Arsitek Museum Tsunami Aceh, Ridwan Kamil

Arsitek Museum Tsunami Aceh, Ridwan Kamil – Siapa yang tak kenal dengan yang satu ini yaitu Ridwan Kamil wali kota Bandung, Bapak Ridwal Kamil sebelum memimpin Kota di Kembang dia adalah salah satu arsitek sukses di Indonesia ini. Karya Ridwan kamil tersebut memang benar – benar bagus dan telah di akui oleh para pecinta arsitektur dalam maupun di mancanegara. Kalian pasti sudah tau mengenai Museum Tsunami yang ada di aceh, Museum tersebut adalah salah satu karya dari Ridwan Kamil yang sangat Spektakuler. Dulu pada tahun 2004 tepatnya tanggal 26 Desember telah terjadi gempa dengan kekuatan 9,1 sampai dengan 9,3 sr yang dapat mengguncang dasar laut di Barat Daya Sumatera sekitar 20 sampai 15 km di lepas pantai.

Tak lama kemudian dari gempa tersebut telah di susul gelombang tsunami menerjang Pulau Sumatera hingga sampai daratan Afrika. Pada saat itu sehari berselang PBB atau Perserikatan Bangsa –  Bangsa telah menyatakan bahwa tsunami di aceh ini sebagai bencana kemanusian yang sangat terbesar yang pernah terjadi. Bencana ini telah memakan korban hingga 115 Ribu Korban jiwa kata Khoofi Anna, Sekertaris Jendral PBB Atau Perserikatan Bangsa – Bangsa. Dan untuk data – data lain telah menyatakan memakan korban jiwa hingga mencapai 230 ribu Jiwa. Negara Indonesia ini telah dinyatakan sebagai kawasan paling terdampak parah karna tsunami tersebut.

Semua peristiwa – peristiwa tsunami yang telah menghancurkan atau meluluhkan aceh ini semua telah terabadikan di dalam sebuah Museum yaitu Museum Tsunami Aceh yang terletak di Banda Aceh. Megahnya Museum Tsunami tersebut telah di susun Oleh Arsitek Sukses di indonesia yaitu

Ridwan Kamil.

Bapak Ridwal Kamil telah menyusun struktur museum dengan 4 lantai dan dinding yang lengkung di ditutupi Relief Geomatris. Jika anda yang ingin masuk ke dalam museum tersebut anda bisa melalui lorong yang sempit dan gelap di antara dua dinding air yang amat tinggi. Jika anda melalui lorong tersebut anda akan melihat sesuatu yang telah menggambarkan suasana kepanikan pada saat tsunami dahulu, Desain Ridwan Kamil dinding dari museum tersebut telah di hiasi dengan gambar – gambar orang menrau saman yang telah menggambarkan sebuah makan yaitu simbolis akan kekuatan, disiplin , dan kepercayaan religius suku Aceh untuk bangkit, dan untuk atap yang di desain Ridwan Kamil dari museum ini berbentuk gelombang laut.

Lantai daras dari Museum Tsunami Aceh tersebut telah dirancang mirip sebuah rumah panggung tradisional aceh yang pada saat tsunami tersebut telah selamat dari terjangan tsunami. Pada salah satu dinding Museum Tsunami Aceh tersebut juga telah memuat nama – nama korban bencana alam pada saat itu. Dan uniknya lagi pada sisi atap juga ada yang terdapat sebuah lafal yang bertuliskan Allah. Di dalam akun sosmed Ridwan Kamil yaitu akun Instagram, Ridwan Kamil telah meng-upload sebuah foto yaitu mengenang 13 tahun Tsuami Aceh pada hari Selasa siang.

Denah Dari Arsitek Museum Tsunami Aceh

Jika anda yang ingin melihat langsung denah Museum Tsunami Aceh yang ada di banda aceh anda bisa melihat gambar di bawah ini.

Gambar di atas merupakan denah Museum Tsunami Aceh yang di desain oleh Arsitek Sukses Indonesia yaitu Ridwan Kamil. anda bisa datang ke sana (Museum Tsunami Aceh) yang berada di Kota Banda Aceh untuk melihat betapa spektakulernya karya arsitek Museum Tsunami Aceh ini. Mungkin hanya itu saja yang dapat kami tulis kurang lebihnya kami mohon maaf. Terima Kasih

Leave a Comment

Scroll back to top