Persembahan Alam yang Indah Dari Air Terjun Kuta Malaka

Persembahan Alam yang Indah Dari Air Terjun Kuta Malaka

kali ini admin tementravel.id akan mengulas kembali tempat wisata di daerah Aceh nih guys. Para sahabat tementravel.id pasti sedang menunggu update nya ya. Kali ini masih tetap tentang Air terjun nih, yaitu Air Terjun Kuta Malaka. Tidak cuma Air Terjun Kuta Malaka saja nih guys yang berada di Aceh. Waktu itu juga kita pernah membahas tentang Air Terjun Suhom dan Air Terjun Blang Kolam.

Balik lagi ke topik yuk!

Air Terjun Malaka adalah sebuah Air terjun yang menyimpan begitu banyak keindahan alam yang luar biasa. Tempat ini juga memiliki sekitar tujuh tingkatan, pada setiap tingkatan tersebut memiliki ciri khas tersendiri.

Air Terjun ini ternyata berada di Bukit Kuta Malaka, dan jika anda mau ke lokasi Air Terjun tersebut anda harus melewati berbagai jalan terjal dan juga banyak sekali jalan – jalan yang menanjak serta jalan nya banyak jalan yang berkelok – kelok. Jika anda ke sana pada musim hujan pasti anda akan menemukan jalan – jalan yang licin akibat air hujannya. Dengan adanya medan yang licin tersebut, jalan akan menjadi lebih rawan kendaraan terperosok atau slip.

Di sana terdapat anak – anak sungai yang harus anda lewati, tak jarang sekali ada wisatawan yang harus melewati anak sungai dengan kedalaman 4- hingga 80 cm. Memang di sana tidak terlihat jembatan yang sengaja di bangun untuk melintas, mau tidak mau para wisatawan harus melewati sungai tersebut.

Dengan adanya rintangan di sungai tersebut saya yakin perjalan anda pasti akan memberikan sensasi tersendiri bagi anda.

Tapi tenang aja guys, dengan adanya rintangan jalan yang sulit dan harus menyebrangi anak sungai, semuanya akan terbalaskan pada saat di Air Terjun Kuta Malaka, kenapa begitu? Anda akan terbayarkan dengan adanya keindahan dari air terjun tersebut.

Jika anda sedang berada di puncak dan memandang ke bagian ke arah timur, anda akan mendapatkan pemandangan yang bagitu indah sekali dari perpaduan latar dengan jajaran bukit – bukit sabana, daratan Kota Aceh, serta anda dapat melihat latar belakang selat Malaka yang akan terlihat dari atas bukit tersebut secara samar – samar.

Di lihat dari atas, anda akan menemukan panorama alam yang sangat mengagumkan. Jika anda ke puncak membawa kendaraan sendiri, anda tak perlu khawatir untuk menaruh kendaraan anda, karena di atas bukit sudah tersedia sebuah bangunan yang sengaja di bangun untuk tempat parkir kendaraan para wisatawan.

Indahnya Air Terjun Kuta Malaka

Bagi anda yang ingin memasuki air terjun Kuta Malaka ini, anda perlu memasuki hutan sedalam 200 meteran, dan juga anda perlu jalan kaki kurang lebih sekitar 412 anak tangga yang memang sengaja disediakan untuk memudahkan perjalanan anda saat datang ke tempat tersebut.

Tak hanya pemandangan air saja, di setiap perjalanan anda,  di sisi kiri dan kanan akan terlihat banyak sekali pepohonan rindang yang akan memberikan anda udara yang amat sejuk sekali. Tak hanya itu aja guys, pengunjung juga akan di temani dengan alunan merdu suara burung – burung yang ada di hutang tersebut guys. Ada suara burung – burung liar dan jangkrik yang seolah – olah akan menyambut kedatangan anda jika datang ke sana.

Kembali ke air terjun, Air yang ada di air terjun tersebut ternyata berasal dari mata air pegunungan sehingga menghasilkan air yang memang begitu jernih sekali dan terasa dingin. Karena begitu jernihnya air ini, menjadi sebab terlihatnya dasaran telaga yang berada di bawah air terjun tersebut.

Pancaran warna yang tampak kehijauan membuat pengunjung ingin menceburkan diri ke dalam telaga tersebut. Seperti yang saya tuliskan di atas bahwa Air Terjun ini memiliki 7 tingkatan dan pada setiap tingkatan tersebut memiliki ketinggian air terjun yang berbeda – beda yaitu antara 3 sampai 6 meter aja guys. Pada setiap air terjun di bawahnya ada telaga yang memiliki kedalaman rata – rata 1-2 meter. Dan memiliki kelebaran sekitar 2 sampai 3 meter.

Para wisatawan yang datang ke tempat tersebut pasti akan tergoda dengan jernihnya air terjun dan memiliki keinginan untuk menceburkan dirinya di telaga tersebut. Para pengujung biasanya melakukan kegiatan berenang serta bermain air perosotan atau bahkan meluncur dari puncak telaga.

Bagi anda yang tidak bisa berenang atau lagi malas berenang bisa menikmati jernihnya air dengan berendam di telaga yang agak dangkal atau tidak terlalu dalam. Atau jika ada wisatawan yang tidak bisa berenang, wisatawan itu masih bisa menikmati keindahan alam di sekitar air terjun sambil berduduk santai menikmati suara air yang gemercik serta di temani suara burung –  burung liar yang begitu merdu. Tak jarang para wisatawan memuji panorama alam indah di sana yang dapat dipercaya bisa menghilangkan segala penat dari kebisingan bahkan untuk menghibur dan melupakan rutinitas setiap harinya.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Kuta Malaka, disini admin tementravel.id akan memberikan tips untuk anda semua yang ingin berkunjung ke sana, tips ini pula bisa membantu anda untuk mengurangi berbagai resiko yang bisa saja terjadi kapan pn jika anda berada di sana.

Tips Ke Air Terjun Kuta Malaka

  1. Sebelum ke sana pastikan kondisi badan anda benar – benar dalam kondisi sehat dan memiliki stamina yang cukup.
  2. Alangkah baiknya anda membawa beberapa bekal karna perjalan cukup jauh dan perlu jalan kaki juga.
  3. Jika anda ingin pergi ke Lokasi ini diwajibkan datang pada musim kemarau. Karena jika musim hujan maka jalan akan licin dan bisa saja membahayakan diri anda.
  4. Jika sudah sampai di sana, tetap jaga kebersihan dan jaga kelestarian yang agar lokasi tersebut tetap indah sampai anak cucu kelak.

Mungkin di atas adalah beberapa tips yang harus anda lakukan jika datang ke sana, terutama pada no 1 dan 2 yaitu berkaitan dengan kesehatan anda, dan no 3 tentang keselamatan anda sendiri.

Lokasi Air Terjun Kuta Malaka

Jika anda ingin berkunjung ke Air Terjun tersebut, Lokasi nya terletak di bukit Kuta Malaka. Jarak lokasi air terjun kuta malaka ini memiliki jauh sekitar kurang lebih 45 kilo meter dari kota Banda Aceh. Dan untuk anda jika mau menuju ke lokasi tersebut, alangkah baiknya menggunakan sepeda motor. Dan jika mobil menggunakan yang dua gardan. Sepanjang perjalanan anda akan di suguhi dengan pemandangan sawah yang sangat hijau dan terbentang dari sisi kanan ke sisi kiri.

Ya itu saja ulasan atau artikel kita tentang Air Terjun Kuta Malaka, semoga artikel ini bisa menjadi referensi anda jika mau berkunjung ke sana, dan jika anda mau, alangkah baiknya memperhatikan tips yang saya berikan di atas untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan. Berhati – hati lah jika terdapat jalan yang licin apa lagi pada musim hujan tidak di anjurkan sekali untuk datang ke sana.

Leave a Comment

Scroll back to top