9 Objek Wisata Kota Takengon Paling Mempesona

9 Objek Wisata Kota Takengon Paling Mempesona Takengon merupakan sebuah kota yang indah. Tak hanya indah saja, tetapi seluruh objek wisata kota Takengon tak membosankan.

Banyak sekali tempat wisata yang direkomendasikan namun, sebelum itu Anda harus mengetahui jika dari banyaknya tempat wisata Takengon, hanya beberapa tempat wisata saja yang direkomendasikan. Berikut merupakan objek wisata kota Takengon paling direkomendasikan untuk Anda kunjungi.10 Objek Wisata Kota Takengon Paling Mempesona.

 

Berikut adalah 9 Objek Wisata Kota Takengon

1. Goa Loyang Koro

Hanya sebuah lorong goa namun bukan sembarang tempat wisata yang tak boleh disepelekan, Goa Loyang Koro sebuah Goa tampak berbeda sekali dengan lainnya karena didalamnya dipenuhi dengan batu stalagmite dan stalaktit yang amat memukau keindahannya.

Memasuki Goa rasanya seperti menemukan surga yang tersembunyi. Pemandangan stalagmite dan stalaktit  penuh warna mampu menyulap goa yang gelap menjadi terang, sehingga pemandangan dalam goa nampak jelas bagusnya. Langsung saja datang ke lokasi tempat wisata Goa Loyang Koro yaitu berada di bawah kaki Gunung Birahpahyang, tepatnya yaitu di Ds. Toweren, Kecamatan Laut Tawar.

 

2. Danau Laut Air Tawar

Lukisan pemandangan danau laut air tawar benar-benar sangat indah mempesona, tak sadar bahwa keindahannya mampu memikat hati siapa saja yang melihatnya.  Pemandangan yang disuguhkan oleh danau tersebut sangat memanjakan mata wisatawan yang sedang berkunjung. Pemandangan danau dengan airnya yang jernih serta perbukitan hijau nan indah sampai tidak bisa ditafsirkan dengan sebuah kata-kata.

Baca ulasannya lebih lengkap disini : Mengulas Danau Laut Tawar Yang Berada di Takengon

Tidak hanya menikmati keindahan danau saja tetapi, wisatawan juga dapat melihat berbagai macam flora dan fauna. Pada sore hari Anda dapat melihat keindahan matahari terbenam. Pada saat itu juga, suasana di sekitar danau menjadi sangat romantis sekali.

 

3. Pantan Terong

Objek wisata Kota Takengon ini memiliki nama yang unik, yaitu Pantan Terong. Sebuah tempat wisata nan cantik dengan menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa bagus. Dari atas bukit, Anda bisa melihat pemandangan laut air tawar dan alam yang sangat luas. Keindahan alam yang diberikan di sekitar Pantan Terong sungguh tidak terbatas, sehingga mampu memberikan coretan kebahagiaan pada wisatawan yang melihatnya.

Mungkin kamu tertarik : Mampir Sini Ke Wisata Pantan Terong Di Takengon

Lokasi Pantan Terong berada di wilayah Gampong Ulu Nuih Takengon, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Bila berkunjung kesana maka, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 7,5 km dari pusat kota. Akses perjalanan menuju kesana sangat mudah, karena telah dipasang papan petunjuk agar wisatawan dapat dengan mudah mendatangi tempat wisata Pantan Terong.

 

4. Pante Menye Bintang

Lokasi objek wisata kota Takengon selanjutnya adalah Pante Menye Bintang tepatnya berada di Kampung Genuren, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah. Panorama keindahan alam pada tempat wisata tersebut sangat berbeda dari lainnya. Adapun panorama yang bisa dilihat ketika berada disana yaitu hamparan alam yang didominasi oleh sebuah perbukitan, gagahnya  sang Gunung Birahpanyang dan luasnya hamparan danau.

Pante Menye Bintang tidak memiliki keindahan alam saja namun, ditempat wisata tersebut terdapat berbagai macam warung makan. Setiap warung makan menyediakan sajian menu berbeda, sehingga Anda bisa melakukan wisata kuliner dengan mengunjungi setiap warung yang berada disana.

 

5. Krueng Peusangan

Objek wisata kota Takengon yang sangat ekstrim dan sangat menguji adrenalin yaitu Krueng Peusangan. Sebuah sungai memiliki arus yang sangat amat deras, sumber airnya berasal dari Danau Lut Air Tawar jadi tidak heran kalau airnya mengalir deras.

Pada tempat wisata tersebut Anda bisa melakukan kegiatan ekstrim yaitu arung jeram. Sambil melakukan kegiatan arung jeram, Anda bisa menikmati pemandangan pepohonan lebat yang berada di sekitar sungai.

 

6. Bur Lancuk Leweng

Hamparan kota Takengona yang luas hampir sama dengan luasnya samudera mampu membuat wisatawan kagum ketika melihatnya dari atar Bur Lancuk Leweng. Objek wisata kota Takengon ini tak hanya menampilkan panorama keindahan kota dari atas namun, sentuhan tangan sang pengelola wisata yang amat kreatif mampu menyulap Bur Lancuk Leweng menjadi tempat wisata kekinian.

 

7. Air Terjun Mangaya

Desiran angin berirama dari air terjun Mangaya membuat wisatawan terpana dan terkesima. Di sekitar air terjun terdapat pohon yang menari-nari indah seakan mengikuti irama air terjun.

Lokasi tepatnya dari air terjun Mangaya yaitu berada di Jl. Lingkar Danau Laut Tawae, Ds. Mengaya, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah. Tempat wisata air terjun Mangaya sangat direkomendasikan karena air terjunnya bagus dan keasriannya masih terjaga.

Keindahan tidak hanya ada di pemandangan air terjun saja melainkan, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah. Adapun pemandangan yang dapat dilihat oleh anda yaitu hamparan luas perkebunan kopi dan panorama Danau Laut Tawar.

 

8. Goa Loyang Datu Merah

Objek wisata kota Takengon Goa Loyang Datu merah sangat terkenal, berbeda dengan Goa Loyang Koro. Tempat wisata terkenal karena memiliki potensi panorama keindahan alam yang bagus. Dibalik keindahannya Goa Loyang Datu Merah ternyata ada cerita legenda, Anda bisa mengetahui cerita legenda secara langsung ketika mengunjungi wisata tersebut. Tempat wisata ini memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan pariwisata Aceh.

 

9. Bur Telege

Tempat wisata kekinian Bur Telege mampu menarik perhatian seluruh wisatawan. Hal yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi wisata Bur Telege yaitu disana banyak sekali spot foto kekinian sekaligus pemandangan alam yang begitu menawan. Semua spot foto dibuat sangat instagenic, sehingga Anda wajib melakukan hunting foto ketika mengunjungi Bur Telege.

Bur Telege terletak kawasan selatan Takengo. Alamatnya berada di Ds. Hakim Bale Bujang, Kecamatan Laut Tawar, Takengon. Perjalanan menuju tempat ini memakan waktu selama 30 menit jika ditempuh dari danau laut tawar. Waktu perjalanan menuju kesana rasanya sangat cepat, karena kondisi jalan sudah beraspal sehingga membuat nyaman perjalanan Anda.

Banyak sekali objek wisata kota Takengon, yang menawarkan keindahan bak surga tersembunyi. Tak heran jika wisatawan berlomba-lomba liburan kesana, pastikan jika anda liburan disana juga. Pilih saja tempat wisata yang sangat amat Anda dambakan, karena menikmati objek wisata yang diinginkan mampu menjadikan pikiran menjadi tenang dan begitu fresh kembali.

Leave a Comment

Scroll back to top