Kepulauan Mentawai

Yuk, Berlibur ke Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai Sumatra Barat tentunya memiliki potensi alam yang luar biasa, dari mulai rawa, laut, sungai, hingga hutan. Untuk anda yang ingin sekali merasakan keindahan budaya, wisata bahari yang eksotis, dan petualang yang sebenarnya, maka anda harus mengunjungi tempat ini.

Dusun Taikako

Dusun ini adalah salah satu dusun yang hingga saat ini masih mempertahankan budaya
tradisionalnya. Dusun ini sendiri terletak di Desa Taikako, tepatnya di Kecamatan Pagai Utara
Selatan. Ketika desa lainnya sudah berakulturasi terhadap buaya pendatang, namun berbeda dengan dusun ini yang masih mempertahankan budaya aslinya, salah satunya adalah menghiasi tubuh menggunakan tato.

Desa Madobak

Jika dilihat bahwa desa ini merupakan salah satu daya tarik terbesar pengunjung yang akan
mengunjungi Kepualauan Mentawai. Apa yang unik dari desa ini? Yang jelas masyarakat yang ada di desa Madobak masih mempertahankan kebudayaan tradisionalnya, seperti meramu obat, berburu, hingga melakukan upacara keagamaan yang disebut dengan Punen Puliaijat. Untuk mengobati orang yang sakit, maka masyarakat di sini memanggil para roh, dan kegiatan ini disebut dengan Sikerei.

Taman Nasional Siberut

Pastinya akan menjadi pengalaman berkesan ketika anda menjelajahi hutan dengan melewati jalur setapak yang ada di Taman Nasional Siberut, Kepulauan Mentawai Sumatra Barat ini. Hewan apa saja yang bisa ditemukan di sini? Anda bisa menemukan tupai, monyet, musang, dan juga kurang lebih ada 150 spesies burung yang bisa ditemukan di dalam hutan. Bagaimana dengan tumbuhannya? Tenang, selain hewan-hewannya, anda pun bisa melihat anggrek gunung, bunga bangkai, kayu Gaharu, hingga anggrek bulan. Tentunya tempat wisata ini sangat menarik ya!

Air Terjun Bat Soumang

Selain beberapa destinasi wisata di atas, tentunya destinasi wisata alam Sumatera Barat ini juga cukup menarik untuk dijelajahi. Selain menawarkan fasilitas yang menarik, anda pun tidak akan menyesal untuk mendatanginya, terlebih lagi untuk anda yang memiliki jiwa petualang. Loaksi dari air terjun ini berada di pedalaman, yang memiliki arus yang berbahaya dan sangat deras. Selain itu, sungai ini pun dikelilingi pohon-pohon besar dan rotan, yang sangat cocok untuk anda jadikan sebagai tempat arum jeram yang menengangkan.

Pulau Nyang Nyang

Berada di Kecamatan Siberut Selatan, menurut pengalaman para peselancar nasional hingga Internasional Pulau Nyang Nyang mempunyai ombak tertinggi di dunia, mencapai 4 meter. Dari ibu kota kecamatan, tentunya anda bisa mengunjungi pulau ini menggunakan speedboat. Daerah lainnya yang menawarkan ketinggian ombak serupa seperti Mappadegat sekitar 3 sampai 4 meter, Masokut 1 sampai 4 meter, hingga Masosiu 1 sampai 4 meter. Untuk anda yang ingin ke Kepulauan Mentawai Sumatra Barat, tepatnya ke Pulau Nyan Nyang dan ingin bersantai sejenak, maka di sini juga terdapat homestay.

Leave a Comment