air terjun sarasah donat sumatera barat

Air Terjun Sarasah Donat Sebagai Air Terjun Paling Unik di Lembah Harau

Selain beberapa tempat wisata menarik lainnya yang ada di Sumatera Barat tentu ada juga tempat wisata cukup unik yang ditawarkan oleh Lembah Harau. Dimana di sini Anda beberapa bebatuan granit raksasa yang bisa Anda lihat ketika berada di sini dan tumbuh paling subur di Harau tepatnya di Kabupaten Lima Puluh Kota serta menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat wisata paling menakjubkan dan paling unik. Selain itu, sebagai pelengkap liburan ke tempat ini maka Anda juga tidak boleh melewatkan Air Terjun Sarasah Donat yang nantinya siap menemani perjalanan liburan Anda di Lembah Harau. Untuk informasinya, yuk langsung saja kita lihat seperti berikut ini.

Lokasi Untuk Menuju Air Terjun Sarasah Donat

Jika mendengar kata Donat tentu yang muncul di dalam pikiran adalah makanan dan kue donat bukan? Namun, donat ini sangat berbeda dengan apa yang Anda pikirkan. Dimana donat ini sangat menyenangkan sekali apalagi pada saat Anda melihatnya. Nah, Sarasah Donat adalah air terjun yang terbilang unik yang terletak di Desa Tarantang, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumbar. Untuk bisa sampai ke desa ini maka Anda harus bisa menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 30 menir dari arah kota Payakumbuh ataupun kurang lebih sekitar 15 menit dari arah Kelok 9. Selain itu, setelah Anda melihat kantor Bupati Kab. 50 Kota, maka nantinya akan terdapat gerbang yang bertuliskan Selamat Datang di Harau Resort.

Perjalanan ke Tempat Wisata Alam Air Terjun

Nah, untuk melanjutkan perjalanan ke tempat wisata alam Air Terjun Sarasah Donat maka Anda bisa memasuki kawasan gerbang selamat datang tadi dan Anda harus meneruskan perjalanan yakni sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan serta nanti Anda bisa berbelok ke arak kiri pada saat menemukan plang SMPN 3 Taratang. Kemudian Anda akan melewati pula jalan yang memang belum teraspal. Namun, tidak jauh ke dalam maka nantinya Anda akan dapat melihat air terjun pertama dan ini bisa dikatakan sebagai penyambut kedatangan para pengunjung yang nantinya siap menemani perjalanan yang sesungguhnya dengan panorama keindahan alam yang sangat indah.

Tempat Wisata Alam Unik di Sumatera Barat

Jika Anda sudah memasuki kawasan tersebut dan melewati air terjun pertama maka itu belum sampai ke tempat tujuan. Dimana Anda harus melanjutkan perjalanan lagi dengan menaiki anak tangga yang kemiringannya hampir 100 derajat . Namun, jika Anda melihat referensi fotonya maka bisa dilihat seperti anak tangga biasa saja yang memang tidak terlalu tinggi. Akan tetapi dengan pengorbanan pada saat menempuh perjalanan maka nantinya Anda akan melihat panorama yang sangat indah sehingga semua rasa lelah dan letihnya akan terobati.

Selain itu, nantinya Anda akan menyusuri anak sungai dan juga aliran dari Air Terjun Sarasah Donat akan mulai terlihat. Namun, alasan Sarasah ini diberikan nama dengan Sarasah Donat karena memang air terjun yang mengalir ini terdapat di dalam goa yang memang bolong ditengahnya dan mirip seperti donat. Namun, untuk bisa menikmati keindahan Air terjun di Sumatera Barat ini maka Anda masuk ke dalam goa.

Leave a Comment