Dari Danau hingga Kepulauan, Inilah 10 Wisata Alam Sumatera Barat yang Memukau

Dari Danau hingga Kepulauan, Inilah 10 Wisata Alam Sumatera Barat yang Memukau

Objek-objek wisata alam Sumatra Barat tak kalah mengesankan dari Yogyakarta maupun Bali, lho. Salah satu provinsi besar di Pulau Sumatra tersebut menyimpan tempat-tempat menarik yang sudah diakui para wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Objek wisata alam di Sumatra Barat pun sangat bervariasi, dari lembah, danau, pedesaan, hingga pantai. Secantik apa lokasi-lokasi tersebut? Mari kita simak 10 tempat wisata di Sumatra Barat berikut ini yang patut Anda pertimbangkan sebagai lokasi liburan.

1. Pantai Padang

Pantai Padang - Wisata Alam Sumatra Barat

Padang, sebagai ibu kota Sumatra Barat, pastinya menjadi salah satu pusat wisata yang akan masuk ke wishlist. Topografinya yang mencakup pegunungan hingga lautan tidak akan membuat turis kekurangan referensi objek wisata alam Sumtera Barat.

Salah satu destinasi alam yang bisa Anda sambangi adalah Pantai Padang. Dikenal juga dengan nama Pantai Padang Nan Rancak Bana dan Tapi Lauik, pantai tersebut menyuguhkan panorama memukau. Anda yang punya hobi surfing juga bakal terpikat dengan ombaknya yang menantang. Nikmati keindahan pantai dan bentangan lautnya sembari menikmati jagung bakar dan berbagai seafood!

2. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah - Wisata Alam Sumatra Barat

Masih di sekitar Padang, ada Pantai Gandoriah Pariaman yang telah lama dipakai sebagai tempat penyelanggaraan tradisi tabuik pada bulan Muharram. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan acara tersebut bersama masyarakat sekitar maupun sesama turis.

Daya tarik lainnya yang ditawarkan Pantai Gandoriah adalah pemandangan sunset atau matahari terbenamnya yang ‘diburu’ banyak orang. Anda bisa mengabadikan fenomena tersebut selama berada di lokasi wisata alam Sumatra Barat sembari menyantap makanan yang disediakan sejumlah warung. Akses menuju Pantai Gondoriah juga terbilang mudah dan bisa dijangkau berbagai jenis kendaraan.

3. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai - Wisata Alam Sumatra Barat

Reputasi Kepulauan Mentawai Sumatra Barat sebagai tempat liburan tak perlu diragukan lagi. Pesona kepulauan tersebut bahkan sudah diakui wisatawan dari berbagai negara. Betapa tidak? Anda akan disuguhkan hal-hal menarik seperti pulau-pulau asri hingga gulungan ombak yang digemari para surfer.

Ada empat pulau besar yang bakal Anda jumpai di Kepulauan Mentawai, antara lain Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, serta Pulau Pagai Selatan. Tempat wisata alam Sumatra Barat ini juga jadi rumah dari sekitar 400 titik surfing dengan jenis ombak jinak hingga ganas. Ada pula Desa Bosua yang bisa wisatawan jangkau dengan speedboat dari Tuapejat dan memakan waktu tempuh empat jam.

4. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis - Wisata Alam Sumatra Barat

Ternyata, Anda dapat menyaksikan jejak Malin Kundang yang begitu melegenda di Sumatra Barat. Adalah Pantai Air Manis atau Pantai Malin Kundang yang dipercaya sebagai lokasi sang anak durhaka mendapatkan kutukan dari ibunya dan berubah jadi batu.

Lebih dari itu, Pantai Air Manis adalah tempat wisata alam Sumatra Barat yang mempunyai banyak potensi. Misalnya saja Pulau Pisang Ketek yang dapat Anda jangkau saat air laut sedang surut. Selain itu, ombak di pantai tersebut bersahabat juga buat para surfer. Sayangnya, kebersihan pantai di sana perlu dikelola lebih baik.

5. Nagari Tuo Pariangan

Nagari Tuo Pariangan - Wisata Alam Sumatra Barat

Bertempat di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, desa ini seakan-akan bakal melempar Anda ke masa lalu. Huniannya berupa rumah tradisional dengan lingkungan yang dijaga agar tetap asri. Namun, tahukah Anda kalau lokasi wisata alam Sumatra Barat ini pernah mengharumkan nama Indonesia?

Ya, pada 2012, Nagari Tuo Pariangan mendapatkan predikat sebagai Desa Terindah di Dunia versi Budget Travel dan bersanding dengan desa-desa dari Perancis hingga Kanada. Nagari Pariangan yang berada di kaki Gunung Marapi ini juga menyimpan Prasasti Pariangan, salah satu peninggalan bersejarah di Sumatra Barat. 

6. Puncak Lawang

Puncak Lawang - Wisata Alam Sumatra Barat

Jam Gadang bukanlah satu-satunya daya tarik yang bisa Anda kunjungi di Bukittinggi. Anda yang suka wisata alam di ketinggian dapat meluangkan waktu buat menyambangi Puncak Lawang Maninjau. Dari Bukittinggi, waktu tempuh menuju puncak tersebut hanya 20 menit dengan kendaraan.

Baca juga : Daftar Wisata Air Terjun Sumatera Utara Terbaik

Sesampainya di wisata alam Sumatra Barat ini, Anda bakal disambut pemandangan danau yang dikelilingi perbukitan. Puncak Lawang pun sering kali digunakan sebagai lokasi olahraga menantang seperti paralayang. Tak hanya itu, pihak pengelola menyediakan fasilitas-fasilitas outbound untuk para wisatawan yang pengin memacu adrenalin di Puncak Lawang.

7. Danau Maninjau

Danau Maninjau - Wisata Alam Sumatra Barat

Familier dengan namanya? Ya, danau yang berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam ini adalah salah satu lokasi alam populer di Sumatra Barat. Danau Maninjau Padang yang betempat 140 kilometer dari ibu kota tersebut mempunyai kedalaman 495 meter dan berdiri di ketinggian 461,50 mdpl.

Seperti Pantai Air Manis, Danau Maninjau erat dikaitkan dengan legenda Bujang Sembilan. Di sisi lain, danau wisata alam Sumatra Barat itu menjadi lokasi penelitian menarik. Cekungan pada danau tersebut muncul akibat letusan gunung bernama Sitinjau dan membuat perbukitan di sekelilingnya menyerupai dinding raksasa.

8. Danau Singkarak

Danau Singkarak - Wisata Alam Sumatra

Tempat wisata alam terkenal lain yang patut Anda kunjungi adalah Danau Singkarak Sumatra Barat. Danau yang berada di cekungan Singkarak-Solok tersebut menjadi lokasi pelaksanaan festival tahunan Tour de Singkarak yang diikuti partisipan dari berbagai negara.

Bukan cuma itu, Danau Singkarak adalah objek penelitian menarik bagi para pakar geologi. Salah satu alasannya adalah danau wisata alam Sumatra Barat ini diapit dua bagian sesar Sumatra yang masih aktif dan membuat luasnya terus bertambah. Awalnya, Danau Singkarak mempunyai luas tiga kilometer, lalu terus melebar hingga 23 kilometer.

9. Lembah Harau

Lembah Harau - Wisata Alam Sumatra

Di Jawa Barat atau tepatnya Pangandaran, Anda akan bertemu Green Canyon, versi Indonesia dari Grand Canyon. Sementara di Sumatra Barat ada Lembah Harau Payakumbuh yang akan memukau para turis dengan lembah dan bebukitan yang bergelombang.

Keunikan lembah wisata alam Sumatra Barat tersebut tak hanya berhenti di situ. Lembah Harau mempunyai tebing granit terjal berketinggian 80 sampai 300 meter. Di sana, para wisatawan dapat menyusuri gua jurang, hingga air terjun. Tempat ini pun jadi habitat satwa seperti monyet ekor panjang, tapit, harimau sumatra, dan beruang.

10. Danau Kembar

Danau Kembar - Wisata Alam Sumatra

Terakhir, ada Danau Kembar Sumatra Barat yang terdiri atas Danau di Ateh (di Atas) dan Danau di Bawah. Jarak di antara kedua danau tersebut hanya 300 meter yang sejak dulu dikenal sebagai kawasan wisata yang berlokasi di pinggir jalan raya Padang-Muaralabuh-Kerinci.

Untuk menjangkau tempat wisata alam Sumatra Barat tersebut, Anda harus menaiki kapal ke salah satu desa terlebih dahulu. Sesampainya di sana, wisatawan akan melihat pemandangan indah berupa Danau Kembar yang dikelilingi perbukitan kecil dari Bukit Barisan. Ada pula pemandian yang bertempat tak jauh dari dermaga.

Bagaimana, apa Anda sudah menemukan objek wisata yang akan dikunjungi? Jangan lupa persiapkan segala kebutuhan seperti transportasi, akomodasi, dan pastinya bujet. Jadi, perjalanan Anda ke destinasi wisata alam Sumatra Barat akan berjalan lancar.

Leave a Comment