati

Air Terjun Satu Hati by Tementravel
Gambar Air Terjun Satu Hati by Tementravel

Air Terjun Satu Hati ini memiliki medan yang cukup menantang. Sehingga, objek wisata ini cocok untuk anda yang ingin sedikit memacu adrenalin. Untuk mencapai air terjun yang berlokasi di Sibolangit ini, anda harus melewati jalan menurun melewati tebing yang tinggi dan curam. Anda akan memerlukan waktu sekitar dua puluh menit berjalan melewati hutan dan kebun kopi. Pemandangan di kanan kiri jalan ini cukup menarik.

Air terjun di tengah hutan ini memiliki pemandangan yang indah. Selain itu, ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh penduduk setempat. Beberapa diantaranya adalah pondok bambu, hiasan batang pohon, serta tanaman bunga yang dapat dijadikan tempat istirahat untuk para wisatawan.

6. Air Terjun Teroh – Teroh

Air Terjun Teroh-Teroh by Tementravel
Gambar Air Terjun Teroh-Teroh by Tementravel

Air Terjun Teroh-Teroh merupakan air terjun yang banyak dikunjungi wisatawan Sumatera Utara. Daya tarik tempat wisata ini adalah kejernihan airnya yang dapat digunakan untuk berkaca. Kesegaran udaranya dan keindahan pemandangannya juga menarik para wisatawan untuk datang kemari.

Wisata air terjun ini belum begitu lama populer. Baru setelah tempat wisata ini diliput oleh sebuah stasiun televisi nasional, air terjun ini menjadi semakin terkenal dan pengunjungnya semakin berlimpah.

Air terjun dengan tinggi 12 meter ini terletak di Desa Rumah Galuh, Sei Bingai, Langkat.  Lokasinya yang tak begitu jauh dari kota Binjai membuatnya mudah diakses. Dari tempat parkir hingga ke depan air terjun ini, anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit berjalan. 

7. Air Terjun Siasis

Wisata Air Terjun Sumatera Utara - Air Terjun Siasis by Tementravel
Gambar Air Terjun Siasis by Tementravel

Air Terjun Siasis letaknya jauh dari Medan. Meski demikian, wisata air terjun ini layak dikunjungi karena pemandangannya yang sangat menakjubkan. Selain pemandangannya, daya tarik air terjun ini juga berupa kucuran airnya yang teratur dan deras serta udaranya yang sejuk.

Air terjun ini tepatnya terletak di Tapanuli Selatan, dekat Danau Siasis. Dibutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan dari Padang Sidimpuan untuk mencapai spot wisata ini. Air Terjun Siasis sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan serta udara segar.

8. Air Terjun Siluman

Wisata Air Terjun Sumatera Utara - Air Terjun Siluman by Tementravel
Gambar Air Terjun Siluman by Tementravel

Air Terjun Siluman adalah wisata air terjun yang belum banyak diketahui. Meski sedikit tersembunyi, namun air terjun ini memiliki pemandangan yang tak kalah cantik dengan air terjun terkenal lainnya di Sumatera Utara. Air terjun ini tidak begitu tinggi. Bebatuan di air terjun ini terpahat dengan indah. Anda bahkan dapat mendakinya dan menikmati percikan jeramnya sambil berfoto.

Meski namanya sedikit menyeramkan, namun air terjun ini sama sekali tidak menyeramkan. Air Terjun Siluman terletak di Desa Garunggang, Langkat. Dibutuhkan waktu dua hingga tiga jam perjalanan dari Medan untuk mencapai tempat wisata ini.

9. Air Terjun Bah Biak

Wisata Air Terjun Sumatera Utara - Air Terjun Bah Biak by Tementravel
Gambar Air Terjun Bah Biak by Tementravel

Air Terjun Bah Biak memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Di Objek wisata ini, anda tidak hanya dapat melihat satu air terjun. Ada tiga air terjun yang tidak begitu tinggi yang mengucurkan airnya pada sungai yang sama. Letak mereka saling berdekatan sehingga anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah.

Daya tarik lain dari air terjun ini adalah kebun teh yang terletak di sekitar tempat ini. Air Terjun di tengah kebun teh merupakan hal yang unik dan jarang ditemukan. Kebun ini juga menambah nilai keindahan dari objek wisata tersebut.

Air Terjun Bah Biak terletak di Sidamanik, Simalungun, Pematang Siantar. Untuk mencapai air terjun ini, anda pertama-tama harus melewati hamparan kebun teh. Setelah tiga puluh menit menikmati pemandangan kebun hijau tersebut, anda akan sampai di pintu depan wisata air terjun ini. Untuk sampai di depan air terjun, anda harus menuruni barisan anak tangga. Meski demikian, jumlah anak tangga ini tidak sebanyak anak tangga yang ada di Air Terjun Sipiso-Piso.

10. Air Terjun Efrata

Wisata Air Terjun Sumatera Utara - Air Terjun Efrata By Tementravel
Gambar Air Terjun Efrata By Tementravel

Jika anda kebetulan sedang berada di Samosir, anda harus mengunjungi Air terjun Efrata. Wisata air terjun ini sebenarnya sangat mempesona namun sayangnya belum dikelola secara maksimal. Meski demikian, anda akan menemukan beberapa fasilitas mendasar di air terjun ini.

Air Terjun Efrata memiliki tinggi sekitar 25 meter dan lebarnya sekitar 10 meter. Curahan airnya sangat deras dan banyak, apalagi di musim hujan. Selain mempesona, air terjun ini juga terlihat asri dan menawarkan kesejukan. Di sini, anda dapat berkemah dan menikmati suasana air terjun yang damai.

Wisata air terjun ini berlokasi di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Samosir. Setelah sampai di desa tersebut, diperlukan waktu sekitar sepuluh menit untuk mencapai spot wisata ini. Letaknya yang dekat pemukiman memungkinkan anda untuk meminta bantuan warga sekitar untuk memandu anda menuju lokasi.

11. Air Terjun Mursala Island

Wisata Air Terjun Sumatera Utara - Air Terjun Mursala Island by Tementravel
Air Terjun Mursala Island di Sumatera Utara

Air Terjun Mursala Island adalah objek wisata unik dan sangat menarik. Tempat ini sebenarnya belum banyak dijamah oleh tangan-tangan wisatawan. Meski belum begitu populer, namun potensi wisata dari air terjun ini sangat besar. Pulau ini juga pernah menjadi lokasi syuting film. Oleh karenanya, saat anda berlibur ke Sumatera Utara, sebaiknya anda menyempatkan diri untuk datang kemari.

Daya tarik utama dari wisata air terjun ini adalah aliran jeramnya yang mengalir ke laut. Jika biasanya air terjun mengucur turun ke sebuah kolam penampungan air tawar atau sungai, tidak demikian dengan air terjun di Pulau Mursala. Di Indonesia, hanya ada beberapa air terjun yang mengucur ke laut. Jadi, anda tidak boleh melewatkan wisata alam unik ini saat berada di provinsi ini.

Tertarik dengan air terjun ini lebih rinci? coba baca artikel yang sudah kami buat disini : Wisata Air Terjun Mursala Island di Sumatera Utara

Penutup

Masih ada banyak lagi wisata air terjun Sumatera Utara yang dapat anda kunjungi. Sebagian dari mereka masih tersembunyi potensinya dan bisa dikatakan belum benar-benar terjamah tangan manusia.

Sebelum mengunjungi mereka satu persatu, pastikan stamina tubuh anda cukup kuat untuk melewati medan berat menuju berbagai air terjun tersebut. Sekian, Terimakasih.

Leave a Comment